Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Skincare Skintific (Study Pada Konsumen Skincare Skintific Di Kalianda)
Sari
Industri skincare telah menjadi salah satu sektor paling dinamis dalam industri kecantikan global, termasuk di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, pasar skincare Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perawatan kulit, terutama di kalangan generasi milenial dan Gen Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada Konsumen Skincare Skintific Di Kalianda, populasi pada penelitian ini adalah Konsumen Skintific Di Kalianda dan sampel pada penelitian sebanyak 105 responden, uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (H1) Nilai thitung 12,219 > ttabel 1,659 artinya variabel Pengalaman Pelanggan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan, (H2) Nilai thitung 3,602 > ttabel 1,659 artinya Nilai Pelanggan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan, (H3) nilai fhitung 46,721 > ftabel 3,09 artinya Pengalaman Pelanggan dan Nilai Pelanggan secara simultan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Skincare Skintific Di Kalianda.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Pengalaman Pelanggan dan Nilai Pelanggan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif terhadap terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Skincare Skintific Di Kalianda.
Kata Kunci: Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anisa, A. R., & Oktini, D. R. (2020). Pengaruh customer experience terhadap customer loyalty pada Warunk Upnormal cabang Buah Batu Bandung
Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (2021). Business essentials (12th ed.). Pearson Education.
Euromonitor International. (2023). Indonesia Skincare Industry Outlook.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Haque-Fawzi, M.G., Iskandar, A.S., Erlangga, H., Nurjaya, H. (2022). Strategi pemasaran: konsep, teori, dan implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Hijjah, R., & Ardiansari, A. (2015). Pengaruh customer experience dan customer value terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction. Jurnal Administrasi Bisnis,
Husen, S., Wijaya, M., & Pratama, A. (2021). Tujuan dan manfaat customer experience dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 8(2), 145-156.
Japarianto, E., & Nugroho, B. W. (2020). Analisa customer experience terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia.
Karuniatama, R., Sari, D., & Yuliana, I. (2020). Pengaruh customer experience dan customer value terhadap customer loyalty pada sektor ritel. Jurnal Pemasaran Modern, 10(2), 140-153.
Kotler, Keller, & Chernev. (2022). Marketing Management. United States: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kumar, V., & Kaushik, A. K. (2022). Customer Experience and Customer Value as Drivers of Loyalty in Skincare Brands. Journal of Retailing and Consumer Services.
Kumar, V., Shah, D., & Srinivasan, S. (2018). Customer value and loyalty in the skincare industry. Journal of Marketing Research, 55(3), 503-515. https://doi.org/10.1509/jmr.15.0576
Kumar, V., Shah, D., & Srinivasan, S. (2021). Customer experience management in the age of artificial intelligence. Wiley
Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding Customer Experience throughout the Customer Journey. Journal of Marketing, 80(6), 69–96.
Maklan, S., & Klaus, P. (2021). Customer Experience: Are We Measuring the Right Things?. International Journal of Market Research.
Manurung, W. A., & Zuliestiana, D. A. (2020). Pengaruh customer experience dan customer value terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction pada Dunkin' Donuts 2019. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(3), 215-230.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2017). Consumer behavior (10th ed.). Pearson Education.
Müller, J., Fries, A., & Gedenk, K. (2020). Willingness to Pay for Skincare Products: The Role of Customer Value. Journal of Cleaner Production.
Munwaroh, E., & Riptiono, R. (2021). Konsep customer experience dan aplikasinya dalam strategi pemasaran. Jurnal Pemasaran, 16(1), 56-68.
Nafiah, E., & Trihudiyatmanto, A. (2021). Pengaruh customer loyalty terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 132-142.
Nevita Desmi Ristia, N., & Marlien, M. (2022). Customer experience dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(3), 124-135.
Nguyen, T. T., Simkin, L., & Canh, N. T. (2020). Customer value and its influence on customer satisfaction. Journal of Strategic Marketing, 28(4), 357-372. https://doi.org/10.1080/0965254X.2020.1750245
Nurdianty, A., Rasyid, A., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2), 123–135.
PRADHITA, RINDY. (2022). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING BUTIK PLUS GALLERY MEDAN. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/17231/1/178320047%20-%20Rindy%20Pradhita%20Fulltext.pdf
Purnama, E. (2019). Dimensi loyalitas pelanggan dalam industri jasa. Jurnal Pemasaran Jasa, 8(1), 101-114.
Ratnasari, N. (2015). Customer value dalam perspektif pemasaran. Jurnal Ekonomi Pemasaran, 8(2), 98-110.
Safitri, A., & Nurdiningsih, D. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value terhadap Customer Loyalty pada Konsumen Skincare Skintific. Jurnal Ekonomi Efektif
Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2020). Perilaku konsumen (5th ed.). Andi Publisher.
Septian, R., Sari, D., & Alamsyah, F. (2021). Customer experience dan pengaruhnya terhadap persepsi kualitas dan kepuasan pelanggan. Jurnal Pemasaran Indonesia, 14(1), 112-125.
Simanjuntak, Y., & Purba, H. (2020). Pengertian customer experience dan aplikasinya dalam dunia bisnis. Jurnal Pemasaran, 19(2), 123-136.
Sudirman, Indriyanty., & Musa, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN. Intelektual Karya Nusatara.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (4th ed.). Alfabeta.
Suhendra, P., & Yulianto, I. (2017). Konsep customer value dalam strategi pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 73-85.
Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran (5th ed.). Andi Publisher.
Tjiptono, F. (2022). Strategi pemasaran (5th ed.). Yogyakarta: Andi.
Tobing, F., & Ngatindriatun, R. (2019). Pengertian dan pentingnya loyalitas pelanggan dalam strategi pemasaran. Jurnal Pemasaran Indonesia, 16(3), 210-220.
Wardaya, Eka. P. (2017). Pengaruh customer experience terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction dan customer trust pada pelanggan bengkel Auto 2000 di Surabaya
Yusuf Saleh , S.E., M.Si., M., & Said, S.E., M.Si, M. (2019). Konsep dan strategi pemasaran. CV SAH MEDIA, Makasar
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9460
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional