Analisis Masalah dan Kebutuhan Pengembangan Konten Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Untuk Pemasaran Produk Keramik

Risye Pangkey, Edwin Wantah, Tinneke Sumual, Allen Manongko

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan menganalisis kebutuhan dalam pengembangan konten pemasaran melalui media sosial instagram untuk pemasaran produk keramik di desa Pulutan Minahasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 10 orang pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi menggunakan cara konvensional tidak cukup meningkatkan angka penjualan keramik akibat adanya dampak dari pandemic sehingga dibutuhkan strategi pemasaran dalam hal ini pengembangan konten dalam memasarkan produk. Dalam memasarkan produk keramik pengrajin mebutuhkan panduan dalam mengembangkan konten pemasaran keramik. Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Dibutuhkan pengembangan dalam penyajian konten pemasaran; 2) Dibutuhkan pedoman dalam pemanfaatan media sosial instagram sebagai wadah pemasaran produk. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran sebagai berikut : 1) Pengrajin perlu merancang strategi pemasaran yang berkolak ukur perkembangan zaman; 2) Pengrajin perlu mendapat pelatihan dalam membuat konten pemasaran yang baik dan benar; 3) Media sosial Instagram bisa menjadi solusi dalam memasarkan produk; 4) Diperlukan panduan dalam penggunaan sosial media Instagram serta pembuatan konten yang siap bersaing

 

Kata Kunci : Konten Pemasaran, Instagram, Digital Marketing.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, E., & Pamungkas, I. N. (2017). Konten Digital marketing Melalui Instagram Warteg Hipster Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness. Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom, 2017.

Eko, Aldianto. 2020. Strategi Pemasaran Digital Sosial Media Instagram Dengan Menggunakan Bantuan Selebgram Di Indonesia. Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945.

Hamka. 2015. Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa IAIN Palu. Vol.12 No.1.

Kotler Dan Keller. (Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi 13). (Jakarta: Erlangga, 2009)

Made Resta Handika. 2018. Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer melalui media sosial Instagram.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3390

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter