Implementasi Layanan Food Delivery bagi Penjualan UMKM Makanan dan Minuman di Kota Parepare

Riza Amalia Rifani

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sebelum adanya layanan pesan-antar makanan secara online, para pengusaha kuliner dihadapkan pada permasalahan yaitu kesulitan menjangkau konsumen yang jauh dari tempat usaha, media mempromosikan dan memasarkan produk dan sulitnya mendapatkan pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan dampak penggunaan jasa Online Food Delivery bagi penjualan usaha UMKM makanan dan minuman di Kota Parepare. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis dan menginterpretasikan yang diteliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian dalam lapangan menunjukkan bahwa pertama, kemudahan dalam penjualan produk yang ditampilkan dalam aplikasi sehingga membantu komunikasi antara penjual dan pembeli dan pembeli dapat menentukan pilihan yang diinginkan sebelum memesan, kedua, omzet yang dicapai yang tadinya bergantung pada penjualan offline, kini bertambah dari penjualan online dan ketiga kendala yang dihadapi UMKM dalam menggunakan layanan OFD adalah Produk sejenis dari pesaing yang ditampilkan dalam aplikasi yang membuat pelaku UMKM kurang mampu untuk memikat calon pelanggan.

Kata Kunci: Food delivery, Usaha Kuliner, Penjualan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azhar, K., & Arifin, Z. (2011). Faktor–faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja industri manufaktur besar dan menengah pada tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1), 90–106.

Hana, H. (2019). Analisis strategi pemasaran menggunakan grabfood dalam meningkatkan volume penjualan: Studi kasus Warung Makan di Kota Mataram.

Pinem, R. J. (2019). The role of technology in increasing motivation of millennial women entrepreneurs starting a business in the digital era. International Journal of Entrepreneurship, 23(2), 1–7.

Sangadji, E. M. (2022). Salesmanship (kepenjualan). Bumi Aksara.

Shankar, A., Jebarajakirthy, C., Nayal, P., Maseeh, H. I., Kumar, A., & Sivapalan, A. (2022). Online food delivery: A systematic synthesis of literature and a framework development. International Journal of Hospitality Management, 104, 103240.

Sugiyono, S. (2007). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung Alf.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter