Analisis Kebutuhan Pengembangan Konten Pemasaran Melalui Media Sosial Facebook Untuk Pemasaran Bunga
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan menganalisis kebutuhan konten pemasaran melalui media social facebook untuk pemasaran bunga di kelurahan kakaskasen II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D (four D model) yaitu model pengembangan yang terdiri dari Define (pendefinisian), Desain (perencanaan/desain), Develop (pengembangan) dan Disseminate (pendesiminasian/penyebaran). Penelitian ini mengambil subjek yaitu petani bunga di kelurahan kakaskasen II dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 10 petani bunga yang ada di kelurahan kakaskasen II. Hasil identifikasi masalah menggambarkan bahwa petani bunga belum bisa memaksimalkan konten pemasaran karena pengetahuan tentang konten pemasaran masih kurang, karena kurangnya pengetahuan konten pemasaran maka petani bunga masih terbatas dalam memasarkan hasil produk mereka. Hasil pengembangan konten pemasaran diketahui bahwa produk konten pemasaran yang dikembangkan layak untuk digunakan kepada petani bunga di kelurahan kakaskasen II, kelayakan produk sudah berdasarkan validasi dari ahli konten “sangat layak” untuk digunakan dan berdasarkan juga validasi ahli media “layak” digunakan, hasil pelatihan 1 90% petani memberikan kriteria “baik”, hasil latihan II 100% memberikan kriteria “baik”, konten pemasaran melalui media social untuk pemasaran bunga dapat di desiminasikan kepada masyarakat khususnya kepada para petani bunga di kelurahan kakaskasen II sebagai bahan untuk memperluas, meningkatkan pemasaran bunga di kelurahan kakaskasen II.
Kata Kunci: Hasil Identifikasi Masalah Pemasaran, Analisis Kebutuhan, Konten Pemasaran, Media Sosial Facebook,
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akker, J. Van den. 1999. Principles and Method of Development Research. London. Dlm. Van den Akker, J. Branch , R. M, Gustafon. K. Nieveen. N & Plomp. T. (pnyt). Design approaches and tools in educational andtraining. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Borg, W. R & Gall, M. D (1983). Ecucation research: an introduction. 4 th Edition. New York: Longman inc
Dugan and C. Roger, Electrical Power System Quality Second Edition. 2004
Ahmad Josi, 2016. Implementasi Framework Bootstrap pada Stmik Prabumulih, Stmik Prabumulih, Kota Prabumulih Sumatra Selatan.
Knowles, Malcolm S (1970), The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy. New York: Association Press.
Kotler, Philip dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Liu. Q. M, et al (2010). Optimization Of Ultrasonic – Assited Extraction Of Chologenic Acid From Folium Eucommiae and Evaluation Of Its Antioxidant Activity. Journal of Medicinal Plants Research. 4 (23):2503 – 2511)
Rini. M. N (2018). Strtegi Media Sosial Untuk Pengembangan UMKM. JUTEI Edisi Volume, 2 No. 2 Oktober 2018
Wahyuni. R (2015). Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif, bina Insan ICT Journal, Vol 2, No 2. Oktober 2015
Anggraini, Hesti Wahyu. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Andoid Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya.
Rosyid, Mohammad. (20014). Makalah andragogi
Tim Puslit Jaknov, “Metode Penelitian Pengembangan”, Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Arifin, Z (2020). Metodologi penelitian Pendidikan. Jurnal al-Hikmah, 1(1)
Riduan (2009). Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Buhari, Bustang . 2010. Four-D Model (Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran dari Thiagarajan, dkk).
Putra, Nusa. 2012. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan:Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. bandung
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3392
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional