PENGARUH KEPERCAYAAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA MOBILE BANKING DI ERA PANDEMIK COVID-19 (Studi Bank BNI Cabang Makassar)

Ahmad Dzul Ilmi Syarifuddin

Sari


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap tingkat kepuasan nasabah mobile banking saat terjadi pandemi Covid-19 di BNI Cabang Makassar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan metode deskriptif. Kemudian, penelitian menggunakan sampel yang ditargetkan berjumlah 100 orang, dengan tujuan untuk memahami dampak kualitas layanan terhadap kepercayaan nasabah mobile banking selama pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan instrumen skala pengukuran likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis regresi sederhana. Dari hasil analisis yang ditemukan bahwa variable kepercayaan dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 Hal ini berarti Kepercayaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah, Kepercayaan nasabah paling banyak dipengaruhi oleh dari segi fasilitas mobile banking karena memudahkan akses jalan untuk bertransaksi. Untuk itu layanan mobile banking menjadi daya tarik yang lebih besar kepada nasabah melakukan transaksi di era pandemik covid-19.
Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, Mobile Banking.

Abstract
This research aims to determine the influence of trust on the level of satisfaction of mobile banking customers during the Covid-19 pandemic at BNI Makassar Branch. This research method uses quantitative research and descriptive methods. Then, the study used a targeted sample of 100 people, with the aim of understanding the impact of service quality on the trust of mobile banking customers during the Covid-19 pandemic. The data collection method used is a questionnaire with a likert measurement scale instrument. The data analysis techniques used in this study include simple regression analysis. From the results of the analysis found that variable trust with a significance level of 0.000 smaller than 0.05 This means that Trust has a positive effect on Customer Satisfaction, Customer trust is most influenced by in terms of mobile banking facilities because it facilitates road access to transact. Therefore, mobile banking services become a bigger attraction for customers to make transactions in the era of the covid-19 pandemic.

Keywords: Trust, Customer Satisfaction, Mobile Banking.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Razak Munir, Abdul Razak Munir. 2013. “Acceptance of Mobile Banking Services in Makassar: A Technology Acceptance Model (TAM) Approach.” IOSR Journal of Business and Management 7 (6): 52–59. https://doi.org/10.9790/487x-0765259.

Aziroh, Mahmudatus Sa’diyah dan nur. 2013. “Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Muslim Pengguna Mobile Banking Di Bank Muamalat Indonesia.” Equilibrium 1 (1).

Ekki Septiano Prakoso. 2021. “Dampak Corona (Covid 19) Terhadap Perekonomian Di Indonesia.” Kumparan. 2021. https://kumparan.com/ekiseptiano2018/dampak-corona-covid-19-terhadap-perekonomian-di-indonesia-1uul5eunIG9/full.

Ellen Sheng. 2020. “Coronavirus Crisis Mobile Banking Surge Is a Shift That’s Likely to Stick.”

Fahrika, A Ika, and Juliansyah Roy. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Makro Ekonomi Di Indonesia Dan Respon Kebijakan Yang Ditempuh The Impact of the Covid-19 Pandemic on Macroeconomic Developments in Indonesia and The Policy Response Taken.” Inovasi 16 (2): 206–13.

Fandy Tjiptono. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.: Andi Ofset.

Handayani, Ratih Fatmawati dan jati. 2015. “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, DAN NILAI NASABAH TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT BANK BRISYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU UNGARAN.” Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah 5 (1).

Kinasih, Bondan Satrio, and Albari Albari. 2012. “Pengaruh Persepsi Keamanan Dan Privasi Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Online.” Jurnal Siasat Bisnis 16 (1). https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss1.art3.

Letic, Jovana. 2020. “Mobile Banking Statistics: The Future of Money Is in the Palm of Your Hand.” DataProt. 2020.

Maulana, Rian, Iskandar Iskandar, and Masrura Mailany. 2019. “Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Technology Acceptance Model.” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2 (2): 146. https://doi.org/10.22373/cj.v2i2.4161.

Purbasari, Dewi Maharani, and Dewi Laily Purnamasari. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang” 2 (202): 43–54.

Sukma, Amaliana. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Pt. Bprs Suriyah Kantor Pusat Cilacap.” Amaliana Sukma 3 (1): 33–54.

Sumadi. 2020. “Menakar Dampak Fenomena Pandemi Covid-19 Terhadap Perbankan Syariah.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, no. 1: 145. https://doi.org/10.30595/jhes.v0i1.8761.

Utami, Meliana, Tati Handayani, and Pusporini. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah.” Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah 2: 170–78. https://www.google.com/search?safe=strict&tbm=bks&sxsrf=ALeKk03-FAA6PVAc0zcDWNvI9mg1Oq3KWA%3A1598488536484&ei=2P9GX9mPHZjt9QOv1pHAAg&q=%28Rusydi%2C+2017%3A39%29.&oq=%28Rusydi%2C+2017%3A39%29.&gs_l=psy-ab.3...3623.4616.0.5617.2.2.0.0.0.0.87.87.1.2.0....0..

Wardhana, Aditya. 2015. “Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Di Indonesia.” DeReMa (Development Research of Management) Jurnal Manajemen. https://doi.org/10.19166/derema.v10i2.164.

Welim, Yohannes Yahya, and Ahmad Arifin. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah.” Prosiding SENTIA 8: 1–5.

Wiji Nurastuti. 2011. Teknologi Perbankan. Jakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i1.967

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter