Analisis Hubungan Antara Strategi Pemasaran Media Sosial, Citra Merek, dan Minat Pembelian di Industri Fashion Sweet Mango Jepara

Adelia Trisa, Mohamad Rifqy Roosdhani

Sari


Industri fashion merek lokal telah berkembang pesat dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal, bahkan negara. Salah satunya adalah industri fashion yang berada di Jepara yang bernama Sweet Mango. Tujuan riset ini guna menguji pengaruh social media marketing, brand image, dan purchase intention terhadap purchase decision. Jenis riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 97 sampel menggunakan perangkat Smart-PLS versi 4.0 yang melakukan analisis melalui metode SEM. Uji outer model, inner model, mediasi, dan hipotesis adalah bagian dari pengujiannya. Uji validitas dinyatakan valid karena faktor pengisian memiliki nilai lebih dari 0,7 dan AVE lebih dari 0,5. Uji reliabilitas dinyatakan reliabel karena nilai gabungan reliabilitas dan alfa cronbach lebih dari 0,7. Uji mediasi membuktikan bahwa social media marketing activity kepada purchase decision yang dimediasi oleh purchase intention dinyatakan Partial Mediation. Begitu juga dengan brand image kepada purchase decision yang pemasaran media sosial serta citra merek berpengaruh positif dan signifikan kepada minat dan keputusan pembelian. Selain itu, minat beli berdampak positif dan signifikan kepada keputusan pembelian. Banyak orang menjadi tertarik untuk melihat dan membeli produk lokal setelah menggunakan media sosial untuk mempromosikan barang lokal. Ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi pelanggan lain untuk mengetahui lebih banyak bahkan membeli barang lokal.

 

Kata Kunci: Social Media Marketing Activity, Brand Image, Purchase Intention, Purchase Decision

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni, N. and M. Ekhsan (2021). "Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust." Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 4(1): 377-386.

Chang, T.-Z. and A. R. Wildt (1994). "Price, product information, and purchase intention: An empirical study." Journal of the academy of marketing science 22: 16-27.

Chen, S.-C., et al. (2019). "Understanding the effect of social media marketing activities: The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction." 140: 22-32.

Danniswara, R., et al. (2020). The impact of EWOM referral, celebrity endorsement, and information quality on purchase decision: A case of Instagram. Global branding: Breakthroughs in research and practice, IGI Global: 882-905.

Hakim, L. L. and K. Keni (2020). "Pengaruh brand awareness, brand image dan customer perceived value terhadap purchase intention." Jurnal manajemen bisnis dan kewirausahaan 4(3): 81-86.

Harpe, S. E. J. C. i. p. t. and learning (2015). "How to analyze Likert and other rating scale data." 7(6): 836-850.

Keller, K. L. (2001). "Building customer-based brand equity: A blueprint for creating strong brands."

Keller, K. L. (2013). Building, Measuring, and Managing Brand Equity.

Keller, K. L. J. J. o. m. (1993). "Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity." 57(1): 1-22.

Kim, A. J. and E. Ko (2012). "Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand." Journal of Business Research 65(10): 1480-1486.

Koay, K. Y., et al. (2020). "Perceived social media marketing activities and consumer-based brand equity: Testing a moderated mediation model." 33(1): 53-72.

Kotler, P. (2000). "Marketing Management, The Millenium Ed Prentice Hall Inc." New Jersey. USA.

Kotler, P. and K. L. Keller (2009). "Menejemen Pemasaran." Penerbit: Erlanggga. Jakarta.

Kuspriyono, T. and E. J. C.-J. H. Nurelasari (2018). "Pengaruh social media marketing terhadap customer bonding dan purchase to intention." 18(2): 235-242.

Lin, N.-H. and B. S. Lin (2007). "The effect of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount." Journal of international management studies 2(2): 121-132.

Lin, Y.-H., et al. (2021). "The effect of social mission on service quality and brand image." 132: 744-752.

Lin, Y. H., et al. (2014). "Tourists' purchase intentions: impact of franchise brand awareness." 34(9-10): 811-827.

Moriansyah, L. J. J. p. k. d. o. p. (2015). "Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es." 19(3): 187-196.

Naufal, M. H. and I. Maftukhah (2017). "Pengaruh Brand Image dan Brand Love terhadap Purchase Decision melalui Word of Mouth." Management Analysis Journal 6(4): 377-387.

Prayogo, E. F. and Y. J. D. J. o. M. Yoestini (2022). "PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PSIS STORE." 11(6).

Rahmanullah, E. S. and S. Nurjanah (2018). Influence of product quality, price and supporting infrasturcture to perceived value and interest in buying of electric motorcycle. MATEC Web of Conferences, EDP Sciences.

Rizwan, M., et al. (2014). "The impact on branded product on consumer purchase intentions." 4(3): 57-74.

Roosdhani, M. R., et al. (2023). "FROM LIKES TO SALES: STUDY ON ENHANCING SOCIAL MEDIA PERFORMANCE FOR INDONESIAN SMES." 24(3): 1157-1172.

Ruslim, T. S. and R. Andrew (2012). "Pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention (Kasus: Kosmetik merk X)." X”)”. Jurnal Universitas Tarumanegara 3(1): 34-44.

Sanita, S., et al. (2019). "Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis)." Business Management and Entrepreneurship Journal 1(3).

Saputra, F. and M. R. Mahaputra (2022). "Relationship of Purchase Interest, Price and Purchase Decisions to IMEI Policy (Literature Review Study)." Journal of Law, Politic and Humanities 2(2): 66-75.

Sikteubun, M. R., et al. (2022). "Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Price, Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intentions Pada Produk Private Label." 11(6).

Soebagyo, T. J. J. S. P. (2014). "Analisa Pengaruh Store Image Terhadap Purchase Intention di Toserba “Ramai” Ngawi." 2(1): 9.

Ulum, I., et al. (2008). "Intellectual capital dan kinerja keuangan perusahaan; Suatu analisis dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS)."

Wang, S. W. J. J. o. A. T. M. (2014). "Do global airline alliances influence the passenger's purchase decision?" 37: 53-59.

Yadav, M. and Z. Rahman (2017). "Measuring consumer perception of social media marketing activities in e-commerce industry: Scale development & validation." Telematics and Informatics 34(7): 1294-1307.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6559

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter