Pengaruh Pengetahuan Produk Halal Religiusitas Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kalianda Lampung Selatan
Sari
Industri kosmetik di Indonesia mengalami perkembangan sangat pesat dalam beberapa dekade, sehingga banyak perusahaan yang berminat untuk memilih terjun ke dalam industri tersebut. Hal ini disebabkan oleh bisnis kosmetik dinilai sangat menjanjikan dan mempunyai peluang besar memperoleh pangsa pasar dan meraih keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk halal, religiusitas Dan halal awareness Terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun simultan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 96 responden, uji analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (H1) Nilai thitung 4,369 > ttabel 1.661 artinya pengetahuan produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (H2) Nilai thitung 4,671 > ttabel 1.661 artinya religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (H3) Nilai thitung 2,062 > ttabel 1.661 artinya halal awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (H4) nilai fhitung 49,561 > ftabel 2,70 artinya pengetahuan produk halal, religiusitas Dan halal awareness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kosmetik Wardah di Kalianda Lampung Selatan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : pengetahuan produk halal, religiusitas Dan halal awareness secara parsial maupun simultan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kosmetik Wardah di Kalianda Lampung Selatan
Kata Kunci: Lokasi, Suasana Toko, Keragamam Produk, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abd Rahman, A. A. 2015. Consumers and Halal cosmetic products: knowledge, religiosity, attitude and intention. Journal of Islamic Marketing. Vol. 6, No.1, h.148-163.
Abdul, J., Shaari, N., & Shahira, N. (2010). Dimension of Halal Purchase Intention : A Preliminary Study Shaari & Arifin. International Review of Business Research Papers, 6(4), 444–456.
Abdullah Abdul Husain At-Tariqi, 2004, Al-Iqtishad Al-Islami; Ushusun Wa Muba`Un Wa Akhdaf. alih bahasa M. Irfan Syofyani, Magistra Insania Press, Yogyakarta
Aertsens, J., Mondelaers, K., Verbeke, W., Buysse, J., & Van Huylenbroeck, G. (2011). The Influence of Subjective and Objective Knowledge on Attitude, Motivations and Consumption of Organic Food. British Food Journal. Vol. 113 (11): 1353- 1378.
Ahmad, S., et., al. (2013). Museum Learning: Using Reseacrch as Best Practice in Creating Future Museum Exhibition. Procidia-Social and Behavioral Science. Vol. 105, 370-382.
Al Rochmanto & Widiyanto (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk makanan dan Minuman Halal. Diponegoro Journals Of Management., 4(1):2337-3992
Alam, S. S., Mohd, R., & Hisham, B. (2011). Is religiosity an important determinant on Muslim consumer behaviour in Malaysia? Journal of Islamic Marketing, 2(1), 83– 96. https://doi.org/10.1108/17590831111115268
Al-hajla, A.H., Nguyen, B., Melewar, T.C., Jayawardhena, C., Ghazali, E. and Mutum, D.S. (2019), “Understanding New Religion-Compliant Product Adoption (NRCPA) in Islamic Markets”, Journal of Global Marketing, Vol. 32 No. 4, pp. 288–302, doi: 10.1080/08911762.2018.1559907.
Alwi, Said. 2014. Perkembangan Religiusitas Remaja, Kaukaba Dipantara, Yogyakarta.
Ambali dan Bakar (2013). Judul penelitian Halal food and product in Malaysia: People’s awareness and policy implication(05 April 2016).
Ancok, D. dan Suroso, F. N. 2011. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problemproblem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifianto, M., & Chabachid, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro Journal Of Management, 5(1), 1–12.
Choriroh, A. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, Dan Norma Subjektif Terhadap Keputusanpembelian Produk Berlabel Halal Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA)
Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Farrag, D. A., & Hassan, M. (2015). The Influence of Religiosity on Egyptian Muslim Youths' Attitude Toward Fashion. Journal of Islamic Marketing, 95-108.
Fitria, Sarah & Artanti, Yessy. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.Vol 2(1). Hlm 37-48. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/bisnis/index DOI: 10.21043/bisnis.v8i1.6732
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS Edisi Kedua Puluh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Graha Ilmu, Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Griffin, Ricky dan Ebert, Ronald. (2007). Bisnis. Jakarta : Erlangga.
http://www.topbrandaward.com/top-brand-survey/survey-result
Jalaludin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Jamal, Y., A. Agusta, dan Praptiwi. 2003. Komposisi Kimia dan Efek Antibakteri Minyak Atsiri Buah Gedebong (Piper aduncum L.). Majalah Farmasi Indonesia, 14(1): 284-289
Kementerian Perindustrian, R. (2016). Kemenperin: Tingkatkan Kemandirian Industri Kosmetik dan Jamu Nasional. Retrieved March 15, 2018, from http://kemenperin.go.id/artikel/15969/Tingkatkan-Kemandirian-Industri-Kosmetik-dan-Jamu-Nasional.
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Luqyana, I. (2022). Pengaruh label halal dan online consumen review terhadap keputusan pembelian Safi. www.academia.edu. https://www.academia.edu/72676159/Pengaruh_label_halal_dan_online_consumen_review_terhadap_keputusan_pembelian_Safi
Moschis, G.P. and Ong, F.S. 2011. “Religiosity and consumer behavior of older adults: a study of subcultural influences in Malaysia”, Journal of Consumer Behaviour, Vol. 10 No. 1, pp. 8-17.
Mowen, Jhon C., dan Michael Minor, Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi Kelima, (Jakarta: Erlangga Press, 2002).
Mukhtar, A., & Butt, M. M. (2012). Intention to choose Halal products: The role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 3(2), 108–120.
Mukhtar, A., & Butt, M. M. (2012). Intention to choose Halal products: The role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 3(2), 108–120.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nuraeni, Dina. 2020. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Rabbani, (Penelitian Pada Masyarakat Kaum Perempuan di Kecamatan Cibitung Bekasi). Al Fatih Jurnal Ilmu Ekonomi Islam. ISSN: 2580- 8036. Vol. 2 (1).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan
peter dan Olson. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 9). Buku 2. Jakarta: Salemba Empat
Putri dkk, 2019. Dampak Penerapan Green Accounting dan Kinerja Lingkungan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. E-JRA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.
Sangadji, E.M. & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Sigma Research. (2017). Tren dan perilaku pasar kosmetik Indonesia tahun 2017. Diakses dari : http://sigmaresearch.co. id/tren-dan-perilaku-pasar-kosmetik-indonesiatahun-2017/.
Stark R.. dan Glock C.Y., “Dimensi-Dimensi Keberagamaan”, dalam Roland Robertson (eds.), Sociology of Religion, terj. Achmad Fedyani Saifuddin, Agama: dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1993
Sugiyono (2012), Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (Bandung: alfabeta,), 38-142
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata,Nana Syaodih.Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik / Nana Syaodih Sukmadinata .2019
Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Tatiek Nurhayati, Hendar Hendar, (2019) "Personal intrinsic religiosity and Halal Product Knowledge on halal product purchase intention: Role of halal product 73 awareness", Journal of Islamic Marketing,
Tjiptono & Chandra, G. ( 2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI
Tjiptono & Chandra, G. ( 2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI
Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.
Wilson, J.A.J. and Liu, J. (2011) ‘The challenges of Islamic branding: navigating emotions and Halal’, Journal of Islamic Marketing, Vol.2, No.1, pp.28-42
YACOBI, MANGGALA PUTRA and Nazaruddin, Akhmad and Nofiawaty, Nofiawaty (2016) PENGARUH ATRIBUT LABEL HALAL DAN SEGMENTASI PSIKOGRAFIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Pada Mahasiswi Universitas Sriwijaya dan UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Yasid, Abdul, et al. "Pengaruh Frekuensi Gelombang Bunyi Terhadap Perilaku Lalat Rumah (Musca Domestica)." Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, vol. 5, no. 2, 2016.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8236
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional