Perancangan Proposisi Nilai Startup di Bidang Jasa Reparasi Komputer dan Laptop (Studi Pada Serveasy)
Sari
Banyak orang yang awam dengan peralatan komputer dan laptop termasuk istilah-istilah teknis yang digunakan padahal komputer merupakan alat yang setiap hari digunakan oleh masyarakat tertentu dalam aktivitasnya sehari-hari. ServEasy adalah startup yang mengusung inovasi sebuah aplikasi penghubung jasa reparasi komputer dan laptop dengan pelanggan. ServEasy didirikan pada 31 Maret 2021 dan di bawah naungan program kampus merdeka belajar yakni Wrap Entrepreneurship di Bandung Techno Park Bandung, Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah ada kesesuaian antara Value Map dengan Customer Profile yang dimiliki oleh Startup ServEasy, sehingga akan menghasilkan perancangan value proposition bagi ServEasy agar dapat mengetahui apa yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data primer menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah profil konsumen dari ServEasy, berdasarkan hal yang dilakukan konsumen dalam jasa service komputer dan laptop, hal yang mengganggu ketika menggunakan jasa service komputer dan laptop, dan hal-hal yang diharapkan konsumen dalam jasa service komputer dan laptopnya. Saran Bagi startup di bidang jasa reparasi komputer dan laptop ada pada sub product dan services untuk dilengkapi bagi nilai ideal startup di bidang jasa reparasi komputer dan laptop. Dan saran bagi peneliti selanjutnya value map dan customer profile dapat dikembangkan dengan customer segment yang berbeda dari penelitian ini
Kata Kunci: Value Proposition, Value Map, Customer Profile
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Abdullah, Linda. (2021, 21 Oktober). Hindari 7 Kebiasaan Buruk Ini Agar Laptop Tidak Mudah Rusak. IDN Times [online]. Tersedia : https://www.idntimes.com/tech/gadget/linda-7/agar-laptop-tidak-mudah-rusak-c1c2/7 (21 Oktober 2021)
Agustini, Pratiwi. (2021, 23 September). Menkominfo Johnny Terus Optimalkan Produktivitas Ekonomi Digital. Kominfo [online]. Tersedia : https://aptika.kominfo.go.id/2021/09/menkominfo-johnny-terus-optimalkan-produktivitas-ekonomi-digital/ (5 Oktober 2021)
CNBC Indonesia. (2021, 6 Desember). Tantangan Perkembangan Startup Indonesia. CNBC Indonesia [online]. Tersedia : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211206151239-39-297007/tantangan-perkembangan-startup-indonesia (26 Desember 2021)
Ghina, A., & Afifah, N. (2021). Value Proposition Design for Custom Clothing Startup Using Design Thinking Approach. Jurnal Manajemen Indonesia, 21(1), 89. https://doi.org/10.25124/jmi.v21i1.3523
Heikka, E. L., & Nätti, S. (2018). Evolving value propositions in knowledge-intensive business services. Journal of Business and Industrial Marketing, 33(8), 1153–1164. https://doi.org/10.1108/JBIM-12-2017-0306
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis, Konvergensi
Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: Refika Aditama.
Kaur, P., Dhir, A., Talwar, S., & Ghuman, K. (2020). The value proposition of food delivery apps from the perspective of theory of consumption value. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 33(4), 1129–1159. https://doi.org/10.1108/IJCHM-05-2020-0477
Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik.
Kominfo. (2021, 12 Oktober). Tren Pendanaan Startup Meningkat, Menkominfo Berharap Indonesia Tambah Satu Decacorn. Kominfo [online]. Tersedia : https://kominfo.go.id/content/detail/37471/siaran-pers-no-366hmkominfo102021-tentang-tren-pendanaan-startup-meningkat-menkominfo-berharap-indonesia-tambah-satu-decacorn/0/siaran_pers (8 November 2021)
Le, H. Van, & Suh, M. ho. (2019). Changing trends in internet startup value propositions, from the perspective of the customer. Technological Forecasting and Social Change, 146(June 2018), 853–864. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.06.021
Liputan6. (2021, 21 Mei). Ada Pandemi, Jumlah Startup di Indonesia Turun. Liputan6 [online]. Tersedia : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4563103/ada-pandemi-jumlah-startup-di-indonesia-turun (8 November 2021)
Murti, N. W., & Sisilia, K. (2019). Analisis Profil Konsumen Untuk Pembuatan Aplikasi Indekos Dengan Pendekatan Desain Proposisi Nilai. PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 9(2), 1–17. https://doi.org/10.24929/feb.v9i2.788
Nijhof, A., Bakker, M., & Kievit, H. (2019). The role in encroachment of the sustainability aspects of value propositions. European Journal of Marketing, 53(10), 2126–2145. https://doi.org/10.1108/EJM-11-2017-0879
Ongliani, F., Mustikarini, C. N., & Indudewi, F. Y. R. (2018). Analisis Value Proposition Pada Ayam Geprek Pondok Pedas. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(3), 336–344. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/722
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model Generation. Canada: Wiley.
Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value Proposition Design. Canada: Wiley.
Rahman, Adi Fida. (2019, 18 Maret). Peran Penting Startup Digital dalam Perekonomian Indonesia. Kominfo [online]. Tersedia : https://www.kominfo.go.id/content/detail/17230/peran-penting-startup-digital-dalam-perekonomian-indonesia/0/sorotan_media (4 oktober 2021).
Ries, Eric. (2011). The Lean Startup. Indardini, Reni. (2018). Yogyakarta: Bentang.
Safitri, Kiki. (2020). Ingin Berkembang, Startup Harus Siap Hadapi Tantangan Ini. Kompas [online]. Tersedia : https://money.kompas.com/read/2020/07/07/193300026/ingin-berkembang-startup-harus-siap-hadapi-tantangan-ini?page=all (3 Desember 2021)
Sari, D. K., & Murdani, A. D. (2019). The Guide Book of Startup. Yogyakarta:
QUADRANT.
Sari, Dita Kartika., dan Murdani, Andhika Drajat. (2019). The Guide Book of Startup. Yogyakarta: Quadrant.
Sekaran, Uma. (2003). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Edisi Ke-4). Yon, Kwan Men. (2007). Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D (Cetakan
Ke-21). Bandung:Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi.
Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Uly, Yohana Artha. (2020). Kurang dari 50 Persen Startup yang Mampu Bertahan di Tengah Krisis Akibat Covid-19. Kompas [online]. Tersedia: https://money.kompas.com/read/2020/07/09/191300126/kurang-dari-50-persen-startup-yang-mampu-bertahan-di-tengah-krisis-akibat (3 November 2021)
Utama, M. S. P., & Sisilia, K. (2018). Opportunity Analysis of Construction Retail Business Using Approach Value Proposition. Journal of Secretary and Business Administration, 2(2), 74. https://doi.org/10.31104/jsab.v2i2.50
Yudhanto, Yudho. (2018). Information Technology Business Start-up. Jakarta: Elex Media Komputind.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2411
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.