Strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar dalam Mempertahankan Minat Pendengar pada Era Digital

Nasir Nasir

Sari


Agar radio berita tidak benar-benar ditinggalkan pendengar, maka radio dituntut melakukan transformasi agar dapat mengimbangi perkembangan zaman yang serba digital. Salah satunya dengan menyediakan fitur digital dan aplikasi yang memungkinkan pendengar dapat menikmati siaran radio tanpa terbatas waktu maupun tempat melalui smartphone. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar dalam mempertahankan minat pendengar dalam era digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian, kualitatif hasil observasi dan wawancara dianalisis dan diuraikan data-data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar dalam mempertahankan minat pendengar pada era digital, yaitu strategi yang pertama terletak pada bagian program radio yang akan disiarkan, yang dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap perencanaan program, tahap produksi dan pembelian program, tahap eksekusi program dan dalam rangka tahap pengawasan dan evaluasi program. Strategi yang kedua, yaitu mempertahankan minat pendengar, terbagi menjadi lima tahap, yaitu: pembentukan kesesuain, membangun kebiasaaan, pengontrolan arus pendengar, pemeliharaan sumber daya program, dan daya penarik massa.

 

Kata Kunci: Strategi, Radio, Penyiaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, Rainer. (2006). Persaingan dan Ekonomi Pasar di Indonesia. Jakarta:Freidrich Nauman Stiftung

Andrews, Kenneth R. 2005. Konsep Strategi Perusahaan. Jakarta:

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Eastman, Susan. 1985. BroadcastiCable Programming : Strategies and Practices. California: Wardsworth Publishing Company.

Erlangga Asep Syamsul, M Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung:

Bambang, Hariadi. (2005). "Strategi Manajemen". Jakarta: Bayumedia Publishing.

Chaidir Pratama, M. (2012). Proses Jurnalistik di Radio Siaran (studi mengenai pemberitaan di RRI Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Erlangga

L. Rivers, William dkk. 2003. Media Massa&Masyarakat modern: Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Machmud Muslimin. 2018. Tuntutan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Ilmiah. Malang: Selaras

Masduki. 2006. Jurnalistik Radio, Yogyakarta: LkiS.

Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Profesional. Yogyakarta: LkiS.

Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2009. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio&Televisi. Jakarta: Kencana.

Mufid , Muhammad. 2010. Komunikasi & Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3850

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter