PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN CITRA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SOLO KABUPATEN WAJO

Rusmiati Rusmiati, Rasyidin Abdullah, Hasmin Tamsah

Sari


ABSTRAK

Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah Puskesmas Solo Kabupaten Wajo sebanyak 79 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, sementara uji hipotesis menggunakan uji - t untuk menguji pengaruh variabel secara parsial serta uji - F untuk menguj pengaruh variabel secara simultan

Dari hasil pengujian yang dilakukan disimpulkan: Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. Kualitas pelayanan, fasilitas, dan citra secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Citra, Kepuasan Pasien.

 

ABSTRACT

 This research method is quantitative research. Samples from this research are Solo Community Health Center Wajo counted 79 people. Analytical technique used is multiple linear regression, while hypothesis test using t-test to test the effect of partial variables and F-test to test the influence of variables simultaneously

From the results of the tests conducted concluded: Service quality has a positive and significant effect on patient satisfaction in Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. The facility has a positive and significant effect on patient satisfaction at Puskesmas Solo Wajo Regency. The image has a positive and significant effect on patient satisfaction at Puskesmas Solo Wajo Regency. Quality of service, facilities, and image simultaneously have a positive and significant effect on patient satisfaction at Puskesmas Solo Kabupaten Wajo.

Keywords: Quality of Service, Facilities, Image, Patient Satisfaction

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriadi, Yudha., dan Sonang Sitohang. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 6, Juni 2016.

Agung W, Muh., Muzakir., dan Gunawan. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan, Fasilitas Dan Minat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata UIT Makassar. Jurnal Mirai Management, Volume 1 Nomor 2, Oktober.

Cuslinda, F. D., Mattalatta, M., & Hasmin, H. (2015). Pengaruh Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, Budaya Kerja Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Stella Maris Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 12(1), 74-82.

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 1995. Perilaku Konsumen. Jilid 1. (Boediono, Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Akasara

Gulo, W. 2005.Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo

Budhiarto. 2008. Metodologi Penelitian Kesehatan dengan Contoh Bidang Ilmu Kesehatan Gigi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Herawati, Nunuk., dan Nur Qomariyah. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Puskesmas terhadap Kepuasan pasien Pengguna Kartu Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Surakarta. Bhirawa Vol. 2 No. 2 Edisi Desember 2015.

Hidajahningtyas, Nurullah., Andi Sulasro., dan Imam Suroso. 2013. Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Kabupaten Jember. JEAM Vol XII No. 1/2013

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations, Edisi Kelima, Terjemahan Daniel Yadin Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan KL.Keller. 2006. Marketing Management. Pearson Education Inc..

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Nugraha, N M., Asep Anwar., M.Sidik P., dan Oktri M F. 2017. Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, Vol. 3 No. 1, Februari 2017.

Padma, P., Rajendran, C., & Sai, L.P. 2009. ’A Conceptual Framework of Service Quality in Healthcare, Prespective of Indian Patients and Their Attendant’, An International Journal, vol. 16.

Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC. Raharjani, J. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi. Vol 2(1) : 1-15.

Rizki, Irnanda Warda. 2014. Gambaran Kepuasan Masyarakat Kecamatan Medan Baru Terhadap Pelayanan Kesehatan Oleh Dokter Di Medan. Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan.

Romadhon, Yusuf Alam. 2006. Doctors, Market Yourselves atau Praktik Anda Tidak Laku. Jakarta: Tiga Serangkai.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kedua. Jilid Pertama. Bandung: Remaja Posdaya.

Syamsiah, N. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai yang Dirasakan Pelanggan untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan di RSUP Dokter Kariadi Semarang. Tesis: Magister Managemen Universitas Diponegoro.

Tamsah, H., & Ferial, E. (2018). Pengaruh Ekspektasi, Persepsi, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 1-16.

Wahdi, Nirsetyo. 2006. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Pasien (Studi empiris pada Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” Semarang). Tesis Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang

Wiyono, Djoko Haji. 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Airlangga Press. Surabaya




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v1i3.343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter