Analisis Pengetahuan dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa STIE Ciputra Makassar Terhadap Penggunaan Fintech

Lakshmi Jaya Ningsih, Shannon Eleanore Jogianto, Jessica Jessica, Cindy Yoel Tanesia

Sari


Adanya pandemi mempercepat digitalisasi yang dapat bersifat positif bagi perekonomian. Ekosistem yang menggunakan pembiayaan teknologi finansial dapat membangun kemudahan akses bagi masyarakat dan meningkatkan produktivitas perekonomian, serta diharapkan dapat memastikan inklusi keuangan bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat tanggapan masyarakat mengenai pengetahuan dan tingkat kepuasan fintech melalui mahasiswa STIE Ciputra Makassar, yang dapat mendukung perkembangan keuangan digital dalam memasuki era digital 4.0. Penelitian ini dimulai dengan membuat proposal penelitian, pembuatan angket untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dan pengelolaan data, yang kemudian akan dimasukkan dalam jurnal penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan fintech tergolong kuat. Selain itu, penggunaan fintech di kalangan mahasiswa secara simultan dipengaruhi secara signifikan oleh pengetahuan dan kepuasan mahasiswa.
Keywords:
fintech, pengetahuan, tingkat kepuasan, mahasiswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Jurnal

Aji, L. W., & K, I. A. (2021). Penilaian Kepuasan Dengan Model End User Computing Satisfaction Bagi Pengguna Aplikasi Financial Technology (Studi Kasus Bagi Pengguna Aplikasi Linkaja) . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol 6 No 3, 6.

Armilia, N., & Isbanah, Y. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Keuangan Pengguna Financial Technology di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 8 Nomor 1, 39-48.

Chrismastianto, I. A. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial terhadap Kualitas Layanan Perbankan di Indinesia. Jurnal Elektronik Universitas Kristen Satya Wacana Vol. 20 No. 1, 138.

Harahap, R. S., Rachmadita, R., & Erlina, J. (2019). Peran Generasi Milenial Terhadap Perkembangan Fintech Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah STAI Al- Ishlahiyah Binjai. 4-6.

Rahmawati, L., Rahayu, D. D., Nivanty, H., & Lutfiah, W. (2020). Fintech Syariah : Manfaat Dan Problematika Penerapan Pada UMKM. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syaraiah, 77.

Simanjuntak, Y. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology Terhadap Inklusi Keuangan Mahasiswa di Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 84.

Suyanto, S., & Kurniawan, T. A. (2019). aktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan FinTech pada UMKM Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika Vol. 16 No. 1, 180.

Website

Admin HRD. (2017, September 25). Manfaat Kepuasan Pelanggan. Retrieved from Ateja News: https://www.ateja.co.id/news/2017/09/25/hari-pelanggan-nasional-2017/

Bank Indonesia. (2021, Desember 11). Jadi Pandemic Winner, Pemerintah, OJK Dan BI Terus Dukung Fintech Dengan Investasi Infrastruktur Dan Regulasi Akomodatif Untuk Optimalisasi Potensi, Inovasi, Dan Perlindungan Konsumen. Retrieved from Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2332721.aspx

Doni. (2021, Oktober 11). Presiden: Jaga dan Kawal Perkembangan Digitalisasi Keuangan. Retrieved from Kominfo: https://www.kominfo.go.id/content/detail/37448/presiden-jaga-dan-kawal-perkembangan-digitalisasi-keuangan/0/berita

DPRD DIY. (2021, Agustus 26). Dampak Besar Pandemi di Sektor Ekonomi. Retrieved from e-Parlemen DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta: https://www.dprd-diy.go.id/dampak-besar-pandemi-di-sektor-ekonomi/

OCBC NISP. (2021, Juli 12). Apa itu Fintech: Pengertian, Manfaat, Jenis & Dasar Hukumnya. Retrieved from OCBC NISP: https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/07/12/fintech-adalah#:~:text=Kelima%2C%20manfaat%20fintech%20adalah%20mempercepat,pinjaman%20online%20sebagai%20produk%20fintech

OJK. (2018). FAQ: Kategori Umum. Retrieved from OJK: https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/direktori/fintech/Documents/FAQ%20Fintech%20Lending.pdf

OJK. (2013). Literasi Keuangan. Retrieved from OJK: https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx

Sari, F. (2021, Maret 22). OJK minta fintech tingkatkan kualitas pendanaan. Retrieved from Keuangan Kontan: https://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-minta-fintech-tingkatkan-kualitas-pendanaan

Syarifah. (2022, April 2). Percepat Pemulihan Ekonomi Melalui Pelatihan Fintech. Retrieved from Kemenko PMK: https://www.kemenkopmk.go.id/percepat-pemulihan-ekonomi-melalui-pelatihan-fintech




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics