Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Serum Power Bright Expert Merek X Untuk Kulit Berminyak
Sari
Media sosial Instagram sebagai platform yang menyediakan informasi kini berperan penting dalam membentuk preferensi dan keputusan pembelian konsumen, termasuk dalam bidang kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian serum Power Bright Expert merek X untuk kulit berminyak pada mahasiswa D4 Kosmetik dan Perawatan Kecantikan Universitas Negeri Jakarta angkatan 2021–2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan metode survei dengan pendekatan crossectional, teknik pengambilan sampling yaitu sampling jenuh, diperoleh 42 responden yang sesuai kriteria penelitian dari populasi yang sudah disaring sesuai kriteria penelitian melalui pra survei . Analisis data dilakukan secara statistik menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan pehitungan uji-t diperoleh bahwa media sosial Instagram berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian serum dengan nilai signifikansi <0,001 sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,719 menunjukkan bahwa 71,9% keputusan pembelian dipengaruhi oleh media sosial Instagram, sementara sisanya 28,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi intensitas konten promosi dan kualitas interaksi di media sosial Instagram, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian serum Power Bright Expert merek X untuk kulit berminyak.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Keputusan Pembelian, Serum Kulit Berminyak
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdatillah, A. & Hamida, U. D. (2022). Peran Promosi Online Shop Instagram dalam Menarik Minat Beli Produk Skincare di KDKoreamask Kediri. Istithmar, 6(2), 84-95.
Cahyani, P. S., & Wardhani, M. (2025). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Penjualan Serum Hanasui. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 5(1), 162-176.
Delima, S. M., Wati, L., & Salsabil, L. S. (2023). Pengaruh Motif Penggunaan Instagram@ Kalasemi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Skincare. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2).
Juliana, R., Bakar, R. M., Hamid, A. N. (2023). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(6):1067–1079.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. Pearson.
Kurniawati, T. Y., & Susilowati, I. H. (2025). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awereness dari Dr. Detektif terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Serum Hanasui di Jakarta Barat. Jurnal Semesta Ilmu Manajemen dan Ekonomi, 1(3), 286-304.
Kussudyarsana, K. & Rejeki, L. (2020). Pengaruh media sosial online dan media promosi offline terhadap pemilihan merek produk skincare dan klinik kecantikan. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(1), 1–11.
Manikonda, L., Hu, Y., & Kambhampati, S. (2014). Analyzing user activities, demographics, social network structure and user-generated content on Instagram.
Mark Plus Inc Zap, 2019, Zap Beauty Index 2020: Beauty Beyond Words. Zap Clinic. Jakarta.
Miranda, S. & Lubis Elysa, E. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa FISIP Riau, 4(1), 1–15.
Putri, C. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen cherie melalui minat beli. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 1(5), 594-603.
Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/. Diakses 3 Februari 2025.
Siregar, L. Y. & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i3.9663
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional