Peran Pemasaran Media Online Berbasis Sosial Media Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM

Nurasmah Nurasmah, Yeye Suhaety

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemasaran media online berbasis sosial media dalam meningkatkan daya saing UMKM, studi kasus pada Rumah Makan NA Karijawa di Dompu-NTB. Menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp secara efektif meningkatkan jangkauan audiens, keterlibatan pengguna, konversi penjualan, dan loyalitas pelanggan. Selain itu, Rumah Makan NA Karijawa berhasil menciptakan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi produk, khususnya pada menu minuman berbahan dasar durian yang unik. Pertumbuhan usaha ditunjukkan melalui peningkatan jumlah pelanggan dan omzet bulanan secara konsisten. Kompetensi kewirausahaan pemilik usaha juga berperan penting dalam keberhasilan strategi digital yang diterapkan. Pemasaran media online berbasis sosial media terbukti memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan visibilitas, pertumbuhan, dan daya saing UMKM secara berkelanjutan di era digital.

 

Kata kunci, Pemasaran Digital, Media Sosial, UMKM, Daya Saing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akerkar, R. (2013). Data Mining: Concepts, Models, Methods, and Algorithms. Springer.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education.

Dellia Mila Vernia, 2017’ (2017) Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Media Sosial Dalam Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), 8(2), Pp. 193–203.

Dellia Mila Vernia, 2017’ (2017) Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Media Sosial Dalam Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), 8(2), Pp. 193–203.

Endrawati, M., & Ahmadi, M. A. (2025). Analisis Pengaruh Pasar, Inovasi Produk, dan Strategi Pemasaran Terhadap Daya Saing UMKM di Pasar Lokal. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 13(7), 141–150. https://doi.org/10.8734/musytari.v13i7.9815

Hadi, S. (2015). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayah, N.; Sari, P.A. dan Ardiyansyah, M. F. (2023). Analisis Peran Media Instagram dalam Peningkatan Penjualan di Platform Shopee pada Tahun 2023. Prosiding Seminar Nasional, 1477–1489.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Lofland, J. (2013). Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis (5th ed.). Wadsworth Cengage Learning.

Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Octory, at al (2024) Penguatan Branding Pelaku UMKM Kuliner melalui Media Digital di Kampung Bencongan , Kabupaten Tangerang.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.

Romindo M Pasaribu Dan Agnes Oktavia, 2021 (2021) ‘Journal Of Economics And’, Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan, 02(01).

Romindo M Pasaribu Dan Agnes Oktavia, 2021 (2021) ‘Journal Of Economics And’, Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan, 02(01).

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2015). Social Media Marketing. Sage Publications.

Yusuf, R. M., & Farid. (2022). Kewirausahaan dan Daya Saing UKM. Jakarta: Penerbit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9443

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter