Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmoshphere, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Coffeshop Sekaruang di Kota Gresik

Miranda Angelina, Sukaris Sukaris

Sari


Abstrak

Meningkatnya pendirian usaha kuliner seperti coffeeshop di Kota Gresik menandakan bahwa hasil dari permintaan pasar terhadap bidang kuliner yang juga terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, store atmosphere dan harga terhadap kepuasan konsumen di Coffe shop Sekaruang di Kota Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung coffeeshop Sekaruang di Kota Gresik. Dengan menggunakan teknik accidental  sampling, sehingga diperoleh 10 0 responden/karyawan. Peneltian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan SPSS versi 22. Hasil pengujian secara parsial membuktikan bahwa: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Coffeeshop Sekaruang Gresik.; 2) Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Coffeeshop Sekaruang Gresik; 3) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Coffeeshop Sekaruang Gresik.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Harga, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amini, D. K., dan D. Ba. Wiranatakusuma. 2020. The Influence of Service Quality, Price, Corporate Image, and Location Towards Customer Satisfaction on Autocare Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Journal of Economics Research and Social Sciences (4) 1.

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Berman, B., dan J. R. Evans. 2014. Retail Management: A Strategic Approach. 12th Edition. Pearson Education Limited. England.

Dewa. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi KasusPada Wisatawan di Yogyakarta). Jurnal Perspektif. 16(1).

Henry. 2019. Manajemen Kinerja. PT Grasindo. Jakarta.

Jogiyanto. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Ke-6. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Kasinem. 2020. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 329-339.

Kalam, R., dan R., Roostika. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Warunk Upnormal di Gejayan Yogyakarta. 1(4): 20-45.

Kotler, P., dan G. Armstrong. 2015. Principles of Marketing. Edisi 15. Global Edition. Pearson. England.

Kotler, P., dan K.L. Keller. 2015. Marketing Management. Pearson Pretice Hall. England.

Kristiana, M. 2017. Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). 1(1) :1-34.

Kuncoro, M. 2014. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Levy, and Weitz, 2014. Retailing Management. 9th Edition. Mc Graw Hill Education; United State.

Lupiyoadi R. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Lovelock dan Wirtz. 2014. Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Erlangga. Jakarta.

Prasetiyo. 2018. Pengaruh Strategi Promosi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiganes. Erlangga. Jakarta.

Pricilian. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Risnawati, Suneni dan Febrilia. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab. Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

Rivai, P. A. K., Suneni dan I. Febrilia. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (10) 1.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta: Bandung.

Sangadji dan Sopiyah. 2015. Salesmanship (Kepenjualan). PT Bumi Aksara. Jakarta.

Shavitri, O. D., dan Masreviastuti. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di De Classe Gelato & Coffee Blitar. Jurnal Aplikasi Bisnis (7) 1.

Suharsimi. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Cetakan Kelimabelas). Rineka Cipta. Jakarta.

Sumardi, S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Warunk Upnormal Wilayah Jakarta Utara. Journal for Business and Entrepreneur (2) 2.

Sutrisno dan Tanjung. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keenam. Jakarta. Pranada Media Group

Tjiptono. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedelapanbelas. Alfabeta. Bandung.

Santoso. S. 2014. SPSS Versi 20. Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia: Jakarta.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariance dengan Program IBM SPSS 23. 8^rd. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3442

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter