Peran Mediasi Brand Image Dalam Hubungan Antara Relationship Marketing Dan Digital Marketing Terhadap Customer Loyalty: Studi Kasus Toko Salsa Parfum
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan digital marketing terhadap customer loyalty dengan brand image sebagai variabel mediasi (studi kasus toko salsa parfum). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Pengujian analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS dan partial least square versi 4. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa relationship marketing tidak berpengaruh terhadap customer loyalty, digital marketing berpengaruh terhadap customer loyalty, brand image mampu menghubungkan relationship marketing terhadap customer loyalty, kemudian brand image tidak mampu memberikan hubungan antara digital marketing terhadap customer loyalty dan customer loyalty berpengaruh terhadap brand image
Kata Kunci: Relationship Marketing, Digital Marketing, Customer Loyalty, Brand Image
Abstrack
This study aimed to determine the effect of relationship marketing and digital marketing on customer loyalty with brand image as a mediating variable (case study of the Salsa perfume store), the samples, 97 customers as respondent, were determined using nonprobability sampling. The data collection technique used in this study was a Google form questionnaire, whereas the analysis test used was SPSS and partial least square version 4. The study findings demonstrated that relationship marketing did not influence customer loyalty, while digital marketing did. Then, brand image could connect relationship marketing to customer loyalty, but it could not do the same thing between digital marketing and customer loyalty, loyalty as identified that customer loyalty influenced brand image
Keywords: Relationship Marketing, Digital Marketing, Customer Loyalty, Brand Image
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adirassaty, A., & Keiko Hubbansyah, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Loyalitas KonsumenTiktok Shop Melalui Brand Image Pada Generasi Z. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 138–142.
Amalia Deviyani M Mansur, Yulinda L Ismail, Z. K. A. (2024). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Butik Zahra Collection A. 24(7), 28–42.
Amin Kuncoro, B. S. K. (2017). Journal of Economics and Public Health Volume 1 No 2 , June 2022. 1(2), 59–74.
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). PT. Global Eksekutif Teknologi.
BPOM. (2019). Kosmetik dan Penggunaanya. https://bbpom-yogya.pom.go.id/705-judul-mengenal-kosmetik-dan-penggunaannya.html#:~:text=Definisi kosmetik sesuai dengan Peraturan,membrane mukosa mulut terutama untuk
Business, T. (2020). Spire Insight: Potensi Pasar Kosmetik Indonesia. https://technobusiness.id/insight/ys-insights/2020/10/30/spire-insight-potensi-pasar-kosmetik-indonesia/
Darmoyo, S., & Chandra, M. (2016). Brand Image Sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia. Bina Ekonomi, 20(2), 99–114.
Firmansyah Anang, 144 2019. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Staregy). Manajemen Pemasaran, 141.
Gunawan. (2016). Manajemen Pemasaran Lanjutan. PT Penerbit IPB Press.
Harinie, L. T. et al. (2024). Pemasaran Digital. Penerbit Intelektual Manifes Media.
Harjadi, D., & Karmela Fitriani, L. (2024). Marketing (teori dan kosnep). Pt Arr Rad Pratama.
Indonesia, I. go. i. portal informasi. (2024). Fenomena Cantik Industri Kosmetik. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7804/fenomena-cantik-industri-kosmetik?lang=1
Jefri putri nugraha, dian alfiah, umi rojiati. (2021). teori perilaku konsumen. pt nasya expanding management.
Juanna, A., Monoarfa, M. A. S., Podungge, R., & Tantawi, R. (2024). Identification of Trends in Business Promotion and Marketing Using Video-Based Content on Social Media. Jambura Science of Management, 6(2), 88–103. https://doi.org/10.37479/jsm.v6i2.23966
Karim, R., Wolok, T., & Lesmana Radji, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online di kalangan mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 5–24.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Journal of Marketing (Vol. 37, Issue 1). https://doi.org/10.2307/1250781
Lahay, S. I., & Wolok, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pembalut Wanita Merek Softex (Studi Kasus Pada Kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis , 3(2), 45.
Master, P. (2016). Perfume market: How perfumes became a mainstream element of the cosmetics industry. https://fragrances.bg/blog/perfume-market-how-perfumes-became-a-mainstream-element-of-the-cosmetics-industry/
Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. Jambura, 6(1), 225–241. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Novia, C., Komariyah, K., Purwita, I., & Hasanah, K. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan UKM Keripik Pisang Ibu Nur. Jurnal Pertanian Terpadu, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.36084/jpt..v11i2.528
Poltak, H. et al. (2021). Dasar-dasar manajmen pemasaran (konsep dan strategi pada era digital. cv. media sain indonesia.
Putri, R. V. I., & Rachman, T. A. (2023). Peran Relationship Marketing Dalam Mendorong Peningkatan Customer Value Customer Satisfaction Dan Perceived Service Quality Terhadap Customer Loyalty. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
Ridoanto, T., Mislinawati, & Triaudi, G. (2020). Kepuasan Konsumen. In Pengaruh Pengalaman, Pengetahuan Dan Keterampilan Auditor Terhadap Kualitas Audit. http://repo.darmajaya.ac.id/2870/5/BAB II.pdf
Saksono, A. S., & Untoro, W. (2023). Model Konseptual Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Konsumen Dalam Penggunaan Aplikasi Shopee Di Surakarta Dengan Discount Sebagai Variabel Moderasi. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 360–368. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.141
Santoso, H. B. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Online Promotion Dan Customer Experience Sebagai Variabel Intervening Pada Starbucks Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(1), 1–15.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (Issue July). https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15
Setiabudi, H., Suwono., Setiawan,A,Y., Karim, S. (2025). Analisis Data Kuantitatif dengan Smart Pls.
Siswati, E., Iradawaty, S. N., & Imamah, N. (2020). Customer Relationship Manajement. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2). Redaksi.
Sitorus, S. A., & Al., E. (2020). Brand Marketing: the Art of Branding. In Cv. Media Sains Indonesia (Issue January).
Soetjipto, N. (2014). Relationship Marketing Customer Retention dan Sebagai Jalan Keberhasilan. In Refrensi.
Tjiptono Fandy. (2014). Pemasaran jasa: prinsip, penerapan, dan penelitian. Andi, 2014.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8556
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional