Pengaruh Experiential Marketing Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Pt. Victory Jayatama Sempurna Medan

Victor Victor, Huliman Huliman, Melisa Lesley

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Experiential Marketing dan Relationship Marketing terhadap Keputusan Pembelian konsumen di PT. Victory Jayatama Sempurna Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 76 responden pelanggan setia perusahaan tersebut menggunakan metode purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa kedua variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,62 menunjukkan bahwa 62% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, sementara 38% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.

 

Kata Kunci: Experiential Marketing, Relationship Marketing, Keputusan Pembelian

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, D. D., Sari, A. P., & Sari, M. H. N. (2020). Kewirausahaan dan Bisnis Online. Penerbit Yayasan Kita Menulis. Medan.

Banjarnahor, Astri Rumondang, Bonaraja Purba, Andriasan Sudaro, Syafrida Hafni Sahir, et al. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Deni Kurniawan Yusuf (2019). Pengaruh Customer Delight, Experiential Marketing, Service Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Street Pada PT. Mpm Simpang Dukuh Surabaya.

Dini Asraini (2019). Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Nusantara Surya Saktu Sumbawa.

Firmansyah, A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Penerbit Deepublish Publisher, Yogyakarta.

Harjadi, Dikdik dan Arraniri, Iqbal (2021). Experiential marketing & Kualitas Produk Dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grasindo.

Hidayat, Nurul, Syamsuddin, Nurul Aziz Pratiwi, Nyimas Desy Rizkiyah, Nana Nawasiah, Roudlotul Badia’ah, Muhammad Prasha Risfi Silitonga, Euis Ajizah, Dirarini Sudarwadi, dan Anwar. (2024). Manajemen Operasi dan Produksi. Kepri: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Ismail dan Bambang Triyanto. (2020). Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi): Suatu Pedoman. Klaten: Lakeisha.

Kurnia, Dedeh. (2024). Kepuasan Konsumen : Studi Terhadap Word Of Mouth, Kualitas Layanan Dan Citra Merek. Banten: Bitang Sembilan Visitama.

Kurniullah, A. Z. (2021). Kewirausahaan dan Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Lotte, Luckhy Natalia Anastasye, Purna Irawan, Zunan Setiawan, Dyah Sri Wulandari, Rosnaini Daga, Sri Syabanita Elida, Aditya Pandowo, Frans Sudirjo, Dedi Herdiansyahm Muliyati dan Allicia Deana Santosa. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.

Mustafa, Pinton Setya, Hafidz Gusdiyanto, dan Andif Victoria. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Novia, Ema Ainun, Woro Isti Rahayu dan Cahyo Prianto. (2020). Sistem Perbandingan Algoritma K-Means dan Naïve Bayes Untuk Memprediksi Prioritas Pembayaran Tagihan Rumah Sakit Berdasarkan Tingkat Kepentingan. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Priyatno, Duwi. (2020). SPSS : Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Purnomo., Rochmat Aldy. (2019). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press.

Qamar, N., & Farah, S. R. (2020). Metode Penelitian Hukum Doktrinal dan Non Doktrinal. Makssar: Social Politic Genius.

Rahayu, Siti Kurnia. (2021). Perpajakan, Konsep, Sistem, dan Implementasi. Bandung: Rekayasa Sains.

Rico F. Kasakeyan, Hendra N. Tawas, Jane G. Poluan (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado.

Riyanto, S., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantiatif di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rusman, M. R. (2020). Budaya dan Kontrasepsi. Pasuruan: Qiara Media.

Saleh, Y. M., dan Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: Sah Media.

Saodin, Nyoman Nerson, Ayu Balqis, Adistira dan Ardinal Dwianto (2022). Pengaruh Experiential Marketing, Perceived Quality dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luwak White Koffie.

Sawlani, Dhiraj Kelly. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Setyadi, Sugeng dan Deris Desmawan. (2021). Analisis Ketimpangan pembangunan dan Alokasi Belanja Kesehatan Terhadap Indikator Kesehatan pembangunan Manusia (Metode Baru) Seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sugiarti, Eggy Fajar Andalas dan Arif Setiawan. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. (2020). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Supriadi, Iman. (2020). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Syawaludin, M. (2020). Sosiologi Perlawanan.Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Veron, & Victor. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pedagang Kuliner Di Asia Mega Mas Medan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, *12*(1), 49–57.

Victor, & James Yu. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Keriting Medan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, *12*(1), 117–126.

Wahyudi, S. T. (2020). Statistika Ekonomi : Konsep, Teori dan Penerapan. Penerbit UB Press. Jakarta.

Wangsa, I. N. W., Gede Bayu Rahanatha, Ni Nyoman Kerti Yasa dan I Made Dana. (2022). Promosi Penjualan Untuk Membangun Electronic Word of Mouth dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Klaten: Lakeisha.

Yunita Haris (2018). Pengaruh Penerapan Relationship Marketing dan Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Pada PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) di Kota Makassar.

Yusuf, M., dan Lukman, D. (2019). Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi Dalam Bidang Perikanan. Bogor: IPB Press.

Yusup, Dede. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Agrowisata Kampoeng Jamboe Terhadap Word of Mouth Pengunjung. Skripsi STIA Banten.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9444

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter