Strategi Pemasaran Kewirausahaan Umkm Melalui Influencer Media Sosial Instagram: Studi Kasus Pada Umkm Lumpia Beef Nagih
Sari
Penelitian ini membahas strategi pemasaran yang diterapkan oleh Lumpia Beef Nagih, sebuah UMKM di Bandar Lampung, yang menawarkan produk unik berupa lumpia beef dan burger. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan influencer dalam meningkatkan penjualan dan popularitas produk melalui media sosial Instagram. Influencer dipilih berdasarkan relevansi audiens dengan target pasar, menghasilkan konten visual yang menarik dan autentik untuk mempromosikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran melalui influencer berdampak signifikan pada peningkatan kunjungan outlet, interaksi media sosial, dan keputusan pembelian pelanggan. Namun, keberhasilan strategi ini sangat dipengaruhi oleh kualitas konten serta pemilihan influencer yang tepat agar sesuai dengan nilai dan citra merek. Strategi ini terbukti efektif, khususnya dalam menjangkau generasi muda yang aktif di media sosial, meskipun tantangan dalam seleksi influencer menjadi perhatian utama untuk keberlanjutan pemasaran.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, Kewirausahaan, UMKM
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alavi, S., & Karami, M. (2018). The Role of Social Media in Influencing Consumer Behavior: A Study of Influencer Marketing. Journal of Marketing Management, 34(1-2), 234-250.
Armstrong, G., Kotler, P., & Opresnik, MO (2017). Prinsip Pemasaran (edisi ke-17). Pearson
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Freberg, K., Graham, JW, & McGaughey, RE (2011). Siapa saja influencer media sosial? Sebuah studi tentang persepsi publik terhadap kepribadian. Public Relations Review, 37(1), 90-96.
Goh, K. Y., Heng, C. S., & Lin, Z. (2013). Social Media Brand Community and Consumer Behavior: An Integrative Review. Journal of Marketing Theory and Practice, 21(3), 293-313.
Hennig-Thurau, T., Hofacker, CF, & Bloching, B. (2015). Pemasaran ala pinball: Memahami bagaimana media sosial mengubah penciptaan nilai bagi konsumen dan perusahaan. Jurnal Pemasaran Interaktif , 27
Hoffman, DL, & Fodor, M. (2010). Bisakah Anda mengukur ROI pemasaran media sosial Anda? MIT Sloan Management Review, 52(1), 41-49.
Instagram. (2022). Statistik Instagram. Diakses dari https://www.instagram.com/press/
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen pemasaran. Pearson Education Limited.
Kurniawan, T., & Wijaya, F. (2018). Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 6(4), 123-134.
Kusuma, R., & Setiawan, I. (2019). Jurnal Penelitian Pemasaran Indonesia, 3(1), 77-88.
Laroche, M., Habibi, M. R., & Richard, M. O. (2013). To Be or Not to Be in Social Media: How Brand Loyalty Is Affected by Social Media? International Journal of Information Management, 33(1), 76-82.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.
Pratama, D. A., & Nurdiansyah, M. (2019). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(2), 89-99.
Putri, A., & Rahmawati, D. (2020). Jurnal Bisnis Digital, 5(1), 45-53.
Ranjan, K. R., & Read, S. (2016). Value Creation via Interaction in Social Media: A Study of Consumer Engagement. Journal of Business Research, 69(12), 5280-5289.
Sari, M. P., & Anggraeni, F. (2021). Jurnal Komunikasi Digital, 4(2), 101-110.
Susilo, S. (2010). Ekonomi Usaha Kecil Menengah: Teori dan Kebijakan. Andi Offset.
Tambunan, T. (2012). UMKM di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Salemba Empat.
Wahyuni, S., & Prasetyo, B. (2020). Jurnal Pemasaran Modern, 8(3), 95-105.
Freberg, K., Graham, J. W., & McGaughey, R. E. (2011). Who are the social media influencers? A study of public perceptions of personality. Public Relations Review, 37(1), 90-96.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Wahyuni, S., & Prasetyo, B. (2020). Pengaruh influencer marketing di Instagram terhadap loyalitas merek pada bisnis kuliner. Jurnal Pemasaran Modern, 8(3), 95-105.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7849
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional