Analisis Studi Perilaku Konsumen dalam Menentukan Keputusan Pembelian Skincare

Nur Latifa Isnaini Putri

Sari


Perubahan pola perilaku konsumen akan selalu terjadi karena ini bersifat dinamis. Perubahan arah industry juga menjadi salah satu factor utama dalam merubah pola perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pola perilaku konsumen yang fokusnya pada remaja dalam melakukan pembelian produk skincare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada informan, menyebar survei pada responden, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Sebanyak 100 informan dan 281 responden dipilih dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya Social Network Theory (SNT) dalam tahapan keputusan pembelian remaja melakukan pembelian produk skincare, produk yang paling diminati adalah sabun cuci muka atau facial wash, perempuan mendominasi dalam membeli produk skincare, dan Shopee menjadi platform e-commerce  yang paling banyak diminati remaja dalam membeli produk skincare secara online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Admin. (2023). https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_prodi/. Diakses pada 1 Oktober 2023.

Ahdiat, A. (2023). Pengunjung Shopee dan Blibli Naik pada Kuartal II 2023, E-Commerce Lain Turun. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/07/pengunjung-shopee-dan-blibli-naik-pada-kuartal-ii-2023-e-commerce-lain-turun#:~:text=Menurut%20data%20SimilarWeb%2C%205%20situs,kunjungan%20hanya%20Shopee%20dan%20Blibli. Diakses pada 10 Oktober 2023.

Gunawan, dkk. (2022). Keputusan Pembelian Skincare Safi Berbasis Media Marketing. Sumatera: PT Inovasi Pratama Internasional.

Guntari, D.D. dan Halim, P.A. (2021) Pengaruh Kualitas dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Produk Envygreen Skincare). Jurnal EBis (Ekonomi-Bisnis). 5(2):295–307.

Kartajaya, H. (2010). Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12.Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.

Krause, J., Croft, D.P. dan James, R. Social network theory in the behavioural sciences: potential applications. Behav Ecol Sociobiol 62, 15–27.

Mutia, A. (2022). Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022. Diakses pada 01 Oktober 2023.

Pahlevi, R. dan Mutia, A. (2021). Sabun Cuci Muka Jadi Produk Skincare Paling Sering Digunakan, Merek Apa yang Paling Populer?. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/29/sabun-cuci-muka-jadi-produk-skincare-paling-sering-digunakan-merek-apa-yang-paling-populer. Diakses pada 01 Oktober 2023.

Palalic, R., Ramadani, F., Gilani, S.M., Rashiti, S.G., dan Dana, L.P. (2020). Social media and consumer buying behavior decision: what entrepreneurs should know? Management Decision, 59 (6) , pp. 1249-1270.

Putri, N.L.I dan Hakim, I. (2023). New Consumer Landscape: Sebuah Riset Perilaku Konsumen menuju Society 5.0. Jurnal Mirai Management, Volume 8 Issue 2, Pages 347 – 355.

Sangadji, E.M. dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Yuliana, A., Rahmiayani, I., Pebiansyah, A., Shaleha, R.R. (2022). Sosialisasi dan Edukasi Penggunaan Skincare Berbahan Alami untuk Perawatan Kulit Wajah di PC PERSISTRI Tawang Kota Tasikmalaya. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(4), 670-674.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.6138

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter