Analisis Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Impulsive Buying Dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Produk The Originote Di Tiktok)

Bulan Tasya Alifia, Ade Parlaungan Nasution, Yona Melia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap impulsive dan kepuasan konsumen, dengan studi kasus pada produk The Originote di platfrom TikTok. Metode penelitian yang adalah kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik online customer review maupun online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying serta kepuasan konsumen. Hal ini menunjjukan bahwa kualitas dan kreadibilitas ulasan konsumen serta penilaian berbintang yang muncul di media sosial berberapan penting dalam membentuk keputusan pembelian secara spontan atau impulsive buying dan mempengaruhi tingkat kepuasan setelah pembelian. Penelitian ini memperkuat peran strategis media sosial, khususnya TikTok, sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk produk kecantikan dan produk perawatan diri seperti The Originote.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alifa, Islah, Normansyah, I. (2020). Pengaruh Sharia Compliance, Good Corporate Governance Dan Kompetensi Amil Zakat Terhadap Pengelolaan Dana Zakat (Studi Kasus Pada Baznas (BAZIS) DKI Jakarta). Metode Penelitian, 32–41.

Alzate, M., Arce-Urriza, M., & Cebollada, J. (2022). Mining the text of online consumer reviews to analyze brand image and brand positioning. Journal of Retailing and Consumer Services, 67(January), 102989. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.102989

Amelia, R., Hou, A., Budiman, I., Tambunan, D., & Novisari, E. (2023). The Effect of Online Customer Reviews and Affiliate Marketing On Impulsive Buying Of Product In The Shopee Marketplace. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 14(4), 1–8.

Amri, S., & Faris, S. (2024). Effects of Customer Review , Price Cuts , Quality of Service and Shopping Lifestyle on Impulse Buying. 14(September), 96–113.

Ana, N. T. (2022). pengaruh ulasan pelanggan online, peringkat dan layanan pelanggan online sebagai pilihan berbelanja di marketplace toko pedia. 2, 252–264.

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132

Arum, R., & Lutfiana, A. (2024). Pengaruh Ulasan & Rating Online terhadap Impulsive Buying dengan Intervening Trust. 4, 9446–9457.

Baihaqi, B. (2023). Mampu Torehkan Transaksi Gemilang, The Originote Raih Penghargaan Brand Choice Award 2023. Neraca.Id.

Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql. Jurnal Media Infotama, 17(1), 54–66. https://doi.org/10.37676/jmi.v17i1.1317

Hidayatulloh, A., Ganinda, F. P., & Nugroho, A. D. (2020). Faktor Yang Mendorong Niat Untuk Social Commerce di Indonesia. Inovasi, 16(1), 90–97.

Hilal, A. K., & Septin Puji Astuti. (2022). the Role of Online Customer Reviews in Increasing Impulsive Purchase of Fashion Products Online With Customer Trust As a Mediator. Journal of Management and Islamic Finance, 2(2), 310–323. https://doi.org/10.22515/jmif.v2i2.5279

Luo, X., Cheah, J. H., Hollebeek, L. D., & Lim, X. J. (2024). Boosting customers’ impulsive buying tendency in live-streaming commerce: The role of customer engagement and deal proneness. Journal of Retailing and Consumer Services, 77. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103644

Maharani. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cheek & Liptint di Shopee Pada Pelanggan Implora Cosmetics di Desa Bangun Sar. 1–85.

Maharani, P. (2024). Pengaruh Customer Review, Affiliate Marketing, Paylater, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Impulse Buying.

Melisa, D., & Damayanti, R. (2022). Impulsive Buying Pada Pengguna E-Commerce Di Kota Surakarta Ditinjau Dari Online Customer Review Dan Website Quality. Jurnal Dimensi, 11(3), 543–554. https://doi.org/10.33373/dms.v11i3.4332

Montag, C., Yang, H., & Elhai, J. D. (2021). On the Psychology of TikTok Use: A First Glimpse From Empirical Findings. Frontiers in Public Health, 9(March), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.641673

Nurhabibah, S., Savitri, C., & Fadilla, S. P. (2022). the Effect of Online Customer Review and Online Customer Rating on Purchase Decisions At Copyright Grafika Store. Jurnal Ekonomi, 11(01), 221–228.

Priangga, I., & Munawar, F. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 19(2), 399–413. https://doi.org/10.33197/jbme.vol19.iss2.2021.815

Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2 SE-Articles), 282–290. https://doi.org/10.35877/454RI.qems921

Pohan, M. Y. A. (2023). Wisata Petualangan: Menguji Faktor Pendorong Niat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata. Jumsi, 5(4), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Rachman, A., Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2024). Analysis of the Influence of Brand Image, Price and Service Quality on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction As an Intervening Variable. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 209. https://doi.org/10.31000/combis.v6i2.11295

Rafa Naufal Hanifah, & Arif Fadila. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada. Public Service and Governance Journal, 4(1), 230–245. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.1012

Rahmawati, Y., Pristiyono, & Gulo, N. A. (2024). Analisis Motivasi Konsumen dan Impulsive Buying dalam Berbelanja Online E-commerce Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 5024–5039.

Risk, P. P., & E-, D. A. N. (2024). JEMPER ( Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan ) STORE PERFORMANCE TERHADAP SATISFACTION. November 2023, 61–72.

Sari, R., & Prabowo, H. (2020). The impact of online customer reviews on consumer purchase intention : A study of E-commerce in indonesia. International Journal of Business and Management.

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Sari, Y. E., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Pt. Bfi Finance Indonesia Tbk Cabang Karawang. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 2064–2079. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.7389

Su, Z., Wu, D., Zhou, Z., Wu, J., & Yin, L. (2023). The Impact of Customer Online Satisfaction on Stock Returns: Evidence from the E-commerce Reviews in China. Huang 2018.

Tian, P., & Yang, Q. (2023). The impact of online customer reviews on product iterative innovation. European Journal of Innovation Management, 5(12), 3364–3372. https://doi.org/10.1108/EJIM-09-2022-0501

Yasshyka, A., Putri, K., Zaini, M., & Mulawarman, U. (2024). The Influence Of Price Perception, Quality Perception, And Store Atmosphere On Impulse Buying And Consumer Satisfaction At Mr. D.I.Y. In Samarinda City. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4400–4413.

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Mirai Management, 1(1), 14–23.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.1.8520

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter