Strategi Marketing Public Relations Hufflecop Untuk Membangun Brand Awareness

Vania Zana Maharani, Zon Vanel, Zon Vanel

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan strategi Marketing public relation Hufflecop untuk membangun brand awarenness di kalangan konusmen. Metode penelitian ini menggunakan deksriptip kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan analisis dokumen.Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduski data, kategorisasi, sintesis, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HuffleCop menerapkan berbagai strategi marketing public relations yang efektif dalam membangun brand awareness. Di antara strategi yang diidentifikasi, yaitu content marketing, aktivitas media social, event marketing, sponsorship atau kemitraan, dan integrasi media sosial dalam membangun brand awareness menjadi fokus utama. HuffleCop aktif menjalin hubungan dengan media untuk mendapatkan liputan yang positif, serta berkolaborasi dengan influencer Indonesia yang menyukai K-Pop dan memiliki pengaruh besar di kalangan penggemar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Burhanuddin Yusuf. 2023. “Strategi Intregrated Marketing Communication Dalam Mendapatkan Dan Mempertahankan Sponsorship Pada Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang (PSIS) Musim 2022/2023.”

Akbar, and Umer. 2023. “Public Relations Marketing Strategy In Improving Product Brand Image Through Instagram (@ Wings_indonesia).” Sinergi International Journal of Communication Sciences, 1(1): 55-63.

Amelia, T, and Priyadi J.D. 2022. “Pembuatan Desain Katalog Online Instagram Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Media Promosi Untuk Menarik Minat Beli Sulungs Food Kabupaten Pemalang.” Aplikasi Bisnis 8(2): 199–204.

Andjani, Made Dwi. 2009. “MEDIA RELATIONS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUK REPUTASI ORGANISASI.”

Andriana, Ana Noor, Lailatul Hijrah, Diana Aulia Putri, Widya Utami Putri, Silma Fauziah, and Cantika Oktamel Darus. 2022. “PELATIHAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING MENGGUNAKAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(2): 1477. doi:10.31764/jmm.v6i2.7336.

Angellia, A., and R. Oktavianti. 2023. “Strategi Marketing Public Relations Bioskop Drive-In Dalam Membangun Brand Image Perusahaan.” Prologia 7(1).

Anjani Ayu Pratiwi, Naomi Sianturi, Santi Pertiwi Hari Sandi, and Dwi Epty Hidayaty. 2023. “Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan Dalam Membangun Brand Awareness.” Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi 2(3).

Auliya, Syamsa Putri. 2021. “EVENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN KAYN LABEL.”

Azzahra, Fathimah. 2019. “Strategi Marketing Public Relations Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Deskriptif Pada PT. HNI HPAI).” Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Azizah, N., & Lovett, M. M. (2021). Analisis Event Marketing dalam Meningkatkan Citra. Prosiding Hubungan Masyarakat.

Azizah, D. N., & Yuningsih, S. (2023). Strategi Marketing Public Relations Dalam Mempromosikan Bisnis Fashion Meccanism Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bincang Komunikasi, 29-35.

Bohara, Bisht, Suri, Panwar, and Sharma. 2023. “Online Marketing and Brand Awareness for HEI: A Review and Bibliometric Analysis.” F1000Research: 12, 76.

Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approach. 4th ed. Thousand Oaks, California: Sage Publications.

Erwin, Judijanto, L., Kaligis, J. N., Islami, V., Musprihadi, R., Suprayitno, D., . . . Diputra, G. I. (2024). Manajemen Pemasaran (Teori dan Strategi). Daerah Istimewa Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.

Fadel Febrian Shafwan, and Sabrina Gloria Pangaribuan. 2023. “Strategi Marketing Public Relations Dalam Membangun Brand Image Dan Brand Trust Mie Kiro.” Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 20(1).

Fahimah, Mar’atul, and Linda Armada Ningsih. 2022. “Strategi Content Marketing Dalam Membangun Customer Engagement.” Benchmark 3(1): 43–52. doi:10.46821/benchmark.v3i1.283.

Fauzia, N. N., & Wijayani, Q. N. (2024). Analisis Efektivitas Iklan Di Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Sains Student Research, 133-143.

Gregory. 2020. Planning and Managing Public Relations Campaigns: A Strategic Approach. Kogan Page Publishers.

Gregory, and Willis. 2022. Strategic Public Relations Leadership. Taylor & Francis.

Katadata. 2022. “Wabah K-Pop Makin Menyebar Di Dunia.”

Klaasvakumok Jehezkielomi Kamuri. 2021. “Analisi Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha MileniaI Di Kota Kupang Dalam Masa Covid-19.” JOURNAL OF MANAGEMENT (SME’s) 14(2).

Manullang, R., & Syariah, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Sosial Media Instagram Dalam Branding Brand Baru Di Malam Minggu Group. Harmoni : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial.

Meliawati, Gerald, and Aruman. 2023. “The Effect of Social Media Marketing Tiktok and Product Quality towards Purchase Intention.” Journal of Consumer Sciences 8(1): 77-92.

Morrison. 2021. Essential Public Affairs for Journalists. Oxford University Press.

Nurcahyani, V. D., & Sigit, M. (2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Keterlibatan Konsumen terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Skincare MS Glow Beauty. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 201-212.

Quesenberry. (2020). Sosial Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in The Customer Revolution. Rowman & Littlefield Publisher.

Rahmana, E. C., & Hidayat, D. (2024). Peran Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness TikTok Shop. Journal Of Digital Communication And Design (JDCODE).

Rathore. 2023. “Digital Transformation 4.0: A Case Study of LK Bennett from Marketing Perspectives.” nternational Journal of Enhanced Research in Management & Computer Applications, 10(11): 45-54.

Rizaty, Monavia Ayu. 2022. “Wabah K-Pop Makin Menyebar Di Dunia.” https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/629c0aa18d034/wabah-k-pop- makin-menyebar-di-dunia (February 27, 2024).

Setyowati, and Sudiarta. 2022. “Analisis Strategi Marketing Public Relations (MPR) Dalam Meningkatkan Brand Awareness PT XYZ.” Jurnal Manajemen Universitas Brawijaya 2(7): 1–14.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P., . . . Mutia. (2022). Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sukoco, A. A. (20119). Keterlibatan Konsumen Terhadap Produk (Product Involvement) dan Implikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Immanuel.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan RnD. 21st ed. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Ita, and Asriyani Sagiyanto. 2018. “Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group.” Communication 9(1): 103. doi:10.36080/comm.v9i1.624.

Suwandi, Rahmatika, D. N., Indriasih, D., & Sugiartini, P. (2021). Manajemen Krisis Terkini: Strategi Adaptif Dalam Menghadapi Bencana Dan Tantangan Mendadak. Jurnal Darma Agung , 473-482.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahdani, and Abi Aufa. 2021. “Concerning K-Pop Pengenalan Singkat Tentang Korean Wave (Hallyu Star).” An-Nas 2(5): 51–63.

Warter Agustim. 2022. “Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Melalui Program Siaran Pada Radio Mitra Batu.” Jurnal Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya.

Wijaya, Lina Sinatra, and Krismiyati. 2013. “Identifying Marketing Public Relations Strategies Implemented in Private University For Increasing Students Intake in Central Java- Indonesia.” Journal Of Arts, Science & Commerce (Online) 4.

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Wita, F. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 86-96.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7331

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter