Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pratama Laundry Kolaka Menurut Perspektif Ekonomi Syariah
Sari
Mengingat tingginya tingkat persaingan jasa laundry dan pesatnya pertumbuhan industri di Indonesia, tidak heran jika banyak masyarakat yang membuka usaha laundry. Namun, hal ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi bisnis laundry di Indonesia. Akibatnya para pelaku usaha harus mempertahankan faktor-faktor yang tentunya berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu faktor seperti kualitas pelayanan, lokasi dan harga akan disubtitusikan menjadi hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan pada salah satu laundry yakni Pratama Laundry Kolaka. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pratama Laundry Kolaka Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Pendekatan penelitian ini yakni menggunakan metode campuran (mixed method) dan jenis penelitian survei dengan menggunakan 50 sampel dari pelanggan Pratama Laundry Kolaka. Hasil penelitian ini berdasarkan serangkaian uji yang telah dilaksanakan membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan, lokasi dan harga dengan penjabaran nilai perolehan dengan menjadikan nilai Sig t ≤ 0,05 yakni 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dinyatakan dalam penelitian ini pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan harga berpengaruh secara parsial maupun simultan. Hasil dari wawancara perspektif ekonomi syariah bahwasanya pelanggan merasa puas dari segi kualitas pelayanan, lokasi dan harga yang diberikan oleh Pratama Laundry Kolaka karena sesuai dengan syariat-syariat Islam.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga, Kepuasan Pelanggan, Pratama Laundry Kolaka
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, Anita. 2021. “Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, Vol. 1, No. 2
Ahmar, Muh. Rezaldy. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Sawerigading Laundry Kota Palopo”. Palopo: IAIN Palopo. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Amran, Nurkhovivah. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rofina Laundry di Kecamatan Sinjai Utara”, Skripsi, (Sinjai: Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai.
Aulia, Afianda Ghinaya. 2021. “Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan menurut Hadis”, Jurnal Riset Agama, Vol. 1, Nomor. 1
Daga, Rosnaini. 2017. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan, Cet I ; Makassar: Global Research Consulting Institute.
Damanik, Muhammad Zein. 2024. “Dalil Jujur Dalam Perkataan Dan Perbuatan” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 Nomor. 1.
Fitriyani, Sandra, dkk. 2021. “Pemilihan Lokasi Usaha dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro dan Kecil”, Journal Management Insight, Vol.13, Nomor 1.
Indrasari, Meithiana.2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, Cet I;Surabaya: Unitomo Press
Kaligis, Jenny Nancy. 2023. Peluang Usaha Laundry dan Strategi Pemasarannya Cet I; Cirebon: PT Arr Rad Pratama.
Lestari, Ratna Puji. 2023. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi, terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Laundry”, Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri. Skripsi. Tidak dipublikasikan.
Luthfi, Ahmad dkk. 2022. Metode penelitian Ekonomi, Cet I;Solok: PT. Insan Cendekia Mandiri.
Purbohastuti, Arum Wahyuni. 2021. “Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret”, Jurnal Sains Manajemen, Vol. 7 Nomor 1
Raintung, Ria, dkk. 2021. “Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Glad Beauty Care Manado” Jurnal Productivity, Vol. 2, Nomor. 2.
Razali, Geofakta dkk. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Cet I; Bandung: Media Sains Indonesia.
Rohali, Asep Jalaludin. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee Shop Suaco Malang”, Skripsi, (Malang: Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim
Safir, Sheila Dzikrina. dkk. 2024. “Perbandingan Metode Support Vector Machine dan Long Short Term Memory dalam Prediksi Pendapatan Usaha Laundry (Studi Kasus BLA Laundry, Mustika Jaya, Bekasi)”, Jurnal Seminar Nasional Rekayasa, Sains dan Teknologi, Vol.IV. Nomor 1.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9564
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional