Analisis Kinerja Aparatur Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Studi Kasus di Desa Nggaki Kecamatan Taliabu Selatan)

Origma De Fretes, Patricia Jeaneth Cyntia Kojongian, Maria Theresia Tulusan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur desa dan mengungkap permasalahan yang dihadapi, serta merumuskan rekomendasi untuk peningkatan kinerja aparatur Desa Nggaki Kecamatan Taliabu Selatan, Kab Pulau Taliabu di masa mendatang. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari individu dan kepribadian yang diamati. Penilitian melibatkan seluruh stekholder pemerintahan di Desa Nggaki sebagai objek yang di jadikan penelitian dan data di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta di analisis menggunakan Teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintan Desa Nggaki tampaknya belum berkonsentrasi pada inovasi dalam layanan yang diberikan, meskipun inovasi dianggap dapat menghasilkan keuntungan dan meningkatkan kualitas layanan. Akibatnya, kinerja pemerintah desa Nggaki dalam memberikan layanan publik masih terbatas. Selain berfungsi sebagai ukuran kesuksesan penyelenggaran pelayanan publik desa Nggaki dalam mencapai kinerja yang optimal, produktivitas juga berfungsi sebagai indikator dalam mencapai kinerja yang optimal. Meskipun kinerja belum optimal akan tetapi dalam pelayanan Masyarakat pemerintah desa di anggap oleh Masyarakat kualitas pelayanan terlaksana dengan baik. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana peningkatan kinerja aparatur desa dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa Nggaki Kec. Taliabu Selatan, Kab Pulau Taliabu dan strategi untuk memberikan pelayanan publik yang efektif sehingganya kebutuhan Masyarakat dan pelayanan di desa setempat bisa optimal dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Sobirin, Manajemen Kinerja, (Jakarta : Republika Penerbit, 2014)

Harbani Pasolong, Teori Administrasi Publik, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif,( Jakarta : Salemba Humanika, 2010).

FA Faj’ri,MA Sahban, H Seragih, PJC Kojongian,(Digital Economy And Business Tranformation In Indonesia: An Exploration Of Opportunities And Challenges, 2024)

Imama Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013)

Irham Fahmi, Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi, (Bandung: Alfabeta,2013)

Komarudin, Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, (Bandung: Genesindo., 2014)

Kansil, CST et.al, Hukum Administrasi Daerah, (Jakarta: Jala Permata Aksara, 2009) Lijan Poltak Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008).

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif,( Bandung:PT. remaja Rosdakarya, 2005) 8. Reski Wahdani, “Analisis Kinerja Aparatur Desa dalam Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Jonjo Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa” Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021).

Sinambela dan Lijan Poltak, Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun. Tim Kerja yang Solid untuk MeningkatkaSn Kinerja, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016) .

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, (Bandung:Alfabeta, 2007) .

Yeremias T Keban, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu (Yogyakarta: Gava Media, 2014)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7557

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter