Orientasi Kewirausahaan dan Startegi Bertahan bagi Pengusaha Perempuan di UMK Polewali Mandar

Resky Faradibah Suhab, Nursan Safitri, Sucianti Sukiana Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan orientasi kewirausahaan dan strategi bertahan yang diterapkan oleh pengusaha perempuan di UMKM Polewali Mandar. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan fenomenologi, penelitian ini melibatkan 40 informan yang merupakan pemilik usaha perempuan, dipilih melalui simple random sampling. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengusaha perempuan di Polewali Mandar memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah, yang membantu mereka bertahan dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Mereka juga memanfaatkan teknologi untuk memperkuat hubungan bisnis dengan pemasok dan memperluas pasar. Dengan banyaknya pengusaha perempuan yang memiliki usaha di berbagai sektor seperti jasa, kosmetik, dan kuliner menunjukkan kreativitas dan adaptabilitas mereka dalam mencari peluang pasar. Kesimpulannya, kombinasi dari keberanian, ketangguhan, dan inovasi memungkinkan pengusaha perempuan di Polewali Mandar untuk bertahan dan berkembang sambil membangun hubungan bisnis yang kuat dan memperluas jangkauan pasar mereka.

Kata Kunci: Entrepreneurial orientation, Survival Strategy, Women entrepreneurs, Micro Small Business


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anis Dwiastanti dan Gusnar Mustapa, “Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal dan Strategi Bertahan UMKM dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha di musim Pandemi Covid-19”, Business and Accounting Education Journal 1 (3) (2020), hlm 231.

Abedisi, S. A., & Bakare, N. A., (2019), Survival Strategies and Sustainability of Small and Medium Enterprises in a Volatile Environment, Management Dynamics in the Knowledge Economy, 7(4), 553–570.

BPS Kabupaten Polewali Mandar. (2024). Kabupaten Polewali Mandar Dalam Angka 2024. https://polewalimandarkab.bps.go.id/publication/2024/02/28/555dc097fab9f6fb41bab3b0/kabupaten-polewali-mandar-dalam-angka-2024.html

BPS Kabupaten Polewali Mandar. (2023). Statistik Daerah Kabupaten Polewali Mandar. https://polewalimandarkab.bps.go.id/publication/2023/12/28/c3724290989a384a08c44c70/statistik-daerah-kabupaten-polewali-mandar-2023.html

Carson, D., Cromie, S., McGowan, P., & Hill, J. 2002, Marketing and entrepreneurship in SMEs. An innovativeapproach, Hemel Hempstead: Prentice Hall

Dewintara, E., Aminah, S., Semaun, S., Muliati, & Bahri S., A. (2024). Orientation and Survival Strategies of Female Entrepreneurs in UMKM. AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 17(1), 207-222. ISSN 1979-245X (print), ISSN 2548-9887 (online).

Erni Jayaningrum and Brillyanes Sanawiri, “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran,” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 54, no. 1 (2018): 152, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2227.

Ginsberg, A. (2011). “Measuring Changes in Entrepreneurial Orientation Following Industry Deregulation: The Development of a Diagnostic Instrument,” Proceedings of International Council of Small Business.

Hamdani. (2020) Mengenal Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2)

Jogaratnam, G. (2017). The Effect of Market Orientation, Entrepreneurial Orientation and Human Capital on Positional Advantage: Evidence From The Restaurant Industry. International Journal of Hospitality Management, 60, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.10.002 )

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN

REPUBLIK INDONESIA. (2021) UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia

Porter, Michael, E (2008). Strategi Bersaing (Competitive Strategy). Tangerang: Karisma Publishing Group.

Suharto,Edi,2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Indonesia Menggagas Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan.Bandung:Alfabet

Susilo, Y.S., dan Handoko, B.S. 2002. “Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kinerja Sektor Industri: Pendekatan Model Keseimbangan Umum Terapan INDORANI”, Jurnal Ekonomi & Bisnis Indonesia, XVIII (3), Juli 2002: 243 - 257

Tawas, H., & Djodjobo, C. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1214–1224. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5800

Utama, L., 2018. Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba Terhadap Kinerja Penerima Waralaba Dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai mediasi. Conference On Management and Behavioral Studies.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter