The Influence of Technical Marketing Training toward International Trade Access at BP3ED Department of Commerce and Industry of South Sulasesi Province

Mariani Alimuddin, Gunawan B I, Abdul Razak Munir

Sari


ABSTRACT

The objectives of this research are: 1. To analyze the influence of Simultaneous export procedure, Letter of Credit (L/C) andTransportation training toward international trade. 2. To analyze the influence of Partial export training toward international trade access. 3. To analyze the influence of partial L/C training toward international trade access. 4. To analyze the influence of partial Transportation training toward international trade access.

This research done at BP3ED Department of commerce and industry of South Sulawesi Province. This research used accidental sampling method with 71 training participant data analyze in this research used validity, reability and multiple linear regression analyze test processed by using SPSS 31.

The results of this research, as follow: 1. Export procedure, L/C and transportation training gave positive and significant influence toward international trade access. 2. Export procedure training give positive and significant influence toward influence toward international trade access. 3. L/C training give positive influence, however it did not give significant influence on international trade access. 4. Transportation training give positive influence, however it did not give significant influence on international trade access.

Key words: export, L/C, transportation, international trade.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Halim dkk, 2012. Akuntansi sektor publik, Salema Empat, Jakarta

Abdullah dan Tantri, 2014, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Assauri Sofyan. Prof.Dr. M.B.A, 2011, Manajemen Pemasaran, cetakan ke-11,PT.Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Aulia Asdi, 2008, Jurnal Administrasi Bisnis: Perdagangan Internasional dan Rektrukturisasi Industri TPT di Indonesia, Univ Katolik Parahyanga.

Balai Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (BP3ED), 2014, Letter of Credit (LC), Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Balai Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (BP3ED), 2015, Kepabeanan, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Balai Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah( BP3ED), 2014, Manajemen Logistik Ekspor dan Impor, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan

Balai Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (BP3ED), 2015, Manajemen Pergudangan, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Balai Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (BP3ED), 2014, Prosedur Ekspor, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Ball dan McCullpch, 2001, Bisnis Internasional Buku Dua, Salemba Empat, Jakarta.

Canon,Parreault, McCarthy, 2008, Pemasaran Internasional: Pendekatan Manajerial Global Edisi 16, Salemba Empat, Jakarta.

Cateora Graham, 2007, Internasional Marketing: Pemasaran Internasional Edisi 13, Salemba Empat, Jakarta.

Gilang, Imam, Rosalita, 2015, Pemanfaatan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Untuk Meningkatkan Eksport dalam Negeri pada kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur, Sidoarjo.

Gunarto Suhadi, 2007, Peran WTO Dalam Pembentukan Peraturan Perdagangan Internasional.

Husni Malian A, 2004, Kebijakan Perdagangan Internasional Komoditi Pertanian Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor.

Indah Puji Astuti,2016, Letter of Credit (L/C) Sebagai Cara Pembayaran Transaksi Perdagangan Internasional Dalam Kerangka ASEAN Economic.

Kotler,Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Indonesia, Edisi Milenium,Edisi Kesepuluh , Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler dan Trias, 2004, Lateral Marketing:Berbagai Teknik Baru Untuk Mendapatkana Ide-Ide Terobosan, Erlangga, Jakarta.

Luciana Ayu Ningrum, 2009, Prosedur Ekspor Mebel Di CV.Aclass Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Moekijat, 1991, Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Mandar Maju, Bandung.

Pendidikan Dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), 2015, Pelatihan Korespondensi, Negosiasi dan Kontrak Penjualan Ekspor, Direktorat Jenderal Perdagangan Ekspor Nasional (DJPEN).

Rahman Hakim,2012, Hubungan Ekspor, Impor dan Produk Domestik Bruto (PDB) Sektor Keuangan Perbankan Indonesia Periode Tahun 2000-2011:Q4: Suatu Pendekatan Dengan Model Analisis Vector Autoregression (VAR). Universitas Indonesia, Jakarta.

Rivai dan Prawironegoro, 2015, Manajemen Strategi: Kajian Keputusan Manajerial Bisnis Berdasarkan Perubahan Lingkungan Bisnis, Ekonomi, Sosial dan Politik, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Siagian.s.p, 2003, Teori dan praktek kepemimpinan (cetakan kelima), Rineka Cipta, Jakarta.

Salvator Dominick, 2008, Mikro ekonomi, Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v1i2.30

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics