Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Tempat Menginap Di Grup Hotel Ibis
Sari
Pada awalnya, fungsi hotel hanyalah sebagai tempat penginapan sementara bagi wisatawan, namun seiring berkembangnya zaman, fungsi hotel terus berkembang menyesuaikan kebutuhan konsumen, industri pariwisata, ekonomi, serta kemajuan teknologi. Dalam penelitian ini, tipe penelitian yang akan digunakan oleh penulis adalah exploratory research. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara pendahuluan dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dan insidental sampling serta menggunakan skala Likert dalam mengukur jawaban dari responden.
Penulis menggunakan metode desain penelitian (research design) dengan penggabungan riset eksploratori (exploratory research) dan riset deskriptif (descriptive research), dan menggunakan skala Likert dalam mengukur jawaban dari responden yang bertujuan untuk mengetahui dari masing-masing faktor (Harga, Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Reputasi Merek) seberapa pengaruhnya terhadap Keputusan Konsumen untuk menginap di Grup Hotel Ibis.
Kata Kunci: Konsumen, Hotel, Kepuasan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Internet:
https://www.kompasiana.com/tamarafeodora6750/661bfbbcde948f0e73402f72/sejarah-perkembangan-industri-hotel-di-indonesia
https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Hotel_Ibis
https://id.wikipedia.org/wiki/Hotel_Ibis
https://ibis.accor.com/id.html
Buku
Alhusin, Drs. Syahri (2003). Aplikasi Statistik Praktis Dengan SPSS, 2nd Edition, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Djaali. (2008). “Skala Likert”. Jakarta: Pustaka Utama
Irawan, Handi (2008). “Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan”. Cetakan pertama: PT. Gramedia: Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.
Kotler, K. (2011). Manajemen Pemasaran 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller (2016). Marketing management, 15e. Boston: Pearson Education.
Kotler, Philip Dan Keller (2017), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip, (2000), Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jilid I dan II, Jakarta: PT. Perhalindo
Karya Ilmiah
Dewi Titiani Riski (2015), “Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Pangeran Pekanbaru Riau”, JOM FISIP Vol 2 No. 2 Oktober 2015
Reza Syahputra Ginting , Alfi Amalia (2023), “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Dalam Pemilihan Hotel Syariah Pada Hotel Natam Syariah”, Jurnal AKMAMI (Akutansi, Manajemen, Ekonomi) url: https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/akmami------ Vol 4 No 2 2023 hal 128- 137
Septia Caesari, Hari Susanta Nugraha dan Bulan Prabawani (2015), “Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Menginap di Hotel Puri Saron”, Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science, Hal. 1-11 (2015), http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Yandra Rivaldo, Supardi dan Edi Yusman (2021). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel”, Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdullah Said Batam , Vol.1. No.1. Januari 2021
Yulianti (2015)“Persepsi Tamu Tentang Kualitas Pelayanan Pada Departemen Tata Graha Di Hotel IBIS Padang”, Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
Yusrin Laila Sany dan Agustinus Nur Arief Hapsoro, S.T., M.T (2022). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengunjung Dalam Memilih Hotel”, https://www.researchgate.net/publication/
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8141
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional