Analisis Persepsi Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal Petikemas Kota Parepare
Sari
Abstrak
Pelabuhan Pare-Pare sebagai salah satu pelaku dalam sistem logistik di Kawasan Sulawesi Selatan, senantiasa berupaya meningkatkan pelayanannya dalam rangka peningkatan kinerja sistem logistik nasional. Pelabuhan Parepare bergerak di bidang jasa pengiriman barang ekspor maupun impor dan juga merupakan Pelabuhan yang cukup strategis untuk pengembangan jasa transportasi laut di Sulawesi Selatan. Arus bongkar/muat barang di Pelabuhan Pare-Pare didominasi oleh muatan petikemas yang melalui mengalami pertumbuhan yang cukup besar setiap tahunnya. Dengan kondisi fasilitas yang ada saat ini, utilitas lapangan penumpukan telah mencapai lebih dari 70%. Oleh karena itu perlunya, dilakukan analisis tingkat pelayanan di Pelabuhan Pare-Pare untuk memperkuat posisinya dalam sistem logistik nasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi aspek-aspek pelayanan yang penting untuk ditingkatkan terkait dengan kinerja sistem logistik. Analisis ini dilakukan berdasarkan persepsi pengguna jasa pelayanan petikemas dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisis, diperoleh aspek-aspek yang memerlukan perhatian penting yakni kapasitas lapangan penumpukan, pengaturan penumpukan petikemas, ketersediaan fasilitas bongkar/muat dan lamanya waktu penumpukan.
Kata Kunci: Terminal petikemas, pengguna jasa, Importance Performance Analysis (IPA)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraini, L.D., Doeranto, P., Ikasari, D. M., 2015, “Analaisis Peresepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index”, Jurnal Industri, Vol. 4, No.2.
Feng, M., Mangan, J., Wong, C., Xu, M., & Lalwani, C. (2014). Investigating the different approaches to importance-performance analysis. In Service Industries Journal (Vol. 34, Issue 12, pp. 1021–1041). Routledge. https://doi.org/10.1080/02642069.2014.915949
Hesse, M., & Rodrigue, J. P. (2004). The transport geography of logistics and freight distribution. Journal of Transport Geography, 12(3), 171–184. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2003.12.004
Janto, Y. (2014). Yoeli Janto Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Bongkar-Muat Barang pada Terminal Petikemas Semarang MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Bongkar-Muat Barang pada Terminal Petikemas Semarang.
Koskinen, p., 2009. “Supply chain strategy in a global paper manufacturing company: A case study”, Industrial Management and Data System, Vol . 109, hal 34–52.
Prasetyo, S. A., Wicaksono, A., dan Anwar, M. R., 2014, “Evaluasi Sistem Logisti di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya”, Jurnal Rekayasa Sipil, Vol 8, No.2.
Rushton, A., Crouche, P., dan Baker, p., 2010. The Handbook of Logistics and Distribution Management, fourth ed., Kogan Page Limited, UK.
Raekhan, M. R., Djakfar, L., & Pujiraharjo, A. (2017). EVALUASI KINERJA BONGKAR MUAT DI PELABUHAN UMUM GRESIK. In Jurnal Transportasi (Vol. 17, Issue 2).
Zaini, M., & Maukar, M. (2021). ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN STREAMING FILM DARING (ONLINE) PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 276. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.438
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3490
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional