Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pt Gudang Garam Tbk Periode 2017 - 2021
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dari memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dengan menggunakan analisis rasio keuangan pada PT. Gudang Garam Tbk Periode 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Gudang Garam periode 2017-2021, sedangkan sampelnya adalah laporan neraca dan laba rugi periode 2017-2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis rasio keuangan yaitu likuiditas (current ratio, quick ratio, dan cash ratio), rasio solvabilitas (debt to asset ratio dan debt to equity ratio), rasio aktivitas (receivable turn over, inventory turn over, dan working capital turn over) dan rasio profitabilitas (gross profit margin dan net profit margin). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Secara keseluruhan kinerja keuangan PT. Gudang Garam kurang baik selama periode 2017-2021. Hal tersebut ditinjau: 1). Rasio likuiditas menunjukkan hasil dari masing-masing indikator rasio lancar dalam kategori sangat baik dan untuk rasio cepat dan rasio kas dalam kategori kurang baik. Sedangkan 2). Rasio solvabilitas menunjukkan hasil dari masing-masing indikator rasio aktiva atas hutang dalam kategori sangat baik, dan untuk rasio modal sendiri atas hutang dalam kategori sangat baik. Namun, 3). Rasio aktivitas menunjukkan hasil dari masing-masing indikator untuk perputaran piutang dalam kategori sangat baik, dan untuk rasio perputaran persediaan dan perputaran modal kerja dalam kategori kurang baik. Dan 4). Rasio profitabilitas menunjukkan hasil dari masing-masing indicator rasio margin laba kotor dan margin laba bersih dalam kategori kurang baik.
Kata-kata Kunci : Analisis Rasio; Kinerja Keuangan; Likiuditas; Solvabilitas; Rasio Aktivitas; Profitabilitas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daga, R. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk tabunganku terhadap kepuasan nasabah pada pt. Bank sulselbar kantor cabang belopa. Akmen Jurnal Ilmiah, 16(1), 110-121.
Daga, R., Maddatuang, B., & Wahyuni, R. (2020). Faktor–Faktor Penghambat Penggunaan E-Commerce pada Usaha Mikro Kecil di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 3(3), 115-127.
Dewi, R., Azis, M., Rauf, A., Sahabuddin, R., & Karim, A. (2022). Empowering Communities on the Feasibility of Local Chicken Livestock Business in South Sulawesi Province, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 11034-11045.
Hasfira, A., Natsir, U. D., Musa, M. I., & Haeruddin, M. I. W. (2022). THE INFLUENCE OF CELEBRITY ENDORSERS ON PURCHASING DECISIONS FOR SCARLETT SKINCARE (A CASE STUDY ON A STUDENT OF MANAGEMENT DEPARTMENT, FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS, MAKASSAR STATE UNIVERSITY). INTERNATIONAL JOURNAL OF HUMANITIES, SOCIAL SCIENCES AND BUSINESS (INJOSS), 1(3), 209-219.
Hasniati, H., Indriasari, D. P., Sirajuddini, A., & Karim, A. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1).
Herison, R., Sahabuddin, R., Azis, M., & Azis, F. (2022). The Effect of Working Capital Turnover, Accounts Receivable Turnover and Inventory Turnover on Profitability Levels on the Indonesia Stock Exchange 2015-2019. Psychology And Education, 59(1), 385-396.
Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831
Karim, A., Desi, N., & Ahmad, A. (2022). Regional Public Water Company Business Plan for Sustainable Economic in Makassar City, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 10864-10876.
Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95.
Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341
Kurniawan, A. W., Musa, M. I., Dipoatmodjo, T. S., & Nurman, N. (2020). Determinants of University Student‟ s Work Readiness. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE) ISSN, 2277-3878.
Kusumawati, E., Sahabuddin, R., & Nurman, N. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Berdasarkan Metode Economic Value Added (EVA) pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Panakukang di Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Musa, M. I., Haeruddin, M. I. M., Haeruddin, M. I. W., & Burhan, M. I. (2019). Analysis of Segmentation, Targeting, and Positioning in Hospitality Sector: The Case of Paputo Beach Cafe. African Journal of Hospitality, Tourism, and Leisure, 8(4).
Putera, W., Sahabuddin, R., Rakib, M., & Lestari, I. (2021). The Influence of Facilities and Innovation in Improving Consumer Satisfaction through Creativity in MSMEs Micro Handicraft Products in South Sulawesi Province. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5.
Rabiyah, U., Suryani, A., & Karim, A. (2021). The Effect of Awareness, Fiscus Services and Taxation Knowledge on Taxpayer Compliance At Madya Makassar Kpp. International Journal of Innovation Scientific Research and Review, 3(1), 797-799.
Rahman, F. A., Anwar, A., Sahabuddin, R., & Ruma, Z. (2022). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Witel Makassar. YUME: Journal of Management, 5(2), 39-46.
Romansyah Sahabuddin, M. I., Idrus, M. I., & Hamsyah, A. K. (2022). Pottery Marketing Competitive Strategy in Pattallassang Sub-district Takalar Regency, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 11075-11088.
Sahabuddin, R. (2018). Effect of entrepreneurship commitment to self-efficacy through intention of entrepreneurship and competence. International Journal of Business and Management Science, 8(1), 67-81.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif dan R&D). Jakarta Alfabeta.
Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., Musa, M. I., & Hasbiah, S. (2022). PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 18(2), 73-79.
Syamsuddin, I., Muhammad, P. N., & Karim, A. (2022). Analisis Kinerja Anggaran Belanja pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2018-2020. YUME: Journal of Management, 5(2), 170-177.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3537
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional