Manajemen Pelayanan Administrasi dalam rangka Pelaksanaan Good Governance pada Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo

Iwan Mamminanga, Yusran Yusran, Muh. Hasbi Abbas

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tata kelola pelayan administrasi di Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo, beserta hambatan dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif kualitatif dimulai dari tahap persiapan, kemudian tahap penelitian dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo, secara umum sudah menerapkan prinsip-prinsip Good Governance diantaranya: transparansi, akuntabilitas, daya tanggap, partisipasi, efektif dan efisiensi, konsensus serta professionalitas, namun terdapat dua hambatan yaitu terkait pada kurangnya anggaran dan mentalitas pegawai.

Keywords:
Tata Kelola, Pelayanan, Administrasi, Good Governance

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Faiz Arifin, Faiz Zamzani, dkk (2018) Audit Internal Konsep dan Praktik Sesuai dengan Standart for The Professional Practice Of Internal Auditing. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Hadad Muliaman D

Istiana Mafthuchah. (2015) Suistanable Financing Industri Jasa Keuangan dalam Pembiayaan Berkelanjutan, Jakarta: Gramedia

Hakim, L. (2011). Pengantar Administrasi Pembangunan. Yogyakarta: Arruz Media.

Hamdani, N. (1992). Teori Tujuan Hukum. Jakarta: Gramedia. Is Muhammad Sadi. (2015). Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Karisma Putra Utama

Thoha, M. (2017). Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Jakarta: Prenada Media Grup.

Syafi'i, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Setiono, B. (2012). Birokrasi dalam Perspektif Politik Administrasi. Bandung:

Nuansa.

Sinambela, R. G. (t.thn.). Reformasi Pelayanan Publik, antara Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Paragonatama Jaya.

Supeno, D. (2005). Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Administarsi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Zainal Mukarom, M. W. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Ait Novatiani, Wedi Rusmawan Kusum dkk. Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas terhadap kinerja Instansi Pemerintan (Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol 10 No 01 Maret 2019).

Dewi.Anggraini. Politik Kekerabatan (Jurnal Politik Propetik Vol 2. No 2. Tahun 2013).

Andjrah Hamzah Irawan. Perspektif Semiotik Tentang Representasi Budaya Feudal Dalam Iklan A Milo Versi Dengan Tema” Belum Tua Belum Boleh Bicara ( Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No.1 Tahun 2011).

Internet :

Putri. Nur Anggraini. 2016. Pengertian Good Governance. Dalam www://repository.widyatama.ac.id

Arsi Widiandari, “Service Overtime Karoshi: Konsekuensi dari Etos Kerja Jepang” halaman 77. Dari Situs htttp://ejournal.undip.ac.id https://www.bappenas.go.id

Hasil wawancara:

Wawancara dengan Kepala Bagian Organisasi

Wawancara dengan Kordinator Bagian Pemerintahan

Wawancara dengan Staff Bagian Umum




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2230

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics