Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus Pada Toko Batik Moderen Shanza C2M)

Syahril Daud, Tiara Tiara, Feronika Enjel Aprilia

Sari


Dalam era globalisasi yang semakin maju, persaingan bisnis menjadi semakin ketat, terutama di sektor fashion, termasuk batik. Batik, sebagai warisan budaya Indonesia, telah mengalami perkembangan pesat, tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di pasar internasional. Batik kini tidak hanya dianggap sebagai pakaian tradisional, tetapi telah diadopsi dalam mode modern yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Salah satu bisnis yang berusaha beradaptasi dengan tren ini adalah Shanza C2M, sebuah toko batik modern yang berlokasi di [sebutkan lokasi, misalnya “Jakarta” atau kota lain]. Shanza C2M menggabungkan desain tradisional dengan konsep modern untuk menarik minat konsumen dari berbagai kalangan, terutama generasi muda yang mulai mengapresiasi batik sebagai bagian dari identitas budaya sekaligus fashion statement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Shanza C2M dalam meningkatkan penjualan produk batik modern. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan analisis yang mendalam terkait strategi pemasaran seperti promosi, penentuan harga, dan pemanfaatan media digital yang disesuaikan dengan karakteristik konsumen target. Data diperoleh melalui studi literatur dari berbagai sumber, termasuk jurnal akademik, buku, dan artikel industri terkait strategi pemasaran di sektor fashion dan batik modern, sehingga memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai efektivitas strategi-strategi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Shanza C2M dalam meningkatkan penjualan produknya. Dengan menganalisis strategi yang telah diterapkan, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari strategi tersebut, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang relevan dan aplikatif bagi Shanza C2M dalam menghadapi persaingan pasar. 

Kata Kunci: Marketing, Modern Batik, Fashion, Culture, Business Competition.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bamford, D., Reid, I., Forrester, P., Dehe, B., Bamford, J., & Papalexi, M. (2024). An empirical investigation into UK university–industry collaboration: the development of an impact framework. Journal of Technology Transfer, 49(4), 1411–1443. https://doi.org/10.1007/s10961-023-10043-9

Bartlett, C. A., & Ghoshal, S. (1989). Managing across borders: The transnational solution. Harvard Business Press. 156-159 (4) https://dx.doi.org/10.2307/258620

Bocoya-Maline, J., Calvo-Mora, A., & Rey Moreno, M. (2024). Predictive and mediation model for decision-making in the context of dynamic capabilities and knowledge management. Management Decision, 62(7), 2164–2188. https://doi.org/10.1108/MD-06-2023-0956

Choi, C., & Kim, J. (2024). Outperforming the tutor: Expert-infused deep reinforcement learning for dynamic portfolio selection of diverse assets. Knowledge-Based Systems, 294. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2024.111739

Davenport, T. H., & Prusak, L. (1998). Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know. Harvard Business Press. https://dx.doi.org/10.1145/348772.348775

Fischer, C. (2024). Motivated to share? Development and validation of a domain-specific scale to measure knowledge-sharing motives. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 54(4), 861–895. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-09-2021-0200

Gordienko, Y., Trochun, Y., & Stirenko, S. (2024). Multimodal Quanvolutional and Convolutional Neural Networks for Multi-Class Image Classification. Big Data and Cognitive Computing, 8(7). https://doi.org/10.3390/bdcc8070075

Grant, R. M. (1996). Toward a Knowledge-based Theory of the Firm. Strategic Management Journal, 17(S2), 109-122. http://dx.doi.org/10.1002/smj.4250171110

Hill, C. W. L. (2013). International Business: Competing in the Global Marketplace (9th ed.). McGraw-Hill Education. Vol. 24 No. 9. https://doi.org/10.1108/sd.2008.05624iae.001

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2017). Strategic Management: Concepts and Cases (12th ed.). Cengage Learning.

Hsieh, J.-K., Fang, Y.-H., & Liao, C. H. (2024). The power of choice: Examining how selection mechanisms shape decision-making in online community engagement. Decision Support Systems, 182. https://doi.org/10.1016/j.dss.2024.114250

Kapousizis, G., Sarker, R., Baran Ulak, M., & Geurs, K. (2024). User acceptance of smart e-bikes: What are the influential factors? A cross-country comparison of five European countries. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 185. https://doi.org/10.1016/j.tra.2024.104106

Kotabe, M., & Helsen, K. (2017). Global Marketing (7th ed.). Wiley. Pages 329-331 https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Mostofa, M., & Othman, R. (2024). User awareness of knowledge management practices of public university libraries in Bangladesh: A study. Record and Library Journal, 10(1), 76–92. https://doi.org/10.20473/rlj.V10-I1.2024.76-92

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The Knowledge-Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Oxford University Press. https://doi.org/10.1057/jibs.1996.13

Singh, N., Pandey, R., Gupta, R., Biswas, B., & Gupta, S. (2024). Reverse knowledge transfer: making sense of two decades of academic research. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 54(5), 1092–1123. https://doi.org/10.1108/VJIKMS-08-2021-0155

Vega, A., Gabbioneta, C., Osorio, C., & Cunningham, J. (2024). A micro-level study of research impact and motivational diversity. Journal of Technology Transfer, 49(4), 1303–1346. https://doi.org/10.1007/s10961-023-10040-y




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7896

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter