ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BATU-BATU KABUPATEN SOPPENG

Surasdiman Surasdiman, Gunawan Bata Ilyas, Mansur Azis

Sari


ABSTRAK

 

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengetahuan terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng (dibimbing oleh Gunawan dan Ikhsan Kadir. Dalam rangka mewujudkan status kesehatan masyarakat yang optimal, maka berbagai upaya harus dilaksanakan, salah satu di antaranya ialah menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tingkat dasar di Indonesia adalah melalui Pusat Kesehatan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan Mengetahui dan menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan pengetahuan terhadap kepuasan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 Februari sampai 23 Maret 2018 di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel pasien dan menggunakan daftar pernyataan dari kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dengan regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Hasil peneltian menunjukkan nilai sig 0,00<0,05 dan t hitung 4,424>2,251 pada kualitas nilai sig 0,001<0,05 dan t hitung 3,376>2,251 pada fasilitas 3,384>2,251 pada pengetahuan. Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah kualiatas. Persamaan regresi Y=0,480+0,228X1+0,174X2+0,172X3. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh signifikan kualitas, fasilitas dan pengetahuan terhadap kepuasan pasien.

 

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Pengetahuan dan Kepuasan Pasien


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.Wawan, & Dewi.M. (2011). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta, Indonesia: Medical Book.

Aji, W. K. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien.

Fadillah, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Nasabah terhadap Kepuasan pada Bank Muammalat Indonesa Cabang Pondok Indah.

Ferry Ardiyan, Yulianeu, Azis Fathoni, & Leonardo. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Puskesmas Kedung Mundu Semarang). Journal of Management.

Hanggono, D. D. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuassan Konsumen.

Herlambang, s. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakt Cara Mudah Memahami Manajemen Pelayanan Di Rumah Sakit Dan Organisasi Pelayanan Kesehatan Lainnya (1st ed.). (T. G. Andy Gp, Penyunt.) Yogyakarta, Indonesia: Goesyen.

Imbalo S. Poham, M. M. (2012). Jamnan Mutu Layanan Kesehatan Dasar - Dasar Pengertia dan Penerapan. (P. Widyastuti, Penyunt.) Jakarta, Indonesia: PenerbIt Buku Kedokteran EGC.

Lukman Khakim, Azis Fathoni SE MM, & Maria M Minarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management.

Lyrissa Gisela Sharon, & Suryono Budi Santoso. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Citra Rumah Sakit, Kepuasan Pasien Dalam Rangka Meningkatkan Loyalitas Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Inap Rsud Tugurejo Semarang). Diponegoro Journal Of Management, Vol. 6 No. 3, Hal 1-12.

Muh Saleh S, Hasmin, & Eddyman W. Feral. (2018). Pengaruh Ekspektasi, Persepsi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jurnal Mirai Management.

Olwin Nainggolan, Dwi Hapsari, & Lely Indrawati. (2016, Maret). Pengaruh Akses ke Fasilitas Kesehatan terhadap Kelengkapan Imunisasi Baduta (Analisis Riskesdas 2013). Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat, Vol. 26, 15 - 28.

Suyitno. (2018, Maret). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Hrga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien. Journal of Applied Business Administration, 2, 129-146.

Tri Utami . (2016). http://eprints.walisongo.ac.id. Dipetik Desember 1, 2017, dari http://eprints.walisongo.ac.id/6518/.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.360

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter