Analisis Pengaruh Voucher Kupon Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Beo Laundry Jl.Perhubungan Laut Dendang.
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh voucher kupon dan service quality terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jasa Beo Laundry Laut Dendang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Beo Laundry dan mendapatkan sampel sebanyak 169 sampel. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel voucher kupon dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada usaha jasa Beo Laundry Laut Dendang.
Keywords : Voucher Kupon, Service Quality, Loyalitas Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aji, D., Rahman, F., & Anwar, H. (2022). Pengukuran dan Analisis Validitas Instrumen Penelitian. Jurnal Metodologi Penelitian, 8(1), 45-52.
Asosiasi Pengusaha Jasa Laundry Indonesia. (2023). Survei Kepuasan Pelanggan dan Tantangan Usaha Laundry di Indonesia.
Az-zahra D.S, Listyorini S., & Pradhanawati A (2022). Pengaruh Service Quality Dan Service Recovery Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pangkalan Gas Lpg 3 Kg Pt Catur Karya Kota Salatiga). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11, No. 3
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pertumbuhan Sektor Jasa Laundry di Indonesia.
Delia Putri (2023) Pengaruh Harga, Voucher Diskon, dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Layanan Grabfood. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said, Surakarta
Delia Putri. (2020). Pengaruh Harga, Voucher Diskon, dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan. Diakses dari IAIN Surakarta.
Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk,Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741.
Firdaus, G., Purwanti, R. S., & Setiawan, I. (2022). Pengaruh service quality, perceived value, trust, terhadap loyalitas pelanggan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi Tasikmalaya. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1), 45-60.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.
Gita Oktaviani (2019) Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pt. Gita Rifa Express, Universitas Islam Riau, Pekan Baru
Hadi, S., & Sari, I. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Usaha Laundry. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 101-112.
Indrasari, M. (2019). Pengaruh Voucher Diskon terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Ismail, A., & Siddiqui, M. A. (2019). "The Role of Coupons in Consumer Buying Behavior: A Study on Retail Customers." International Journal of Business and Management Invention, 8(5), 1-8.
Jayanti, N. A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh potongan harga, voucher kupon, dan garansi produk terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada pelanggan Toko Quds Textille Kota Malang). Jurnal Ilmu Administrasi dan Bisnis, 9(2), 123-135.
Karuniatama, I. H., Barata, D. D., & Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel Di Indonesia. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 7(1), 28.
Khalid, M., & Misbah, S. (2022). Understanding Research Populations and Samples. Journal of Educational Research and Practice, 12(2), 34-45.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Kumar, V., & Reinartz, W. (2016). Creating Enduring Customer Value. Journal of Marketing, 80(6), 36-68.
Kurniawan, A., & Rahman, F. (2022). "Analisis Tujuan dan Fungsi Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan." Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(2), 130-140.
Mirza, M., & Ali, H. (2020). Strategi E-Commerce Shoppe: Dalam Konteks Bisnis Etik. Jurnal Manajemen, 10(2), 99–104
Nugroho, B. (2021). "Peran Pelayanan dalam Menciptakan Nilai Tambah untuk Pelanggan." Jurnal Studi Manajemen, 5(3), 40-50.
Nur’Aini. A.S , Darpito S.H. &, A.Y.N Warsiki (2022) Pengaruh Service Quality dan Customer Relationship Management terhadap Customer Loyalty yang dimediasi Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 577-592
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.
Putra, R., & Sari, D. (2023). "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan." Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 75-85.
Rukmana, D. (2021). "Analisis Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Industri Jasa." Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 143-158.
Setiawan, A. (2021). "Pengaruh Voucher Diskon terhadap Loyalitas Pelanggan." Jurnal Pemasaran.
Setiawan, J. (2022). Analisis Statistik untuk Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukerta, I. M., Suryawardani, I. G. A. O., & Yasa, N. N. K. (2020). Pengaruh kualitas layanan, citra destinasi, dan kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan pada Desa Wisata Penglipuran. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(7), 251-278.
Syafrida Hafni Sahir (2022) Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. Jogjakarta
Tjiptono, F. (2020). Service, Quality, dan Customer Satisfaction: Konsep dan Aplikasinya dalam Bisnis. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8814
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional