PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KOMITMEN ORGANISASI DAN PERILAKU ETIS KARYAWAN TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA

Rini Sulistiyant, Syahidah Rahmah, Ainun Arizah

Sari


Abstrak
Pengaruh Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi dan Perilaku Etis Karyawan Terhadap Pencegahan Fraud pada PT. Bank BRI Makassar
Penelitian ini bertujuan : (1) Menganalisis pengaruh pengendalian internal terhadap pencegahan fraud pada PT. PT. Bank BRI Makassar. (2) Menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap pencegahan fraud pada PT. PT. Bank BRI Makassar. (3) Menganalisis pengaruh perilaku etis karyawan terhadap pencegahan fraud pada PT. PT. Bank BRI Makassar.

Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada 60 orang karyawan PT. PT. Bank BRI Makassar. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 22.00.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengendalian internal mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud pada PT. PT. Bank BRI Makassar. (2) Komitmen organisasi mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pencegahan fraud pada PT. PT. Bank BRI Makassar. (3) Perilaku etis karyawan mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pencegahan fraud pada PT. PT. Bank BRI Makassar.

Kata kunci : Internal Kontrol, Konmitmen Organisasi, Perilaku Etis karyawan, dan Pencegahaan Fraud

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin Widjaja Tunggal.2009.Akuntansi Manajemen.Harvindo.Jakarta.

Arens. A Alvin., Eldar. J Randal., Beasley. S Mar, (2015), Auditing & Jasa Assurance, Erlangga edisi 15, Jakarta

Allen & Meyer, (1997). Commitment In The Workplace (Theory, Research and Application). Sage Publication London.

Ni Putu Metta Gaurina, (2017), Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Etis Dan Whistleblowing System Terhadap Pencegahan Fraud (Studi Kasus Pada Bali Hai Cruises), Universitas Pendidikan Ganhsa, Bali

Purnawati dan Yuniarta, (2016), Determinan Kinerja Karyawan Studi Pada Sektor Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali

Peraturan Bank Indonesia, (2003). Surat Edaran Bank Indonesia. Jakarta

Ricky Griffin dan Ronald J. Ebert. (2006). Pengantar Bisnis Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.

Suartana, I Wayan, (2010), Akuntansi Keprilakuan Teori dan Implementasi, Andi, Yogyakarta

Verissimo Nai Sia, 2019, Penerapan Model Coso Untuk Peningkatan Fungsi Pengendalian Internal Studi Kasus Agency Administracao De Aeroporto E Nevagacao Aerea De Timor-Leste, Surabaya, Universitas Airlangga.

Yuliana Anisya, (2016), Pengaruh Keadilan Organisasi, Sistem Pengendalian Interen, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kecurangan (Fraud). Studi Empiris Pada Kantor Cabang Utama Bank Syariah di Kota Pekanbaru, JOM FEKON, Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.961

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter