Peran Transformasi Digital terhadap Penguatan Stabilitas Keuangan UMKM di Kota Palopo
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformasi digital terhadap keberlanjutan dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palopo. Melalui pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan 20 pelaku UMKM yang telah menjalankan usaha secara konvensional selama lebih dari lima tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi, melalui penggunaan media sosial dan platform e-commerce, berkontribusi positif dalam memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat visibilitas usaha. Namun demikian, proses transformasi ini menghadapi sejumlah kendala, seperti rendahnya literasi digital, keterbatasan akses pembiayaan, serta minimnya dukungan dan pendampingan kebijakan dari pemerintah. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan digital berbasis praktik, penguatan ekosistem teknologi, dan sinergi lintas sektor guna mendorong digitalisasi yang inklusif dan berkelanjutan bagi UMKM. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan literatur adaptasi bisnis terhadap perubahan digital di tingkat lokal.
Kata kunci: Transformasi Digital, UMKM, E-Commerce, Literasi Digital, Daya Saing.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alisya, N. F. (2023). Strategi Adaptasi Pedagang Pakaian Konvensional Dalam Mempertahankan Kelangsungan Usaha Di Pasar Tradisional Tegal Besar Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 2(2), 22–30. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v2i2.18782
Aningsih, S., Efendi, J., & Purnomo, R. A. (2025). The Digital Customer Journey : Bagaimana Digitalisasi Membentuk Perilaku Nasabah dan Mendorong Pertumbuhan Bisnis Perbankan. 4(3), 637–651.
Arista, et all. (2024). Strategi Inovasi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasi Menthok Bu Roni. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1229
Dinya Solihati, K., Rizki, M., & Sari, N. (2023). The Role of The Government to Improve Financial Literacy in Efforts to Prevent The Use of Illegal Online Loans. KnE Social Sciences, 2023, 670–687. https://doi.org/10.18502/kss.v8i11.13581
Fahmi, et all. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Fahmi, et all. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Produk Fashion Local Brand Erigo dalam Memutuskan Pembelian Online melalui E-commerce Shopee. Journal Of Accounting and Business, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.30649/jab.v2i1.89
Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371
Karim, A., Fadlina, & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 2(19), 12–16.
Khairi, U. A., Hasibuan, N., Zidan, A. P. R., & Suhairi. (2024). Strategi Pemasaran dan Posisi Target sebagai Kunci Keberhasilan Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(204), 9–17.
Kusuma, et all. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Pengembangan Usaha Umkm Ayam Petelur Di Bojonegoro. Jurnal Investasi, 9(4), 237–248. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i4.299
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393
Muntadhiroh, F. A., Nisak, I. L., & Kediri, I. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Platform E-Commerce : Panduan Praktis Membuat Akun Shopee untuk Aries Craft Rajut. 2(3), 628–633.
Mutmainah, et all. (2024). Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Angkringan Sadulur dengan mengoptimalkan pemanfaatan marketplace serta media sosial. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1526–1538.
Nasila, et all. (2024). Strategi Baru dalam Mendukung Kewirausahaan Sosial untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Marginal di. 5(4), 4853–4867.
Palopo, B. K. (2024). Palopo Dalam Angka 2023. https://drive.google.com/file/d/126iVrJC5AuJ-nHcsWUkedWWwcCJPnC4T/view?usp=sharing
Salahudin, S., Wahyudi, W., Ulum, I., & Kurniawan, Y. (2018). Model Manajemen kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Usaha Tepung Tapioka. Aristo, 6(1), 18. https://doi.org/10.24269/ars.v6i1.777
Saputra, W T, 2024. (2025). DAMPAK DIGITALISASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Jurnal Dinamika Sosial Dan Sains, 432–438.
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118.
Sriningsih, et all. (2023). Pendampingan Literasi Keuangan UMKM Era Digital di Daerah Larangan Selatan. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Zakariyah, et all. (2025). Peran Sosial Media Marketing dan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing dan Jangkauan Pasar UMKM di Desa Kedungjambe.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8476
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional