Self Compassion dan Kontrol Diri Pada Mahasiswa Pecandu Minuman Beralkohol
Sari
Penelitian dilaksanakan dalam rangka mencari tahu korelasi antara self compassion sebagai variabel bebas dengan kontrol diri sebagai variabel terikat terutama pada mahasiswa/i dengan perilaku mengonsumsi alcohol. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pecandu minuman beralkohol dengan sampel penelitian sebanyak 31 orang, yang diambil menggunakan pedoman ambang kesalahan 10% oleh Isaac dan Michael (Sugiyono, 2010). Alat ukur penelitian ini menggunakan skala Self Compassion Scale (x) dengan skor α = 0,872 dan skala Brief Self Control Scale (y) dengan skor α = 0,834. Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang secara signifikan positif antara self compassion dan kontrol diri pada mahasiswa pecandu minuman beralkohol, yang dinyatakan oleh hasil uji korelasi yakni 0,836 dengan nilai sig. = 0,000 (p<0,000). Penelitian ini membuktikan bahwa self compassion berpengaruh pada tingkat kontrol diri mahasiswa pecandu minuman beralkohol, yang apabila tingkat self compassion mahasiswa pecandu minuman beralkohol tinggi mendeskripsikan bahwa mahasiswa pecandu minuman beralkohol memiliki kontrol diri yang tinggi
Kata Kunci : Self compassion, Kontrol Diri, Mahasiswa, Pecandu, Minuman Beralkohol
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina W, R., & Tria N, Y. (2021). Kontribusi self compassion terhadap pembentukan psychological well-being (kesejahteraan psikologis) : sebuah studi literatur. Jurnal Riset Psikologi, 1(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2021i1.10754
Agustin, A., Irmayanti, N., Grahani O, F., Dian A, A., & Talita, A. A. (2022). Peran mindfulness terhadap control diri remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 13246-13252. http://eprints.uwp.ac.id/id/eprint/4744
Anggraini, W., Dewi, R., Astuti, W. (2023). Self compassion dan kontrol diri pada remaja pengguna tiktok. Jurnal Penelitian Psikologi: INSIGHT, 1(2), 96-103. https://doi.org/10.2910/insight.v1i1.10517
Arifin, H., H, & Milla, M., N. (2020). Adaptasi dan properti psikometrik skala kontrol diri ringkas versi indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2), 179-195. 10.7454/jps.2020.19
Ariyanto, A., Ismanto, H. S., & Ajie, G. R. (2021). Analisis dampak kecanduan minuman keras pada mahasiswa terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 1-10.
Baumeister, R. F. (2002). Yielding to temptation: self-disclosure failure, impulsive purchasing and customer behaviour. Journal of Consumer Research, 28(4), 670 – 676. 10.1086/338209
Badan Narkotika Nasional. (2016). Hasil survey penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada kelompok pelajar dan mahasiswa di 18 provinsi tahun 2016. Ringkasan Eksekutif Hasil Survei BNN Tahun 2016. Retrieved from http://www.bnn.go.id/_multimedia/document/20170227/ringkasan_eksekutif_rev_cetak_18_feb.pdf
Davis, S. K. ., & Hadwin, A. F. (2021). Exploring differences in psychological wellbeing and self-regulated learning in university student success. Frontline Learning Research, 9(1), 30–43. https://doi.org/10.14786/flr.v9i1.581
Hanifah, L. N. (2023). Kajian literatur: faktor yang mempengaruhi konsumsi alkohol dan dampak alkohol terhadap kesehatan berdasarkan teori perilaku. Media Gizi Kesmas, 12(1), 452-462. https://doi.org/10.20473/mgk.vl2il.2023.453-462
Hidayati F. L., & Izza R, M. (2022). Can self-compassion improve adolescents psychological well-being?, Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2023(2), 226–236. https://doi.org/10.26740/jptt.v14n2.p226-236
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Fadila, K. L. (2018). Hubungan kontrol diri dengan penerimaan diri remaja yang mengkonsumsi minuman keras.
Kevaladandra, Z., & Nurmala, I. (2019). Persepsi kontrol perilaku dalam niat berhenti mengonsumsi minuman beralkohol pada mahasiswa di Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(1), 74-80. https://doi.org/10.30651/jkm.v4i1.2071
Kuserawati, S., & Farida, I. A. (2022). Hubungan antara efikasi diri akademik dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa universitas negeri malang. Jurnal Flourishing, 2(4), 277–290. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v2i42022p277-290
Neff, K. D. (2003). Self-compassion: An alternative conceptualization of a healthy attitude toward oneself. Self and Identity, 2(2), 85-101. https://doi.org/10.1080/15298860309032
Neff, K. D. Hsieh, Y., & Dejitterat, K. (2005). Self compassion, achievement goals, and coping with academic failure. Psychology Press, 4, 263-287. https://doi.org/10.1080/13576500444000317
Neff, K. D., & Vonk, R. (2009). Self compassion versus global self-esteem: two different ways of relating to oneself. Journal of Personality, 77(1), 23–50. doi.org/10.1111/j.1467-649 4.2008.00537.x
Neff, K. D. (2011). Self-compassion: stop beating yourself up and leave insecurity behind. London: Hodder and Stoughton.
Neff, K. D. (2018). Setting the record straight about the self-compassion scale. Mindfullness, 10(1), 200-202.
Manuhutu, V., & Soetjiningsih, C. (2022). Perilaku konsumsi minuman alkohol dan perilaku agresif mahasiswa rantau asal x di salatiga. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6765-6772. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2141
Mamayek, C., Paternoster, R., & Loughran, T. A. (2017). Self-control as self-regulation: a return to control theory. Deviant Behavior, 38(8), 895–916. https://doi.org/10.1080/01639625.2016.1206730
Oktaviani, M., & Cahyawulan, W. (2022). Hubungan antara self compassion dengan resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 141–149. https://doi.org/10.21009/insight.102.06
Ramadhani, A. (2016). Hubungan konformitas dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir yang tidak bekerja. 4(3), 383–390.
Santrock, J. W. (2003). Life-Span Development : Perkembangan MasaHidup. Jakarta : Erlangga.
Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Sugianto, D., Suwartono, C., & Sutanto, S. H. (2020). Reliabilitas dan validitas self compassion scale versi bahasa indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), 177–191. https://doi.org/10.24854/jpu107
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung : Alfabeta, CV.
Suputra, I. K. D., Rahayu, Y. P., & Dianovinina, K.(2021). Self-compassion dan kontrol diri pada anak didik yang melakukan tindakan kriminal. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan , 8(2). 89-101. https://doi.org/10.35891/jip.v8i2.2521
Suputra, I. K. D., Rahayu, Y. P., & Dianovinina, K.(2022). Pengaruh pelatihan self-compassion terhadap kontrol diri anak yang berkonflik dengan hukum. PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi, 11(3), 429-441. 10.30872/psikostudia.v11i3.8218
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self disclosure predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Perspnality, 72(2), 271-324. 10.1111/j.0022-3506.2004.00263.x
Tarigan, S. F. N., Mahdang, P. A., & Bau, N. (2023). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumsi miras pada remaja. JAMBURA: Jurnal of Epidemiology, 3(1), 11-17. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jje
WHO. (2014). Global status report on alcohol and health 2014. Global Status Report on Alcohol, 392. https://doi.org//entity/substance_abuse/publications/global_alcohol_report/en/index.html
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i2.9032
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional