Pengaruh Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Pada PT. Pelni Makassar)

Hamka Hamka, Marsuki Marsuki, Anwar Anwar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh kesehatan dan keselamatan kerja karyawan sehingga berpengaruh terhadap produktivitas kerja mereka. Sampel dalam penelitian ini diambil dari 102 responden, teknik pengumpulan data dengan kuesioner, variabel penelitian Kesehatan (X1), Keselamatan Kerja (X2), Produktivitas (Y). metode yang digunakan adalah kuantitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan metode sampling menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (X1 dan X2) dan variabel terikat (Y). X1 kesehatan kerja, X2 keselamatan kerja dan Y produktivitas kerja. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian. Pertanyaan dibagikan kepada 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari masing – masing variabel terhadap produktifitas kerja.jika di uji secara bersamaa (simultan) tetapi jika diuji secara parsial maka tidak hubungan yang signifikan terhadap produktivitas kerja.

Kata Kunci : Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Produktivitas Kerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardana, M. N. W, & Utama, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Andry, M. A., & Yuliani, F. (2014). Implementasi kebijakan keselamatan pelayaran. Jurnal Administrasi Pembangunan, 2(3), 259-264.

Arfiany, Citta, A. B. (2018). Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pt Beton Perkasa Wijaksana Cabang Makassar. Competitiveness, 7, 167–176.

Hameed, A., & Amjad, S. (2009). Impact of Design on Employees Prductivity: A Case Study of Banking Organizations of Abbottabad, Pakistan. Journal of Public Affairs, Administration and Management Vol. 3 Issue 1

Mulyono, S., 2006. “Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis”. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta. Spiegel, M.R. and Stephens L.J., 1999. “Statistik”, Terjemahan Wiwit Kastawan dan Irzam Harmein, Erlangga, Jakarta.

Sunyoto, D., 2011. “Analisis Regresi dan Uji Hipotesis”, CAPS., Yogyakarta.

Mangkunegara Prabu Anwar A.A, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT Remaja Rosdakarya Bandung, 2001

Mathis, Robert L. & Jackson. John H. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta.

Mondy, R. Wayne. & Noe, Robert M. 2005. Human Resources Management, Edisi ke-9. Prentice Hall, New Jersey.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3488

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter