Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Kamar Hotel Melalui Aplikasi Traveloka

Frans Harefa, Nov Elhan Gea, Emanuel Zebua, Yupiter Mendrofa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Analisis Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Kamar Hotel Melalui Aplikasi Traveloka (Studi Kasus Di Hotel Soliga Kota Gunungsitoli). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian di Hotel Soliga Kota Gunungsitoli. Sumber data diambil dari dokumentasi, hasil wawancara dan hasil observasi. Dalam penelitian ini, wawancara dengan berbagai pertanyaan tentang topik penelitian dilakukan secara langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hotel Soliga menggunakan aplikasi Traveloka untuk menjual tiket kepada pengunjung namun masih belum optimal/kurang disebabkan karena kurangnya promosi cara pemesanan tiket melalui aplikasi tersebut dan juga kurangnya daya tarik pengunjung di Hotel Soliga karena tidak memberikan berupa diskon kepada pengunjung untuk menarik perhatian. Dengan begitu Hotel Soliga harus menerapkan strategi supaya penjualan tiket melalui aplikasi traveloka bisa meningkat karena selain mempermudah pelanggan juga menghemat budget.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya M salya (2010: 4) Ulfatul, A. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Produk Tabungan Faedah Brisyariah Ib (Survey Pada Nasabah Bank BRI Syariah KCP Purbalingga) (Doctoral Dissertation, IAIN PURWOKERTO.

Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Ab Publisher.

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh media Sosial terhadap keputusan pembelian di toko kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324.

Basu Swasta (2016: 245) Asnaka, W. (2020). Analisis Penerapan Perolehan Penjualan Dan Harga Pokok Penjualan Guna Mengukur Laba Bersih Pada Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Sidoarjo) (Doctoral Dissertation, Universitas Bhayangkara).

Dave Chaffey (2015: 14) Lie, R. H (2022). Peningkatan pemasaran Harvies coffe shop banda aceh melalui digital marketing (Doctoral dissertation, UINar-RaniryBanda Aceh, Dakwah dan komunikasi).

Donna M.Martens (2010: 12) Puspitasari, N, Mulfidah, A & Khusna, K. pendamping pembelajaran metode penelitian gabungan (Mixed Method).

Firdaus, M. M. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif; dilengkapi analisis regresi IBM SPSS Statistics Version 26.0. CV. Dotplus Publisher.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi_strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.

Markerter,(2017:56),Hendrawan,A.(2019).Pengaruhmarketingdigitalterhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsaricilacaP.Jurnal AdministrasiDan Kesekretarisan,4(1), 50-61.

Putri, D. (2022). Green Tourism Sebagai Kunci Pariwisata Berkelanjutan. Pariwisata Nusantara, 49, 49–53.

Ryan Kristo Muljono (2018: 36) Zainal Arifin, S. E., Yoes, S. E., Sarwo EddyWibowo, M. M., Angellia, F., Kom, S., MSI, M., ... & Kom, M. (2023).Bisinis Digital Digital Marketing Saat ini (Kemampuan Digital Marketingdengan Menguasai Digital Konten Spesialist pada Masa Society 5.0). PT.SonpediaPublishingIndonesia.

Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan digital marketing pada usaha mikto kecil dan menengah (umkm) di kota tangerang selatan. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(2), 134.

Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124.

Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono(2019:17)penelitiankuantitatifGINTING,R.S.(2022).PengaruhHarga,KetepatanWaktuPengiriman,DanKualitasPelayananTerhadapLoyalitasKonsumenPadaJasaPengirimanBarangDiJne(StudiKasusPadaPt. Jne Katamso Medan). Jurnal Ilmiah Kohesi,6(1), 88-100.

Syamsul Bahry dan Fakhry Zamzam (2015:3).Febrian, M. (2022). Aplikasi OnlineBengkel(Obeng)KendaraanBermotorRodaDuaBerbasisAndroidMenggunakan Metode Prototype(Doctoral dissertation, Universitas BinaDarma).

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 4.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.6780

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter