Analisis Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri XYZ
Sari
Terdapat kemungkinan fenomena rendahnya kinerja guru pada SD Negeri XYZ yang dapat dilihat dari penilaian kinerja gurunya yang rendah sekaligus rekapitulasi absensi yang menunjukkan kurangnya kedisiplinan para guru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dari rendahnya kinerja para guru SD Negeri XYZ serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan para guru tersebut guna meningkatkan kinerjanya kembali. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode purposive sampling untuk pengambilan sampel. Terdapat empat informan pada penelitian ini, diantaranya tiga guru P3K dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan kinerja guru rendah adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya dari kepribadian para guru, penguasaan kompetensi guru, dan permasalahan pribadi atau konflik pribadi, sedangkan faktor eksternal diantaranya faktor lingkungan, perubahan kurikulum, konflik kerja, sarana prasarana sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan karakter siswa. Namun di sisi lain, para guru juga memiliki beberapa upaya guna meningkatkan kinerjanya agar lebih baik lagi, seperti mempelajari terkait strategi atau model pembelajaran, mempelajari terkait RPP dan modul ajar, memperbaiki masalah kedisiplinan, serta belajar untuk menguasai karakter siswa secara keseluruhan.
Kata Kunci: Kinerja, Guru.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, M., & Saputra, A, A. (2024). Pemberian Kompensasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 25 Pemulutan Desa Muara Baru Kab. OI. Journal of Educational Management.
Ardiyati, M, B., & Saputra, A, R. (2023). Analisis Kemampuan Kerja, Komunikasi, dan Konflik Kerja-Keluarga terhadap Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.
Aslamiyah, N., & Abun, R. (2023). Profesionalisme Guru Sebuah Tuntutan dalam Era Perubahan sebagai Wujud Penguatan Manajemen Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.
Astri, A., Harjono, A., Jaelani, A, K., & Karma, I, N. (2021). Analisis Kesulitan guru dalam penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar.
Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman.
Frismelly, A., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dirasah.
Gisselawati, D., & Fatonah, N. (2022). Linieritas Pendidikan Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SDN Karang Anyar 03. Jurnal PGMI UNIGA.
Hidayati, R. A. (2022). Peningkatan Wawasan Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Bagi Studentpreneur Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pengabdian Manajemen, 45.
Jainiyah., Fahrudin, F., Ismiasih., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia.
Lintar, H. (2023). Penggunaan Sarana Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Journal of Science Education.
Meirani., & Qoirunnada, W. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multi Disiplin Dehasen.
Mubarokah, L., Azizah, U, N., Riyanti, A., & Nugroho, B, N. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik.
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 101.
Nasrun, M., Basri., & Jam'an, A. (2022). Pengaruh Suasana Lingkungan Kerja dan Gaji Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran IPS di SD Negeri se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Nur, H, M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA.
Nuraeni., & Syihabuddin, S, A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA.
Nurfadhillah, S., Ishaq, A, R., Annisa, M, N., Ragin, G., Fauziah, R., Williah, A., Novianty, W., & Sutisna, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Siswa Lambat dan Cepat Belajar Kelas IV di SDN Kp. Bulak III Pamulan. Jurnal Papeda.
Putri, D. (2023). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di UPTD SDN Banyuajuh 2. Journal of Education for All.
Meirani., & Qoirunnada, W. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Qiyam.
Rahmanto, A. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Guru Melalui Pemberian Reward di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan.
Rahmawati, R., Hazirah, A., Rahmawati, D., Jatiningtyas, R., Larassati, E., Sukardi, R, R., & Yuniarti, Y. (2023). Persepsi Guru terkait Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. Teaching, Learning and Development.
Ramadani, R. (2021). Hubungan Kompetensi dan Karir Guru. Seri Publikasi Pembelajaran.
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan.
Sa'pang, A, W., & Purbojo, R. (2020). Efikasi Diri Guru, Pemahaman Tentang Karakter Siswa, dan Pemahaman Tentang Keterampilan Abad ke-21 Sebagai Prediktor Gaya Mengajar Tipe Fasilitator. Jurnal Psikologi Ulayat.
Saputri, R, D., & Pratikno, A, S. (2024). Analisis Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran.
Steward, S., Ghozali, I., & Putra, Z, A. (2024). Permasalahan Guru Non Pendidikan Seni Musik dalam Materi Pembelajaran Seni Musik di SMP. Jurnal BASICEDU.
Susanti, E., Ahyani, N., & Missriani. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Susmita, N., Agustina., & Juita, N. (2024). Persepsi Guru Bahasa Indonesia tentang Perubahan Kurikulum. Journal on Education.
Sutrisna, V, A., & Rohmadi, S, H. (2024). Optimalisasi Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam.
Ulinniam., Hidayat., Barlian, U, C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Yuaningsih, L. (2020). Penerapan Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bandung. Jurnal Soshum Insentif.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.8777
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional