Supervisi Kepala Sekolah Memoderasi Pengaruh Asertif Dan Kompetensi Guru Terhadap Manajemen Kelas (Studi Kasus Di SMK Negeri Di Kabupaten Batang Jawa Tengah)

Harliyandri Iqbal Nugroho, Sunarto Sunarto

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asertif dan kompetensi guru terhadap manajemen kelas SMK Negeri di Kabupaten Batang Jawa Tengah dimoderasi supervisi kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan populasi kepala SMK Negeri di Kabupaten Batang Jawa Tengah sebanyak 85 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuisioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan moderasi quasi interaksi. Hasil penelitian diperolah bahwa asertif tidak berpengaruh terhadap manajemen kelas, kompetensi guru berpengaruh terhadap manajemen kelas dan supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap manajemen kelas. Sementara supervisi kepala sekolah tidak memoderasi pengaruh asertif dan kompetensi guru terhadap manajemen kelas

 

Kata Kunci: Asertif, Kompetensi Guru, Supervisi Kepala Sekolah, Managemen Kelas.

 

Abstract

This study aims to examine the effect of assertiveness and teacher competence on class management at SMK Negeri in Batang Regency, Central Java, moderated by the supervision of the principal. This study uses a population of 85 people who are principals of SMK Negeri in Batang Regency, Central Java. The number of samples in this study is the same as the total population. Collecting data in this study through the distribution of questionnaires. The method used in this research is regression with quasi interaction moderation. The results showed that assertiveness had no effect on class management, teacher competence had an effect on class management and the principal's supervision had an effect on class management. Meanwhile, the principal's supervision did not moderate the influence of teacher assertiveness and competence on classroom management.

 

Keywords: Assertiveness, Teacher Competence, Principal Supervision, Class Management

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achsani, F. (2019). Aspek moralitas dalam anime Captain Tsubasa melalui penggunaan tindak tutur asertif dan ekspresif. Lingua, 15(1), 23–35.

Ampuno, S. (2020). Perilaku Asertif Generasi Milenial Dalam Perspektif Psikologi Islam. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health, 1(1).

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331–340.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164.

Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43–57.

Efendi, R., & Gustriani, D. (2022). Manajemen kelas di sekolah dasar. Penerbit Qiara Media.

Faisal, M., Hotimah, H., Nurhaedah, N., Nurfaizah, A. P., & Khaerunnisa, K. (2020). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar digital di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Ginting, R. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 88–93.

Hermawan, A., Setyaningsih, S., & Hardhienata, S. (2021). Exploratory Sequential Analysis Of Servant Leadership Reviewing From Adversity Intelligence, Proactive Personality, Team Work, Organizational Commitment And Work Motivation. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 5(4), 969–986.

Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1370–1377.

Kholifah, A. N. (2019). supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di sman 2 ponorogo. IAIN Ponorogo.

Lambert, M., & Bouchamma, Y. (2019). Leadership requirements for school principals: similarities and differences between four competency standards. Canadian Journal of Educational Administration and Policy, 188.

Mariana, L. (2022). The Effect of Work Motivation, Competence, and Organizational Culture on Employee Performance. Golden Ratio of Data in Summary, 2(1), 16-22.

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Ma Darur Ridho Al-Irsyad Al Islamiyyah Pada Pembelajaran Daring Melalui Moodle. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 1–10.

Muhammad, A. (2022). The Effect of Work Environment, Commitment, and Discipline on Employee Performance at PT. Bank Rakyat Indonesia Makassar. Golden Ratio of Data in Summary, 2(2), 49-60.

Nugroho, R. D. (2022). Tindak Tutur Asertif Tokoh Botchan Berpemarkah Adverbia Konnani, Sonnani, dan Annani dengan Fungsi Ilokusi Kolaboratif. Lingua, 18(2), 171–187.

Purwanto, N. A. (2020). PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SMK DALAM MEWUJUDKAN JATI DIRI BANGSA. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 16(1).

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133–141.

Rosyida, I., & Purwanto, N. A. (2022). Implementation of School-Based Management to Improve Education Quality at MAN 6 Pidie. 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021), 404–408.

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247.

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21.

Suripatty, L. (2021). The Significance of Assertive Leadership Style in School Organizational Development. International Research-Based Education Journal, 3(1), 8–13.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Toharudin, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Kelas. Penerbit Lakeisha.

Ufua, D. E., Salau, O. P., Ikpefan, O., Dirisu, J. I., & Okoh, E. E. (2020). Addressing operational complexities through re-inventing leadership style: A systemic leadership intervention. Heliyon, 6(7), e04270. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04270

Wahyuni, S. E., Daulay, W., Nasution, M. L., & Purba, J. M. (2021). Asertif Training berpengaruh terhadap perilaku agresif narapidana remaja.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2019). Efektivitas Terapi Kelompok Assertiveness Training terhadap kemampuan komunikasi asertif pada remaja dengan perilaku agresif. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 7(3), 229–236.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter