Strategi Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Pelaku UMKM Pengrajin Gula Aren di Desa Kalait Dua Kab. Minahasa Tenggara)
Sari
Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh pengrajin gula aren di Desa Kalait Dua. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi serta cara-cara efektif untuk meningkatkan penjualan melalui pemasaran digital. Metode analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam hal pengetahuan digital dan sumber daya, terdapat peluang besar untuk memperluas pasar melalui digital marketing.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. 2021. Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37.
Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. 2021. Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.
Budiasih, Y. 2018. Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan Studi Kasus Pada PT. XX Di Jakarta. Liquidity, 1(2).
Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa‟adah, R. 2022. Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. 2018. Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Hartanti, H., & Oktiyani, R. 2020. Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 183–190.
Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. 2021. Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pariwisata Kota Lama Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 888–893.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. 2020. Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. 2020. Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Noor, J. 2011. Meteode Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nugrohoadhi, A. 2015. Pengorganisasian dokumen dalam kegiatan kepustakawanan. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(1), 1-10.
Pamungkas, L. S. 2019. Analisis Dampak Kepemilikan Modal Sosial Terhadap keberlangsungan Industri Kecil di Rumah Makan Niswa (Doctoral dissertation, Program Studi Agribisnis FPB-UKSW).
Diah, Ainun Dhiya‟a Nabillah, Reffan Bahari, Nanda Damar Caksono, M Pradiani, T. 2018. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Puspitasari, Ini Putu. 2019. Penerapan Teknologi Digital Marketing untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. Jurnal Scientific and Applied Informatics, 2(2), 166
Sagita, G., & Wijaya, Z. R. 2022. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31.
Swastha, B. 1989. Basu Swastha. Manajemen Penjualan, 34–35.
Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7634
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional