Determinasi Konsumen Online Terhadap Implementasi Pemasaran Digital

Nurfatwa Andriani Yasin, Muhammad Nasir, Nurjaya Nurjaya

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap konsumen online terhadap implementasi pemasaran digital. Sikap konsumen terditi atas loyalitas pelangan , kesadaran merek dan keputusan pembelian terhadap implemetasi pemasaran digital.  Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang konsemen yang aktif mengunakan pembelian secara online dengan  menggunakan analisis corelasi, uji t dan uji F dengan bantuan SPSS. 12. Penelitian ini menemukan bahwa loyalitas pelanggan , dan keputusan pelanggan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap implementasi pemasaran digital, sedangkan kesadaran merek berpengaruh postif dan signifikan terhadap implementasi pemasaran digital. Dari uji corelasi variabel yang paling dominan adalah variabel kesadaran merek dengan corelasi sebesar 0.776, sedangkan loyalitas pelanggan dengan nilai corelasi 0.498 dan keputusan pembelian dengan nilai corelasi sebesar 0.363. Temuan dari penelitian ini menunjukkan pemasaran digital dapat berhasil jika loyalitas konsumen dapat dipertahankan,,  menjaga kepercayaan konsumen dengan menawarkan harga yang tepat, tersedianya merek atau brand yang diinginkan dan sistem pelayanan yang baik, hal ini akan memungkinkan konsumen mengambil keputusan untuk terus menggunakan digital pemasaran

Kata Kunci: Loyalitas, Merek, Keputusan Pembelian, Pemasaran Digital


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/http://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Azmi, A. L., Khairunesa, I., & Asiah, N. R. (2020). The Impact of COVID-19 Outbreak on SMEs in Malaysia. https://ibima.org/accepted-paper/the-impact-of-covid-19-outbreak-on-smes-in-malaysia/

Berman, C. (2017). The effect of brand awareness on consumer buying behavior. Small Business Chron.

Charles, U. (2019). How does digital marketing create brand loyalty? Medium.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15–30.

Deborah, S. (2019). Why digital marketing is important for small business [Digital Marketing Institute.]. https://digitalmarketinginstitute.com/blog/why-digital-marketing-is-important-for-small-business

Farhat, L. (2020). Keputusan Pembelian Online. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 51–60.

Ghazie, D. A., & Dolah, J. (2018). How digital marketing affects consumer behavior. Proceedings of the 3rd International Conference on Creative Media, Design and Technology Journal. https://doi.org/10.2991/reka-18.2018.48

Henry, O. (2020). Coronavirus (COVID-19) business impact. Accenture | Let There Be Change. https://www.accenture

Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: The case of MINI on Facebook. Journal of Product & Brand Management, 22(5), 342–351. https://doi.org/10.1108/jpbm-05-2013-0299

Jiang, P. (2004). The role of brand name in customization decision: a search vs. experience perspective. Journal of Product and Brand Management, 13(2), 73–83.

Laksamana, P. (2018). Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia’s Banking Industry. International Review of Management and Marketing, 8(1), 13–18.

Lillyman, T. (2020). The importance of digital marketing in a global pandemic. Internetrix.

Lin, M. Y., & Chang, L. H. (2003). Determinant of habitual behavior for national and leading brands in chain. Journal of Product and Brand Managemen, 94–107.

Margarita, I. (2016). Customer Loyalty Theoritical Aspect. EcoForum Journal, 5(2), 292–299. www.ecoforumjournal.ro

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Sunaryo, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan Merek terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online Tokopedia. Jurnal Manajemen, 8(1).

Morwitz, V. (2012). Consumers’ Purchase Intentions and their Behavior. Journal of Foundations and Trend in Marketing, 7(3). https://doi.org/10.1561/1700000036

Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di toko online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 15(2), 87–94.

Shamsudin, M. F., & Dang, S. P. (2016). Understanding Malaysian Consumer Online Purchase Intention: The Roles Of Perceived Risk And Perceived Value. Asia Pacific Journal of Social Science Research, 1(1), 200–299.

Utama, L. (2016). Pengaruh Merek, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Niat Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Secara Online. Jurnal Ekonomi, 21(3), 420–435.

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Daya Saing, 19(1), 12–26.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3311

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter