Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar, (2) Untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar, dan (3) Untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secarai dominan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) Status Sosial Ekonomi Orang Tua sebagai variabel bebas pertama, (2) Minat Belajar sebagai variabel bebas kedua, dan (3) Prestasi Belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Makassar sebanyak 90 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel sensus atau sampel jenuh dimana sampel diambil seluruh dari populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y = 81,818 + 0,244 X1 + 0,136 X2 yang berarti status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Dari analisis uji F, status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan signifikan 0,022 < 0,05. Dari hasil analisis uji t, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05, dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikan 0,043 < 0,05. Sementara koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0,036 atau 3,6%. Hal ini berarti pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebasar 3,6% sedangkan 96,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Status sosial ekonomi orang tua dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,046 atau 4,6%, dengan demikian hipotesis diterima.
Kata Kunci: Status sosial ekonomi orang tua, Minat belajar, Prestasi belajar.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Farlindo, N. A. (2016a). Nilai Sosial Kaba Magek Manandin Karya Sutan Pangaduan Dan Si Buyuang Karuik Karya Sjamsudin St. Radjo Endah. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 6(3).
Farlindo, N. A. (2016b). Nilai Sosial Kaba Magek Manandin Karya Sutan Pangaduan Dan Si Buyuang Karuik Karya Sjamsudin St. Radjo Endah. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 6(3).
Hébert, T. P. (2021). Understanding the social and emotional lives of gifted students. Routledge.
Johni Dimyati, M. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana.
Prasetyaningrum, J. (2009). Psikologi Perkembangan Anak.
Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. UMMPress.
Rohmah, W. (2015). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1), 1–7.
Sabri, A. (2007). Psikologi Pendidikan Cetakan Ketiga. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.
Safitri, F. N. (2014). Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(2).
Slameto, S. (2015). Pembelajaran berbasis riset mewujudkan pembelajaran yang inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102–112.
Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar Edisi 12. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
U Saefullah, U. S. (2012). Psikologi perkembangan dan Pendidikan.
Ulfah, S. M. (2020). KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR (Studi Komparasi Pemikiran Dr. Pupu Saeful Rahmat, M. Pd dan Prof. Dr. H. Djaali dalam Psikologi Pendidikan). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 32–41.
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28.
Wahab, R. (2015). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3374
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional