PENGARUH BRAND IMAGE DAN LIFE STYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIOAMI PADA WILAYAH KABUPATEN KARAWANG

Reza Zamzuri, Eman Sulaeman

Sari


Diera zaman sekarang dimana semua sudah modern, canggih dan serba cepat dengan apapun mudah dicari apa yang kita inginkan melalui teknologi smartphone. Saat ini smarthphone sudah menjadi kebutuhan sehari hari dimana hampir semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sudah menggunakannya untuk mereka berkomunikasi. Brand (Merek) merupakan salah satu aset tidak berwujud dan merupakan aset paling penting bagi perusahaan karena merupakan dasar keuntungan yang kompetitif dan sumber pendapatan yang akan datang. Smartphone bukan hanya sebagai kebutuhan primer saja namun ada beberapa kalangan menjadikan pemakaian smartphone sebagai Gaya hidup (Lifestyle). Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image dan Life Style secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi pada wilayah Kab Karawang, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image dan Life Style secara Parsial terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi pada wilayah Kab Karawang. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian ini sebanyak 400 sampel dengan menggunakan teknik sampling non probability sampel dengan porposive sampling. Teknik Analisa data Yang digunakan yaitu teknik analisa Jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan anatara variabel Brand Image dan Life Style terhadap Keputusan Pembelian, terdapat pengaruh parsial yang positif dan signifikan variabel Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian,terdapat pengaruh parsial yang positif dan signifikan variabel Life Style Terhadap Keputusan Pembelian.

Referensi


Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa

Daryanto dan Farid, 2013,Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2), PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. MANAJEMEN: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Aksara.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Kottler dan Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta : Erlangg.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga

Lovelock, Christopher, dan Wright, K.L. 2007. “Manajemen Pemasaran Jasa”. PT. Indeks, Jakarta.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Supranto. Limakrisna, 2011, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta.

Mowen. H. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I. Penerbit. Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2015 . Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Astri Rumondang, Acai Sudirman, Samsider Sitorus, Aditya Halim Perdana Kusuma, Melda Manuhutu, Andriasan Sudarso, Janner Simarmata, Dian Hasdiana, Tasnim Tasnim, Nina Fapari Arif. Perilaku Konsumen di Era Digital,2020/https://books.google.co.id/url?client=ca-print-otter_S15JUU9&format=googleprint&num=0&id=XvsAEAAAQBAJ&q=http://www.kitamenulis.id&usg=AOvVaw1AJEb5oQVsxMF9bVdCd9gO&source=gbs_buy_r

Skripsi dan Jurnal :

Arif Wicaksono Suharyono dan Edriana Pangestuti, Fakultas Ilmu Administrasi Univеrsitas Brawijaya Malang, Pengaruh International Brand Image Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Iphone Di Indocell Malang)

Basrah Saidani, Dwi Raga Ramadhan jurusan Fakultas Ekonomi, Program Studi S1 Manajemen, Universitas Negeri Jakarta, Pengaruh Iklan Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Seri Galaxy (Survei Pada Pelanggan Itc Roxy Mas)

Hana Fitriandhito,Arini Hidayah S.E,.M.si. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwekerto, Analisis Pengaruh Gaya Hidup,Brand Image Dan Word Of Mounth Terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone (Pada Mahasiswa Di Purwekerto)

Misbahun Nadzir, Tri Muji Ingarianti Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang, Psychological Meaning Of Money Dan Gaya Hidup Hedonis Remaja Di Kota Malang.

Salim, Agus, 2011. “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis Android”, Jurnal Manajemen Pemasaran Institut Bisnis dan Informatika Indonesia. Volume 18 Nomor 2 hal 108.

Widowati Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Indah Fatmawati

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, The Influence Of Hedonic Lifestyle, Shopping Addiction, Fashion Involvement On Global Brand Impulse Buying

Wahyu Eka Wingsati,Dorojatun Prihandono Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia, Pengaruh Penanganan Kegagalan Layanan, Kepercayaan, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen

Internet :

https://www.statista.com.

(Diakses pada 20 September 2020, pukul 19.00 wib)

https://www.techinasia.com/indonesia-worlds-fourth-largest-smartphone-2018-surpass-100-million users

(Diakses pada 20 September 2020, pukul 20.00 wib)

http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2105

(Diakses pada 27 September 2020, pukul 22.00 wib)

https://tekno.kompas.com/image/2021/02/24/19010007/5-besar-vendor-smartphone-global.

(Diakses pada 16 Oktober 2020, pukul 20.00 wib)




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1424

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics