Analisis Efektivitas Aplikasi Pada Pembelian Paket Wisata Berjenis Open Trip di Explore.Id
Sari
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah bermula dari berkembangnya biro perjalanan wisata yang membuat serta menjual paket wisata dengan spesialiasi open trip di Indonesia khususnya Explorer.id. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui efektivitas sebuah aplikasi yang digunakan pada Explorer.id. Metode penelitian dalam Penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang menggunakan aplikasi dalam melakukan pembelian di Explorer.id. Analisis dilakukan melalui uji validitas serta reliabilitas, analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi, dan uji t. Hasil analisis korelasi sebesar 0,830 menyatakan terdapat korelasi kuat antara Efektivitas dan Minat Beli, serta terdapat pengaruh Efektivitas sebesar 68,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Koefisien regresi diperoleh sebesar 0,76 yang berarti tiap penambahan 1% dari Efektivitas maka nilai Minat Beli akan bertambah positif sebesar 0,76. Diperoleh pula nilai t hitung 14,712 > t tabel 1,984 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa Efektivitas dari sebuah aplikasi memberikan pengaruh pada pembelian.
Kata Kunci: Explorer.id, Efektivitas, Minat Beli, Aplikasi.
Abstract
The background of this research stems from the development of travel agents who make and sell tour packages specializing in open trips in Indonesia, especially Explorer.id. The purpose of this study is to be able to determine the effectiveness of an application used on Explorer.id. The research method in this study is a quantitative descriptive method by distributing questionnaires to 100 respondents who use applications to make purchases at Explorer.id. Analysis was carried out through validity and reliability tests, descriptive analysis, correlation analysis, regression analysis, and t test. The results of the correlation analysis of 0.830 stated that there was a strong correlation between effectiveness and purchase intention, and there was an effect of effectiveness of 68.8% and the rest was influenced by other factors not examined. The regression coefficient obtained is 0.76, which means that for every 1% addition of Effectiveness, the value of Buying Interest will increase positively by 0.76. Also obtained t value 14.712> t table 1.984 so that Ho is rejected and Ha is accepted. So it was concluded that the effectiveness of an application has an influence on purchases.
Keywords: Explorer.id, Efektivitas, Purchase, Apliccation
Teks Lengkap:
PDFReferensi
BPK. (2011). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5183/pp-no-50-tahun 2011. Diunduh pada 27 September 2020.
Danim, Sudarwan. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Dive Digital. (2020). Apa Itu Disrupsi? Menelaah Definisi Dan Cara Sukses Menghadapi Era Disrupsi. https://divedigital.id/apa-itu-disrupsi. Diakses pada 11 Juli 2021.
Get Lost. (2018). Bertualang Bersama Explorer.id. https://www.whitehorse.co.id/blog/Detail/bertualang-bersama-explorer-id. Diakses pada 28 September 2020.
KBBI. Aplikasi. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/aplikasi. Diakses pada 8 November 2020. KEK. (2018). KEK Indonesia. https://kek.go.id/kek-pariwisata. Diakses pada 27 September 2020.
Keen, Peter G. W. (2000). Kamus Istilah Teknologi Informasi bagi Manajer (terj. Rahmat Herutomo). Yogyakarta: Andi.
Kementerian Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi. (1988). Keputusan Kementerian Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor KM.82/PW/.102/MPPT-88. Jakarta: Kementerian Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi.
Kementerian Pariwisata. (2015). Rencana Strategis Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Tahun 2015 -2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata.
Kesrul, M. (2004). Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata. Jakarta: Grasindo.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14th Ed. New Jersey: Prentice Hall.
Krisbiantoro, Dwi. (2018). Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Sugiarto, dkk. (2015). Metodologi Penelitian Hospitaliti & Pariwisata. Tangerang: Matana Publishing.
Sugiarto, Eko. (2020). Kamus Istilah Pariwisata Indonesia. Yogyakarta: Andi Publisher.
Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Suwena, I Ketut dan I Gusti Ngurah Widyatmaja. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.
Tangkilisan, Hessel Nogi S.. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.
Utama, I Gusti Bagus Rai. (2014). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.
Wardhani, U. E., dkk. (2008). Usaha Jasa Pariwisata Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Yoeti, Oka A. (1997). Perencanaan dan Perkembangan Pariwisata. Jakarta: PT Pradyanta Paramita.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3569
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional