Analisis Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop

Hasan Surya Atmaja, Andhatu Achsa

Sari


Adanya kemajuan teknologi khususnya pada penggunaan internet, menjadikan berbelanja secara online semakin marak di Indonesia. Kebanyakan orang memilih berbelanja secara online dikarenakan pengaruh berbagai faktor yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analsis faktor-faktor dalam keputusan pembelianpada online shop Tokopedia, faktor-faktor tersebut yaitu faktor harga, faktor kepercayaan, faktor keamanan, dan faktor persepsi resiko. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Magelang yang berjumlah 121.610 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang telah melakukan transaksi pembelian di online shop Tokopedia, sehingga diperoleh sampel sebanyak 94 sampel. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner serta studi pustaka. Hasil penelitian menghasilkan yaitu faktor harga mendapatkan jumlah rata-rata indikator 97,2%, faktor kepercayaan dengan jumlah rata-rata indikator 92,63%, faktor keamanan dengan jumlah rata-rata indikator 89,83%, dan faktor persepsi resiko dengan jumlah rata-rata indikator 90,53% dapat menarik keputusan pembelian pada online shop Tokopedia.
Keywords:
Harga, Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Journal

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Duta.Com, Volume 9 N.

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KEMUDAHANBERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN TERHADAP TOKO DAN PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELISECARA ONLINE PADA SITUS JUAL BELI TOKOPEDIA.COM. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, Vol 5 No 2.

Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SITUS WWW.TRAVELOKA.COM. E-Proceeding of Management, Vol.3, No.

Dewi, M. S. E., & Achsa, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen: Studi Pada Online Shop Shopee. Ekonomi & Bisnis, 20(1), 80–87. https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4065

Dihni, V. A. (2022). Tokopedia, E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak pada 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tokopedia-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-pada-2021

Emeralda, Wulandari, J., & Adistya, D. (2020). ANALISIS E-TRUST, E-WOM, DAN E-SERVICE QUALITYDALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Jurnal Perspektif Bisnis, Volume 3,.

Istiqomah, Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Progress Conference, Volume 2,.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, Phillip, & Keller, K. (2012). MarketingManagement(14thed). Pearson.

Kusuma, A. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI WEBSITE TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Mahasiswa di Universitas Islam Indonesia). Journal Competency of Business, Vol 3 No 1.

Masyithoh, I. N., & Novitaningtyas, I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, Vol 7 No 1.

Phillip Kotler. (2015). Marketing Management. 15th Edition. Pearson.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), Vol 1, No.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Ekonomi Bisnis, 17(1), 1–12. https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/86/49

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA.

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, Vol. 3 No.

Books

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, Phillip, & Keller, K. (2012). MarketingManagement(14thed). Pearson.

Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2015). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA.

Internet

Dihni, V. A. (2022). Tokopedia, E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak pada 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tokopedia-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-pada-2021




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics