Strategi Biro Umroh PT Galatama Tour dalam Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19
Sari
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi PT Galatama Tour dalam mempertahankan bisnis di tengah pandemi. Penelitian ini dilakukan di kantor pusat PT Galatama Tour yang terletak di Jl. Pandanaran No. 58 Semarang (area lobby hotel pandanaran). Waktu pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan April 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, Triangulasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang terkait dengan stategi PT Galatama Tour dalam mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi covid-19 yaitu menggunakan strategi pemasaran dengan bauran pemasaran atau marketing mix (product, price, place, promotion, people), kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. PT Galatama Tour menerapkan strategi pemasaran seperti melakukan promosi dengan gencar promosi online melalui media sosial untuk memperluas pangsa pasar serta untuk menarik minat untuk umroh dengan PT Galatama Tour, menetapkan harga yang bersaing, kemudian meningkatkan kualitas pelayanan, selain itu didukung oleh SDM yang berkompeten dalam melayani jamaah umroh namun karena pandemi terpaksa melalukan pengurangan karyawan, dan lokasi yang sangat strategis serta akses yang memadahi juga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah jamaah umroh di tengah pandemi, serta memberikan kesan puas bagi jamaah sehingga PT Galatama Tour memiliki jamaah umroh yang loyal.
Keyword : Bauran Pemasaran; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Afidah, V. N., & Romli, S. (2019). Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji Dan Umrah Dalam Merekrut Jamaah Di PT. Sela Expres Tour Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 1(3).
Armstrong, G., & Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Aswaja Priharto, S. (2018). Mengenal Bauran Pemasaran Atau Marketing Mix, CPSsoft. https://cpssoft.com/blog/manajemen/mengenal-bauranpemasaran/. (diakses 24 Juni 2022)
Damayanti, I., Ariwibowo, P., & Paryono, P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur. JUDICIOUS, 1(2), 64-70.
Fitria Halim et. al. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan : Yayasan Kita Menulis
Handojo, A (2021). Strategi Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi, https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/strategi-mempertahankan- bisnis-di-masa-pandemi (diakses 15 Agustus 2022)
Hermansyah, H., & Dahmiri, D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Berwirausaha Industri Percetakan (Studi Kasus Wirausaha Industri Percetakan Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 8(3), 38-44.
Husni Muharram, R,. et al. (2018). Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan : CV. Manhaji
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press . Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kotler , P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16 ed.). England: Pearson Education Limited.
Nurfauzia, V., & Fikriyah, K. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran pada Biro Perjalanan Umrah dalam Perspektif Pemasaran Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 82-95.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, F., Gregorius, C. (2016). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi offset.
Tjoptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta : Andi.
Wahyuni, V., & Murtani, A. (2020). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Umrah (Studi Kasus Pada PT. Zam ZamWisata Islami). Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 303-316.
Zainurossalamia, S., (2020). Manajemen Pamasaran Teori dan Strategi. NTB : Forum Pemuda
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3193
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.