Strategi Coping Mechanism Pada Perempuan Generasi Z yang Bekerja
Sari
Generasi Z masa kini sudah banyak yang memasuki dunia kerja. Salah satu karakteristik mereka yaitu mudah stres di tempat kerja. Sedangkan perempuan dilaporkan dari penelitian sebelumnya bahwa mereka sulit untuk mengatasi stres yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi seperti yang dilakukan perempuan generasi Z yang bekerja dengan dua indikator. Yaitu strategi yang berfokus pada masalah dan strategi yang berfokus pada emosi. ni untuk membuktikan hasil penelitian terdahulu. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan dalam penelitian ini. Informan terdiri dari 3 perempuan dari Generasi Z yang sedang bekerja. Hasil penelitiannya adalah perempuan generasi Z mampu menerapkan strategi mengatasi stres yang dihadapi saat bekerja. Namun dalam dimensi koping aktif pada strategi yang berfokus pada masalah, mereka justru cenderung menyangkal keadaan. Perempuan generasi Z ini juga membutuhkan rekan kerja atau pasangan mereka sebagai dukungan instrumental. Pun, mereka membuat daftar atau mapping untuk menyusun prioritas. Pada strategi yang berfokus pada emosi, mereka cenderung dapat mengatasinya. Mereka menerima kondisi saat dihadapkan masalah dan menganggapnya sebagai hal yang positif. Bahkan mereka menanggapi masalah dengan santai. Selain itu perempuan generasi Z ini membutuhkan dukungan emosi dan sosial dari lingkungannya. Mereka juga mementingkan peran Tuhan sebagai kebutuhan spiritualitasnya untuk mengurangi tekanan yang dihadapi.
Kata Kunci: generasi Z; coping mechanism; strategi yang berfokus pada masalah; strategi yang berfokus pada emosi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adasi, G. S., Amponsah, K. D., Mohammed, S. M., Yeboah, R., & Mintah, P. C. (2020a). Gender Differences in Stressors and Coping Strategies Among Teacher Education Students at University of Ghana. Journal of Education and Learning, 9(2), 123. https://doi.org/10.5539/jel.v9n2p123
Adasi, G. S., Amponsah, K. D., Mohammed, S. M., Yeboah, R., & Mintah, P. C. (2020b). Gender Differences in Stressors and Coping Strategies Among Teacher Education Students at University of Ghana. Journal of Education and Learning, 9(2), 123. https://doi.org/10.5539/jel.v9n2p123
Amin, U., Rasool, I., Jan, R., Yousuf, R., Mabool, S., & Qadir, H. (2022). Assess the level of stress and coping level among married working women in Kashmir. IP Journal of Paediatrics and Nursing Science, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.18231/j.ijpns.2022.005
Carver, C. S. (1997). You Want to Measure Coping But Your Protocol’s Too Long: Consider the Brief COPE. In INTERNATIONAL JOURNAL OF BEHAVIORAL MEDICINE (Vol. 4, Issue 1). Lawrence Erlbaum Assoeiate.~, Inc.
Chen, S. M., & Sun, P. Z. (2019). Gender differences in the interaction effect of cumulative risk and problem-focused coping on depression among adult employees. PLoS ONE, 14(12). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0226036
Cooper, C., Katona, C., & Livingston, G. (2008). Validity and reliability of the brief cope in carers of people with dementia: The LASER-AD study. Journal of Nervous and Mental Disease, 196(11), 838–843. https://doi.org/10.1097/NMD.0b013e31818b504c
Dimock, M. (2019, January 17). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. Pew Research Center.
Gellman, M. D. (2020). Encyclopedia of Behavioral Medicine.
Gentina, E. (2020). Generation Z in Asia: A Research Agenda. In The New Generation Z in Asia: Dynamics, Differences, Digitalization (pp. 3–19). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-220-820201002
Goel, M., & Verma, J. P. (2021). Workplace stress and coping mechanism in a cohort of Indian service industry. Asia Pacific Management Review, 26(3), 113–119. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2020.10.001
Graves, B. S., Hall, M. E., Dias-Karch, C., Haischer, M. H., & Apter, C. (2021). Gender differences in perceived stress and coping among college students. PLoS ONE, 16(8 August). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0255634
Hameed, S., & Mathur, M. (2020). Generation Z in India: Digital Natives and Makers of Change. In The New Generation Z in Asia: Dynamics, Differences, Digitalization (pp. 89–104). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-220-820201010
Hewlett-Packard (HP). (2023). Work Relationship Index.
Hinduan, Z. R., Anggraeni, A., & Agia, M. I. (2020). Generation Z in Indonesia: The Self-Driven Digital. In The New Generation Z in Asia: Dynamics, Differences, Digitalization (pp. 121–134). Emerald Group Publishing Ltd. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-220-820201012
Ipsos. (2023). WORLD MENTAL HEALTH DAY 2023 A Global Advisor Survey.
Laghari, M. S. N., Ahmed, I., Fatima, S. M., Shafiq, M., & Batool, A. (2023). Comparison Between Emotion Focused And Problem Focused Coping Strategies Of Stress Among Working Women In Pakistan. In Journal of Positive School Psychology (Vol. 2023, Issue 3). http://journalppw.com
Otsuka, Y., Itani, O., Matsumoto, Y., & Kaneita, Y. (2022). Associations between Coping Profile and Work Performance in a Cohort of Japanese Employees. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(8). https://doi.org/10.3390/ijerph19084806
Roberts, C. O., Sarfo, K., & Kwakye, I. N. (2021). Coping Mechanisms to Mitigate Occupational Stress by Women in Accra Metropolis. Open Journal of Social Sciences, 09(06), 207–227. https://doi.org/10.4236/jss.2021.96017
Taylor, S. E., & Stanton, A. L. (2007). Coping resources, coping processes, and mental health. In Annual Review of Clinical Psychology (Vol. 3, pp. 377–401). https://doi.org/10.1146/annurev.clinpsy.3.022806.091520
Theodoratou, M., Farmakopoulou, I., Kougioumtzis, G., Kaltsouda, A., Siouti, Z., Sofologi, M., Gkintoni, E., & Tsitsas, G. (2023). Emotion-focused coping, social support and active coping among University students: gender differences. Journal of Psychology & Clinical Psychiatry, 14(1), 5–9. https://doi.org/10.15406/jpcpy.2023.14.00720
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7239
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional