Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Perusahaan Jasa Pengiriman JNE Sub Agen Soppeng

Nurmilasari Nurmilasari, Suhairi Suhairi, Puji Rahmah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Jasa Pengiriman JNE Sub Agen Soppeng dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa Pengiriman JNE Sub Agen Soppeng di Kabupaten Soppeng. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah dengan teknik purposive random samping dimana peneliti menentukan sampelnya dari konsumen yang datang di jasa Pengiriman JNE Sub Agen Soppeng pada saat peneliti melakukan penelitian. Pemilihan sampel adalah konsumen yang menggunakan jasa Pengiriman JNE Sub Agen Soppeng. Adapun besarnya sampel yang digunakan berdasarkan rumus adalah 98 responden. Temuan dalam penelitian ini adalah Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kualitas pelayanan memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Jasa Pengiriman JNE Sub Agen Soppeng.

Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Algifari, 1997, “Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis”, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Basu Swastha Dharmestha, 1999, Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Peneliti, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No.3, 73-88.

Consuegra, et al. 2007. An Integrated Model Of Price, Satisfaction and Loyalty:An Empirical Analysis In The Service Sector. Emerald GroupPublishing Limited.Journal of Product and Brand Management, Volume 5(13), pp. 5118-5126, 4 July, 2011

Engel, J.F, Blackwell, Rd dan Miniard, DW. (1995). Perilaku Konsumen. Terjemahan. Jilid 1. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Griffin R. W. 2003. Management Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. 2005. Management Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Handoko, Hani T., 1987. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Liberty: Yogyakarta.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Edisi 1. Bandung: Alfabeta.

Koppale K, Preveen, and Lehman Donald R. 1995. “The Effects of Advertised Quality on Expectation about New Product Quality. Journal of Marketing Research. Vol. XIV, march.

Kotler, Philip, 1995, “Manajemen Pemasaran – Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”, Jilid 1 – 2, Edisi Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Krajewski, Lee J. Dan Ritzman, Larry P. 1990.Operations Management : Strategy and Analysis, 2nd Edition. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Salemba Empat

Lutfiana, Astri Ayu, Saryadi dan Andi Wijayanto.2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Merek Aqua. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Mela, Carl F., Sunil Gupta and Donald R. Lehmann. 1997. The Long Term Impact of Promotion and Advertising on Sunsumer Brand Choice, Journal of Marketing Research. Vol XXXIV. P. 248 – 261

Nursalam. (2003). Manajemen keperawatan: aplikasi dalam praktik keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika

Ratminto dan Winarsih Atik Septi. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Sugiyono, 1998. “Metode Penelitian Administrasi”, Bandung, Alfabeta.

Supranto, J. 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untu Menaikkan PangsaPasar, Jakarta, Rineka Cipta

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

. 2001. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v6i2.1509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics