Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) Keripik Pisang Rania Di Desa Pagar Sari Kecamatan Bilah Barat

Wini Winangin Perangin Angin, Zulkifli Musannip Efendi Siregar, Praida Hansyah

Sari


UMKM Keripik Pisang Rania merupakan salah satu usaha makanan ringan yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Penelitian ini menganalisis strategi pengembangan usaha melalului analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara dengan pemilik usaha untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis. Hasil analisis menunjukkan skor IFAS (S – W) = +2,6 dan EFAS (O -T) = +1,45, menempatkan UMKM ini pada Kuadran I SWOT. Posisi ini mendukung strategi agresif, seperti ekspansi pasar, peningkatan kapasitas produksi, dan optimalisasi pemasaran digital, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Azara, R. (2020). Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. In Buku Ajar Manajemen Operasional Dan Implementasi Dalam Industri. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-48-3

Evi Sirait, Bagus Hari Sugiharto, Jenal Abidin, Nely Salu Padang, & Johni Eka Putra. (2024). Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian di Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3816–3829. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i7.4160

Idayu, R., & Husni, M. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. 7(1), 73–85.

Jamaludin, N., Tidjani, S., Permatasari, Y., & Simatupang, A. D. R. (2024). Penentuan Strategi Pemasaran Produk Griya Hasanah BSI KCP Tangerang Villa Melati Mas : Pendekatan Analisis SWOT. 09(02), 281–295. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i02.1419

Kamaluddin, I. (2020). Analisis Swot Untuk Menyusun Strategi Bersaing. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 342–354. https://doi.org/10.31933/JIMT

Kirom, N. R., sudarmiatin, S., & hermawan, A. (2022). E-Commerce Strategy for MSME Innovation Development in the New Normal Era. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 3(1), 169–178. https://doi.org/10.38142/ijesss.v3i1.125

Marnida Marnida, Suwarto Suwarto, & Niar Astaginy. (2023). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Rumah Tangga Dempo Pisang Kecamatan Poleang Timur Kabupaten Bombana. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(4), 158–175. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i4.2166

Maula, N. (2024). Tantangan Dan Masa Depan Industri Batik Tulis Ciwaringin, Cirebon: Analisis Studi Kasus Dengan Menggunakan Teknik Ifas Dan Efas. Creative Research for West Java Development, 10, 51–73.

Mirna Mirna, Jennie Rorensia, Kurniawan, & Indah Noviyanti. (2024). Analisis Swot Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Umkm Juragan Pisang 99 di Pangkalpinang. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 88–101. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.942

Okonkwo, I., & Awad, H. A. (2023). The Role of Social Media in Enhancing Communication and Collaboration in Business. Journal of Digital Marketing and Communication, 3(1), 19–27.

Pratiwi, T. U. (2024). straregi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) untuk meningkatkan.

Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118.

Siti rapi’ah, D. (2024).analisis swot pada usaha mikro kecil dan menengah. 2(5), 104–117.

Sri, Gunawardane, S. P., Dulanjana, K. M., & Siriwardana, D. (2022). Impact of social media on business performance : with reference to small and Impact of social media on business performance : with reference to small and medium enterprises , Western Province , Sri Lanka. Sri Lanka Journal of Social Sciences, December. https://doi.org/10.4038/sljss.v45i1.8310

Suardika, I. K. (2023). Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Melalui Analisis SWOT Pada Usaha Dagang Di Desa Sari Mekar ( Studi Kasus UD Toya Mertaada ). 3(1).

Suryanto, D. (2020). Digital Marketing , Msme Product Marketing Innovation. 1308–1315.

Undang Undang Nomor 20 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).

Vol, A., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). Strategi pengembangan bisnis pada ud. sumber urip. 6(2).

Wahid, M. A., Fathurrobbani, A., Ali, M., & Djanah, M. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Kripik Pisang Coklat Umkm Di Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS), 3(3), 272–283. https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i3.133

Widowati, I., Riany, D. A., & Andrianto, F. (2022). Analisis Swot Untuk Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologika (Jurnal Teknik-Logika-Matematika), 21.

Yusuf Qamaruddin, M., Sapar, S., Risal, M., & Hamid, R. S. (2019). Strategi Siapa Mau Kerja Apa Dalam Pengembangan Model Quadruple Helix Sinergitas Antara Pemerintah, Perguruan Tinggi, Industri, Dan Masyarakat. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 13–23. https://doi.org/10.35906/jm001.v4i2.276




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.1.8539

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter