Supervisi Pengajaran pada SMP Negeri 2 Ayamaru di Kabupaten Maybrat
Sari
Perolehan hasil belajar siswa di sekolah selalu menjadi pusat perhatian karena merupakan kriteria utama untuk menilai keberhasilan pendidikan di sekolah. Tinggi dan rendahnya perolehan hasil belajar siswa di sekolah tidak muncul begitu saja, tetapi sebagai hasil interaksi dari sejumlah faktor yang mempengaruhi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis rancangan studi kasus tunggal. Kasus dalam penelitian ini individu kepala sekolah pada SMP Negeri 2 Ayamaru di Kabupaten Maybrat. Pelaksanaan penelitian bertempat pada SMP Negeri 2 Ayamaru di Kabupaten Maybrat. Waktu pelaksanaan penelitian direncanakan sejak bulan Juni sampai dengan bulan Oktober 2024. Hasil penelitian 1). Supervisi pengajaran kepala sekolah dilakukan melalui kunjungan kelas sesuai program kerja; berorientasi direktif melalui memberi arahan kepada guru, menganjurkan guru mengikuti standar proses pembelajaran, mendemonstrasikan mengajar yang baik di dalam kelas kepada guru, memberikan penguatan kepada guru; berorientasi kolaboratif melalui membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru, bernegosiasi dengan guru menyajikan. 2). Faktor-faktor yang menunjang supervisi pengajaran kepala sekolah meliputi faktor-faktor yang berasal dari faktor pribadi kepala sekolah yakni motivasi kerja sebagai supervisor, komitmen diri meningkatkan kemampuan mengajar guru, dan tanggung jawab memperbaiki mutu pembelajaran, dan program kerja supervisi serta komitmen meningkatkan mutu pembelajaran. 3) Faktor-faktor yang menghambat supervisi pengajaran kepala sekolah meliputi faktor-faktor yang bersumber dari guru yakni stres kerja guru dan konflik antar guru, tidak menyiapkan atau membuat perangkat pembelajaran yang lengkap, guru-guru yang belum bersertifikat guru profesional, prasarana internet yang tidak mendukung pembelajaran daring.
Kata Kunci : Supervisi Pengajaran, SMP Negeri 2 Ayamaru, Kepala Sekolah
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bafadal, I. 2007. Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Kumpulan Materi Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah Pendidikan Menengah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK.
Creswell, J. W. 2012. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Dama, J. and Ogi, I. W. J. 2018. Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, Jurnal EMBA, 6(1), 41–50.
Fitriyani. 2021. Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Profesional Guru di SMA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id, 11, 970-979.
Gay, L. R., Mills, G. E. & Airasian, P. 2012. Education research: Competencies for analysis and applications. Boston: Pearson.
Glickman, C. D. , Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. 2003. Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. 6th Edition. Boston: Ally and Bacon, Inc.
Gunanto, T. 2020. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajartan melalui Supervisi Akademik secara Berkala di SD Negeri Sikalondang. FITRAH, 2(1) 92-114.
Hariwung, A.J. 1989. Supervisi Pendidikan. Jakarta Depdikbud, P2LPTK
Lengkong, J. S. J. 2023. Supervisi & Evaluasi Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
Lewin, Kurt (May 1943). Defining the field at a given time'. Psychological Review. 50(3): 292–310.
Maisyaroh., Zulkarnain, W., Setyowati, A. J & Mahanal, S. 2024. Pengembangan Model Supervisi Pengajaran untuk Menunjang Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Dasar di Jawa Timur. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas negeri Malang.
Muktar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Nurtain. H. 1989. Supervisi Pengajaran (Teori dan Praktek) Jakarta: Depdikbud.
Pidarta, M. 1986. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Sarana Press
Sagala, S. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung. Alfabeta.
Sahertian, P.A., dan Mataheru, F. 1981. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Soetopo, H., dan Soemanto, W. 1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yahya, Agustin, R & Makhsura, S. 2024. Supervisi Pengajaran Di Sekolah. Jurnal Niara, 16(3) 484-494.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8420
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional