Pengaruh Citra Merek dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Dengan Perilaku Konsumtif Sebagai Variabel Intervening

Haliza Putri Ida Manurani, Muzakar Isa

Sari


Kajian ini memiliki tujuan dalam menjalankan analisa dampak citra merek serta fanatisme pada keputusan pembelian merchandise dengan perilaku konsumtif selaku variabel intervening (kajian pada persis solo fc official store di surakarta). Studi ini menerapkan metode kuantitatif sebagai pendekatannya. Untuk pemilihan sampel, dipergunakan metode non-probability sampling serta dengan memakai pendekatan purposive sampling. Adapun Data utama yang dikumpulkan berasal dari angket yang diisi oleh responden melalui Google Form. Target sampel studi ini ialah masyarakat di wilayah Solo Raya, dengan total jumlah responden sebanyak 200 orang. Studi ini menerapkan teknik analisa data dengan mempergunakan metode Partial Least Squares (PLS), yang dioperasikan melalui perangkat lunak SMARTPLS. Temuan studi mengindikasikan jika fanatisme tidak secara langsung memberi pengaruh  keputusan pembelian. Namun, perilaku konsumtif terbukti bisa berperan sebagai mediator yang menghubungkan pengaruh citra merek serta fanatisme pada keputusan pembelian."

Kata Kunci: Citra Merek, Fanatisme, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumtif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asy’ari, A. H. (2018). Pengaruh Distribusi, Layanan Purna Jual, Citra Merek Dan Fanatisme Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Mobil Merek Toyota Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(3), 377–390. https://doi.org/10.35972/jieb.v4i3.241

Atikkah, S., & Fitra, J. (2021a). Pengaruh Fanatisme Fans Anime, Keragaman Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Anime pada Distro Pikapikani. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1261–1276. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i6.1051

Atikkah, S., & Fitra, J. (2021b). Pengaruh Fanatisme Fans Anime, Keragaman Produk dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Anime pada Distro Pikapikani. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1261–1276. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i6.1051

Eliani, J., Yuniardi, M. S., & Masturah, A. N. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 59. https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2442

Emia, F., & Marwan, M. ravii. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Kota Tengerang Selatan. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(2), 52. https://doi.org/10.32493/jk.v7i2.y2019.p52-58

Fauziyah, S. A., & Nurhayati, S. R. (2023). Pengaruh Fanatisme terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar Boyband NCT. Jurnal Psikologi Insight, 7(2), 125–140. https://doi.org/10.17509/insight.v7i2.64757

Halimi, N., Hafidzi, A. H., & Nursaidah, N. (2023a). Pengaruh Fanatisme, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Lippo Plaza Mall Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(2), 183. https://doi.org/10.36841/jme.v2i2.2669

Halimi, N., Hafidzi, A. H., & Nursaidah, N. (2023b). Pengaruh Fanatisme, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Lippo Plaza Mall Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(2), 183. https://doi.org/10.36841/jme.v2i2.2669

Hediyati, R. R., & Wahyuningtyas, Y. F. (2024). Pengaruh Brand Image, Mutu Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Miniso Ambarrukmo Plaza Mall Yogyakarta. Jurnal Simki Economic, 7(1), 310–319. https://doi.org/10.29407/jse.v7i1.627

Isa, M., & Rahmah, F. A. (2023). Knowledge Management and Organizational Performance: The Mediating Role of Dynamic Capabilities Article History. 14(3), 478–492. https://doi.org/10.18196/jbti.v14i3.20404

Khomsiyah, A., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Loyalitas dan Fanatisme Supporter pada Klub terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Orisinal: Studi pada Supporter Persela Lamongan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 242. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.756

Kuswati, R., Putro, W. T., Mukharomah, W., & Isa, M. (2021). The Effects of Brand Image on Consumer Loyalty: The Role of Consumer Satisfaction and Brand Trust as Intervening Variables. Urecol Journal. Part B: Economics and Business, 1(2), 58–71. https://doi.org/10.53017/ujeb.91

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Nasution, A. N. A. R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Perilaku Konsumtif, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Konsumen Penggemar Boygroup Korea Nct 127 Di Indonesia). Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/13706/Eprint/13706/, 4(1), 1–23.

Nugraha, P. F., Suharyanto, & Yatna, chicilia nova. (2023). Jurnal Manajemen Perilaku Konsumtif Memediasi Pengaruh Social Media Marketing dan Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 19(1), 69–86.

Nur Asida, A. Y., & Kuswati, R. (2023). E-wallet Adoption in The Covid-19 Period: The Roles Of Perceived Benefits As Mediating Variabel. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 23–34. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3604

Puji Nurjanah, N. E. I. (2022). Pengaruh Fanatisme Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Kpop (Studi Kasus Pada Komunitas Penggemar Grup Kpop Svt Di Dki Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis 2016, 4(4), 1–7.

Rahmani, P. I. (2019a). Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studu Pada Wanita Bekerja Di Wilayah Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 508–514.

Rahmani, P. I. (2019b). Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studu Pada Wanita Bekerja Di Wilayah Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 508–514.

Wardani, I., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Brand Image, Korean Wave, Fanatisme dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 1114. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1357




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7098

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter